Thursday, October 13, 2016

Resep Keripik Kentang Ebi





Yuk simak resep, tips dan trik dalam membuat keripik kentang ebi yang gurih alami tanpa msg. Cara membuatnya cukup simple tinggal mencampurkan 3 bahan utama saja. Lihat juga videonya untuk belajar membuat keripik kentang ebi sendiri dari awal.

Bahan-bahan utama untuk membuatnya simple cuma terdiri atas 3 bahan saja, yakni keripik kentang, bawang merah goreng dan ebi tumbuk. Biasa disajikan dengan nasi atau dengan soto atau sajian lainnya, atau bahkan hanya sebagai cemilan. Enak banget.

Rasanya bisa dimodifikasi dengan menambahkan bawang putih bubuk, jika suka, kalau ingin pedas diberi cabe bubuk sesuai selera, diberi kaldu atau tambahan garam. Tapi saya lebih suka rasa alami sebagai perpaduan dari 3 bahan tersebut.

Untuk membuat keripiknya renyah garing, ada beberapa cara memasak, ada yang menggunakan kapur sirih, jadi kentangnya di rendam dulu dalam air kapur sirih supaya ketika digoreng, kentangnya krispi. Tapi setelah dicoba, bisa juga tanpa kapur sirih loh, asalkan kentangnya diiris dengan tipis, dan setelah digoreng didinginkan dan di simpan dalam wadah kedap udara, dijamin tetep krispi.

Cemilan ini lumayan tahan lama loh, bisa dijadikan cadangan makanan atau bekal makanan ketika lagi dalam perjalanan jauh, karena gak mudah basi.


***************************

Resep Keripik Kentang Ebi


Bahan-bahan:

1 kg kentang
100 gr ebi bersih
100-250 gr bawang merah
garam secukupnya

tambahan sesuai selera:
cabe bubuk
kaldu bubuk



Video cara membuat  :


Silahkan klik gambar di atas untuk memainkan videonya


Deskripsi cara membuat :


  • Gunakan ebi kering yang kualitasnya bagus (jangan pakai ebi yang berbau aneh/ kayak bau pesing, biasanya ebi ini belum kering sempurna). bersihkan klo perlu dicuci kemudian keringkan kembali hingga betul-betul kering. alternatif lain bisa dioseng sebentar hingga kering. kemudian blender atau tumbuk hingga halus.
  • Kentang dikupas, cuci dan direndam dalam air untuk mencegah warnanya berubah
  • Setelah itu iris tips, bisa menggunakan pisau yang tajam, tapi butuh waktu lama dan ketelatenan. Alternatif lain menggunakan serutan yang ketipisannya bisa diatur sesuai selera.
  • Rendam hasil irisan kentang dalam air supaya warnanya tidak berubah
  • Setelah itu goreng hingga warnanya kekuningan dan garing krispi. angkat dan sisihkan


  • Iris bawang merah, kemudian beri garam sedikit dan aduk rata, kemudian cuci sebentar dan tiriskan
  • goreng bwang merah hingga kekuningan. supaya tidak gosong, bawang merah diangkat sesaat sebelum warnanya kuning, karena proses pematangan akan terus berjalan meski sudah diangkat.

  • Campur semua bahan hingga rata dalam wadah, kemudian siap dinikmati, untuk teman makan nasi atau soto atau hidangan lainnya.

Selamat mencoba. Semoga bermanfaat ^_^

No comments:

Post a Comment

matched content: