Tuesday, March 28, 2017

Menumbuhkan Tauge di Dalam Magic Com

Hidup jauh dari tanah air, tapi masih tetep ingin menikmati kuliner khas kampung halaman, kadang membuat kita jadi lebih kreatif. Yang nun jauh di kampung halaman, apa-apa tinggal beli, di sini beda. Bakso, gado-gado, rujak, tinggal manggil abang-abang yang lewat. Tempe, tahu tinggal beli di pasar terdekat, atau tukang sayur. Di tempat tinggal saya sekarang, mana bisa?

Bahan makanan kesukaan seperti tahu dan tempe bisa dibeli di kota sebelah. Sekitar 35 km dari rumah. Atau sekalian belanja di Belanda, 45 menit berkendara dari rumah. Bisa sekalian belanja bahan makanan asal Indonesia lainnya. Atau kalau mau bisa belajar bikin tahu tempe sendiri. Saya sudah beberapa kali praktik membuat tahu sendiri. Tempe sudah punya raginya. Tinggal belajar juga. Aslinya ini kreatif karena terpaksa. Zaman dahulu tinggal di Indonesia, mana kepikiran buat belajar hal-hal seperti ini.

Satu hal yang saya pelajari dan lumayan sering praktik adalah membuat tauge sendiri. Tauge biasanya saya buat atau beli ketika mau bikin bakwan goreng. Atau pas bikin soto ayam. Lebih segar rasanya jika ada tambahan tauge saat memakannya.

Sebenarnya tauge tak terlalu susah didapat. Di toko milik orang Srinlanka serta di sebuah toko Turki di kota dekat tempat saya tinggal, kadang bisa kita dapatkan tauge. Sayangnya di kedua toko ini, taugenya tidak terlalu fresh. Warnanya sudah agak kekuningan atau malah agak kecoklatan. Kalau beli, kudu langsung dipakai.

Menumbuhkan Tauge Sendiri

Dulu saya pikir menumbhkan tauge itu gampang banget. Tinggal kacang hijaunya direndem air, tumbuh deh. Ternyata nggak juga. Pas kacang ijonya direndem beberapa hari dan udah mulai bertunas, tak lama kemudian, mereka membusuk. Saya pun menyimpannaya dalam wadah terbuka.

Setelahnya baru saya ketahui bahwa agar pertumbuhannya maksimal, tauge perlu ruangan kedap udara. Saya pernah mencoba menumbuhkan tauge dalam wadah kukusan kukusan lalu dimasukkan dalam lemari. Berhasil, tapi tumbuhnya terlihat tidak maksimal. Sampai kemudian ada seorang teman, Tatie yang tinggal di Slovenia membagi pengalamannya menumbuhkan tauge dalam magic com.

Magic com? Gak salah nih? Karena penasaran, saya coba juga. Ternyata memang hasilnya menggembirakan. Meski gak sempurna seperti yang dijual di toko. Waktu panen biasanya berkisar antara 4 - 5 hari.

Alat dan bahan:

- Magic com
- Tissue dapur
- Kacang hijau, 2 - 3 genggam
- Air

Cara dan proses:

1. Rendam kacang hijau dengan air selama semalam sampai 24 jam.

2. Ambil saringan magic com. Tutup dengan sehelai tissue dapur, basahi tissue dapur tersebut.
3. Sebar rata kacang hijau di atas tissue dapur. Tutup dengan satu tissue dapur lainnya. Siram kembali dengan air.

4. Tutup magic com, simpan dalam lemari tertutup.
5. Siram bagian atas tissue dapur dua kali sehari.

6. Lakukan secara teratur selama 4 - 5 hari, sampai tauge sudah tumbuh memanjang.
7. Setelahnya tauge bisa dipanen. Siangi buntutnya dan buang kulit kacang hijaunya.

8. Simpan tauge bersih dalam wadah tupperware. Jika penyimpanan bagus, tauge bisa tahan hingga seminggu lamanya.


No comments:

Post a Comment

matched content: