Thursday, March 26, 2015

Bawang Merah Goreng


Makanan Indonesia pada umumnya jika akan di sajikan ditaburi bawang goreng. Banyak yang suka bawang goreng ini tapi banyak juga yang tidak suka bahkan berpantangan. Biasanya yang tidak suka bawang goreng karena tidak suka baunya, konon katanya bawang goreng bisa membuat badan menjadi tidak sedap.

Padahal menurut wikipedia, bawang merah sebagai bahan utama bawang goreng mengandung vitamin C, kalium, serat, dan asam folat. Selain itu, bawang merah juga mengandung kalsium dan zat besi serta mengandung zat pengatur tumbuh alami berupa hormon auksin dan giberelin. Kegunaan lain bawang merah adalah sebagai obat tradisional, bawang merah dikenal sebagai obat karena mengandung efek antiseptik dan senyawa alliin. Senyawa alliin oleh enzim alliinase selanjutnya diubah menjadi asam piruvat, amonia, dan alliisin sebagai anti mikoba yang bersifat bakterisida. Banyak khan kegunaan bawang merah ini.

Kalau saya sih sangat suka sekali bawang goreng, bisa habis setoples di cemilin kalau tidak disembunyikan atau saya taburi nasi panas, walau saya banyak makan bawang goreng, alhamdulilah sama sekali tidak berpengaruh terhadap bau badan, wangi-wangi aja tuh hehe...

Wednesday, March 25, 2015

Resep Mudah Sambal Goreng Glinding

Halooo sahabat dbento, sore ini sudah ada rencana memasak apa untuk makan malam? Semoga resep ini bisa menjadi alternatif masakan untuk makan malam ya.. Nama resepnya adalah sambal goreng glinding. Dari nama resepnya, tentunya dari sambal yang digoreng dan glinding itu sebutan untuk daging cacah yang sudah dibikin bulat (glinding dari kata menggelinding). Cara memasak resep mudah dan sederhana relatif cepat, sehingga untuk makan malam mendadak dimasak jam 5 juga masih bisa. Cantiknya warna-warni sayuran membuat memasak di dapur sekalian cuci mata.


Tuesday, March 24, 2015

Menyantap Nasi Merah Bagi Pemula

Nasi adalah makanan pokok seluruh keluarga saya yang diolah dari beras. Di Indonesia, ada banyak jenis beras putih, yang jadi favorit kami adalah pandan wangi, rojolele dan mentik. Varian jenis beras putih ini yang membedakan adalah wanginya saat dimasak, bentuk berasnya, dan ketahannya ketika terhadap air. Beras mentik mempunyai bentuk beras yang bulat-bulat, karena hampir mirip dengan beras jepang yang dipakai untuk membuat sushi, beras ini kadang-kadang yang kami pakai untuk dicampur beras ketan dalam membuat sushi rumahan.

Membaca beberapa artikel kesehatan, beras merah baik dikonsumsi untuk kesehatan menggantikan beras putih. Warna merah pada beras merah berasal dari zat warna alami antosianin yang mempunyai sifat anti-oksidan, anti-kanker, anti-hipertensi, dan anti-hiperglikemik. Beras merah umumnya merupakan beras tumbuk (pecah kulit) yang dipisahkan bagian sekamnya saja. Proses ini hanya sedikit merusak kandungan gizi beras. Sedangkan beras putih umumnya merupakan beras giling atau poles, yang bersih dari kulit ari dan lembaga, sehingga kandungan gizinya lebih banyak berkurang dibanding beras merah.

Memulai hidup sehat dari makanan yang kita makan.


Sunday, March 22, 2015

TIPS Mudah dan Aman Membawa Bento Tanpa Rusak


Bento yang sudah dirias sempurna dan dibuat kawaii… pas dibuka saat akan dimakan ternyata .. tetottt… rusak dan bentuknya sudah tidak karuan lagi. Mending kalau bentuknya saja yang kacau ditambah makanannya basi pula… Hiksss sedihnya… apakah ini pernah kejadian? Semoga tidak yah. Pastinya bisa bikin jengkel banget. Supaya bentonya gak gatot, yuk baca dulu ulasan berikut.

Cara mengepak bento tentunya berbeda, tergantung jenis makanan yang di pak. Makanan kering dan makanan berair berbeda cara mengepaknya. Selain itu, yang perlu diperhatikan adalah ketika dibawa atau ditransport bekal tidak salto atau jungkir balik. Tapi bagaimana jika yang bawa itu anak-anak, yang kadang tidak telaten membawanya, lengkok kiri lengkok kanan, berjalan dan berlari, lompat dan bercanda kesana kemari. Bento yang kawaii bisa jadi nasi rames ala warteg hehehe… Coba tengok dulu tips mengepak bento berikut ini. Moga bisa diaplikasikan dan manfaat.

Wednesday, March 18, 2015

Resep Makanan Korea Yangnyeom Tongdak


Bagi penggemar drama dan masakan Korea, salah satu makanan khas korea yang harus dicoba adalah ayam goreng ini. Rasanya pedas, manis, gurih dan kriuk. Cara membuatnya juga tidak susah. Awalnya saya coba karena di kolom komentar ada sahabat bento mania yang minta resep ayam goreng korea. Tapi entah kenapa gagal fokus, pilihan saya teralihkan jadi resep ayam goreng korea yangnyeom tongdak, karena terlihat lebih menggiurkan. Setelah dicoba, patut direkomendasikan, terutama untuk para fans Korean food. Hidangan berikut ini adalah sebuah keharusan (biar lah lebay).