Monday, August 29, 2016

Lihat Karpet Bunga Raksasa & Wisata Kuliner di Brussels

susunan bunga pada karpet bunga di brussels
susunan bunga jadi karpet

Liputan jalan-jalan kami kali ini, mengunjungi kota Brussels di Belgia untuk melihat permadani raksasa yang tersusun dari bunga- bunga nan indah. Perjalanan kami pun tak luput dari yang berbau kuliner menyantap hidangan yang enak dan khas Belgia. Yuk ikuti langkah perjalanan kami…


Sudah lama gak nge-blog wiskul. Belakangan ini jadi ibu rumah tangga yang lumayan banyak acara dan tiap acara kebagian masak terus. Meski tak pernah merasa bosan, bagi saya kegiatan di dapur luar biasa menyenangkan!!

3 minggu yang lalu akhirnya bisa jalan-jalan lagi bersama suami dan teman-teman. Ketika mendengar tahun ini ada ajang karpet bunga, wah langsung semangat untuk membuat rencana refreshing ke sana.

karpet bunga raksasa, Brussels, Belgia

Ajang karpet bunga ini ternyata sudah diadakan sekitar 45 tahun yang lalu, setiap 2 tahun sekali di Grand Place, depan balaikota Brussels. Kali ini karpet bunga terhampar seluas lebih dari 1800 m2 dengan panjang 25 m x 75 m. Design yang digunakan adalah refleksi keindahan alam yang diinspirasi dari negara Jepang. Sehubungan mereka sedang merayakan 150 tahun persahabatan antara negara belgia dengan Jepang. Tiap kali designnya berubah2 sesuai tema tahun itu.



Karpet ini digelar selama 4 hari, di buat di hari jumat oleh sekitar 100 sukarelawan dan dituntut selesai hari itu juga. Malamnya ada pertunjukan musik dan kembang api. Kami tidak datang pada saat itu, karena terlalu malam, melainkan berkunjung pada hari sabtunya. Untuk lihat keindahan karpet bunga silahkan lihat liputan videonya di bawah ini:



Setelah melihat karpet bunga dari segala sisi dan puas foto-foto narsis, kami berhujung kelaperan, kemudian mencari restaurant yang sebelumnya sudah di investigasi di internet yakni restaurant thailand asia, lihat menunya lumayan menggiurkan dan baca resensinya lumayan bagus. Ternyata restaurant tersebut punya banyak cabang di brussels dan kami memilih cabang yang paling dekat dengan objek wisata yang sedang kami kunjungi.


di dalam balai kota brussels

Kami jalan kaki sekitar 1 km dari alun-alun, dan selama di perjalanan, kami lihat banyak restaurant halal yang bisa disinggahi. Sebelahan dengan restaurant yang kami kunjungi ada seafood barbeque yang sepertinya kita bisa pilih sendiri jenis seafoodnya dan mereka akan memasaknya dengan gaya masakan maroko. Keliatannya enak banget dan restaurant terlihat lebih ramai ketimbang resto asia. Tapi tanpa ragu-ragu kami langsung masuk ke restaurant asia, lebih berat ke nasi hehehe…

Pemilik sekaligus bertugas sebagai pelayan sangat ramah, dan ternyata dia punya ketertarikan dengan Indonesia. Selain itu ternyata pemiliknya punya bisnis membuat minuman kalengan yang dijual juga di situ. Minumannya katanya enak seger gitu, sayang gak coba, baru tahu terakhir klo itu buatan dia sendiri.

wisata kuliner di brussels belgia
Tumisan sayuran, udang, ayam, sapi dengna bumbu pedas,,enaaak..

Untuk makan siang, kami memesan berupa-rupa hidangan (keuntungan kalau pergi rame-rame hehehe). Sebagian besar pesan bebek goreng disajikan dengan saus hoisin (rasanya mirip tauco) dan tumisan tauge dan sayuran. Soalnya bebek halal di jerman jarang banget. Terus tetangga pesan curry seafood dan sayuran ala thailand yang katanya enak juga. Sedangkan lia pesan tumis sayuran yang dicampur dengan udang, ayam, daging sapi dimasak ala saos pedas mirip bumbu capcay. Rasanya enaaaaak! Dan rasa MSG nya gak kentara, alias gak bikin blenek. Semua disajikan dengan nasi.

Menurut saya restaurant ini lebih seru ketimbang yang terakhir kami kunjungi (klik di sini ).Porsinya lumayan meriah, bisa bikin pengemis di perut langsung bungkam. malah kayaknya terlalu banyak untuk porsi saya, sampai tidak bisa menghabiskan nasinya. Setelah itu, kami pulang balik arah menuju ke pusat kota lagi, mampir ingin beli waffle kesukaan. Ada dua jenis waffle yang di jual di sana, teh intan pernah kasih tahu perbedaannya klik di sini .

Variasi topping waffel memang menggoda dan terlihat cantik dengan whipping cream, tapi sejak tahu kalau whipping cream itu banyak yang tidak sesuai untuk vegetarian, jadi saya ga pernah beli lagi yang dengan topping whipp cream itu. Selain itu lumayan menghemat dompet dan kalori hehehe… menurut saya Waffel yang Liege itu sudah enak apa adanya.

Ini dia alamatnya klo teman-teman mau berkunjung ke sana:

Shinwi
Boulevard Maurice Lemonnier 159, 1000 Bruxelles, Belgium
Halal
shinwi.be

Waffle
dekat dengan manneken pis,
Rue de l'Etuve 42, 1000 Bruxelles, Belgium

No comments:

Post a Comment

matched content: