Friday, September 30, 2011

Resep Adonan Tempura


Tempura, alias gorengan Jepang ini sebenarnya mirip dengan bakwan sayuran ala Indonesia. hanya saja, jika bakwan sayuran, sayurannya dipotong kecil dan dicampur jadi satu, potongan sayuran untuk tempura biasanya lebih besar dan di goreng satu per satu. Tak hanya sayuran bisa dijadikan bahan tempura. Melainkan juga bisa menggunakan ikan, udang, ayam, dll. Jenis sayuran yang digunakan pun bisa beraneka rupa. Selain wortel, kol china, jamur, saya juga pakai cukini (zucchini), terong dan paprika.


Adonan bakwan sayuran dan tempura agak berbeda. Kalau bakwan bisa cuek mencampur-campur tepung, garam, air dan daun bawang, tempura tak bisa demikian. Adonan tepung pembalut tempura terasa lebih crispy. Ada pula tepung bumbu instan yang tersedia di toko asia. Akan tetapi, menurut saya lebih baik jika menggunakan bahan sendiri tanpa pengawet.

Lama baru saya temukan adonan yang mirip dengan tempura-tempura yang dijual di rumah makan Jepang. Walaupun adonan ini criypy-nya tak tahan lama, bagi saya rasanya sudah memuaskan. Takarannya seperti biasa pakai ilmu kira-kira. Tergantung banyaknya sayuran dan bahan lain yang digunakan. hehehe

Bahan dan bumbu :
- Tepung terigu
- Telur 1 butir
- Air es
- Garam
- Baking powder
- Penyedap sayuran tanpa MSG (optional)

Proses : Campur semua bahan adonan jadi satu. Goreng hingga matang. Airnya bisa disesuikan dengan kekentalan yang diinginkan. Saya suka adonan yang gak terlalu kental. Sehingga tak terlalu menempel tebal di sayuran.

NB : Mungkin jika tak memakai telur, maka tempura akan crispy lebih lama. Selamat Mencoba!

2 comments:

  1. tempura layu, berminyak, matang tidak merata..

    ReplyDelete

matched content: