Thursday, January 12, 2017

Ragam Resep Olahan Daging Giling

daging cacah
Ragam Olahan Daging Giling

Halo sahabat dbento, kali ini kita mengunjungi dapur Manda untuk melihat hasil kreasi dapur dengan memanfaatkan daging sapi giling. Siapa di sini yang belum pernah menjumpai daging giling? Tentunya, sudah pernah membaca label "daging giling" di supermarket kan ya? Daging sapi cacah atau daging sapi giling ini merupakan bahan makanan yang mudah dimasak menurut Manda. Selain tahan lama dalam kondisi di freezer, daging giling mampu dengan mudah dimasak menjadi beberapa jenis masakan yang cepat, mudah dan enak. Tiga kata yang penting banget untuk pemasak pemula seperti saya, cepat, mudah dan enak.


Saturday, December 31, 2016

Wisata Kuliner Kampung Ujung Labuan Bajo

Kulineran di Labuan Bajo
Turun dari pesawat yang membawa kami dari Denpasar ke Labuan Bajo, menginjakkan kaki kami ke bandara Komodo yang berhias gambar-gambar kadal raksasa terkenal dunia, tujuan kami sekeluarga di kota ini adalah Kampung Ujung. Atau Pendopo Kampung Ujung, menurut sebutan warga lokal. Tempat ini paling sering kami singgahi selama beberapa hari di Labuan Bajo.

Lokasinya memang strategis. Bersebelahan dengan pelabuhan, pelabuhan Pelni, dan pasar ikan. Kampung Ujung ini pusat kota Labuan Bajo,, ibukota kabupaten Manggarai Barat, propinsi Nusa Tenggara Timur.

Wednesday, November 30, 2016

Kitchen Town Kappabashi Street, Pusat Belanja Peralatan Dapur Tokyo

Kotak bento lucu
Menyusuri jalanan kota Tokyo, serasa menyusuri tempat-tempat belanja yang seperti tiada ujung. Seminggu di Tokyo, acaranya belanja-belanja. Meski belanjaannya pernak-pernik dan barang remeh temeh. Tetap saja, di kota ini kok saya jadi pengen belanja. 

Setelah puas mengunjungi berbagai tempat yang menjual peralatan bento, saya pun kemudian ke tempat yang emak-emak banget. Sebuah kota dapur bernama Kappabashi Street di dekat Asakusa.

Tuesday, November 15, 2016

Praktek Membuat Cheese Chocolate Crispy

choco almond
Cheese Chocolate Crispy

Senangnya memiliki sahabat yang suka masak dan suka makan. Kalau suka masak, kita kecipratan icip-icipnya. Kalau suka makan, kita tidak perlu khawatir teman jalan kalau mau kulineran. Begitu pula di www.dbento.com ini, kami berempat memiliki hobi yang sama tentang dapur, masakan dan kuliner. Ketika melihat postingan teh lia tentang choco-cheese almond langsung deh kepikiran untuk membuatnya versi dapur manda. Tentunya dengan bahan dan takaran yang disesuaikan dengan apa yang dipunya saat itu di dapur manda. 

Thursday, October 13, 2016

Resep Keripik Kentang Ebi





Yuk simak resep, tips dan trik dalam membuat keripik kentang ebi yang gurih alami tanpa msg. Cara membuatnya cukup simple tinggal mencampurkan 3 bahan utama saja. Lihat juga videonya untuk belajar membuat keripik kentang ebi sendiri dari awal.

Tuesday, October 4, 2016

Jajan dan jalan-jalan di solo part 1

Saat Pak Awi meminta saya mendampinginya di acara Bamboo Bienalle Solo 2016, saya langsung bersorak bahagia, karena bagi saya selalu menyenangkan jikalau berkunjung ke kota yang satu ini.
aneka produk bambu hasil tangan mas gondrong
Solo atau Surakarta yang di juluki sebagai kota budaya ini memang sangat ramah dengan siapapun yang mengunjunginya. Kenapa? Karena tujuan wisata di kota ini lengkap, ada keraton, museum batik, kampung batik, taman budaya, pasar tradisional, pasar antik tentu saja aneka kuliner yang enak-enak.
Tapi yang paling menyenangkan adalah, bertemu teman-teman yang baik hati dan siap menculik saya mengajak jajan dan jalan kapan saja, hehe.
Bedanya Solo dan Surakarta sudah pernah dibahas sama ima disini ya…

Saturday, October 1, 2016

Berburu Pernak-Pernik Bento di Tokyo

bento tools di tokyo
Barang-barang Daiso
Bento atau packed lunch, merupakan alasan kami berempat membuat blog ini. Kami empat ibu-ibu cantik dan baik hati. ehemmmm... Saat itu kami semua tinggal di Jerman. Walau beda kota. Awalnya kami beserta keluarga masing-masing suka jalan bareng. Trus kalau jalan bareng pasti bawa bekal masing-masing. Bikin bekalnya pada banyakan. Biar bisa dimakan sama-sama.

Pada suatu ketika, ketika sedang kumpul-kumpul, makanannya kami tata dan hias. Ahhh, kiyut banget. Akhirnya tercetuslah blog ini. Seru!!!

Tuesday, September 20, 2016

Wisata Kuliner Halal di Tokyo

rumah makan halal Jepang
Ramen halal di Naritaya
Jepang merupakan salah satu destinasi impian kontributor blog Bento Mania. Kami pernah bermimpi, mau ke Jepang bareng-bareng berempat. Sayangnya belum kesampaian. 

Semoga mimpi kami berempat bisa kesampaian suatu saat. Inshaa Allah. Sementara baru dua kontributor mengunjungi Tokyo dan sekitarnya. Selain berwisata, kami tentunya melirik aneka pernak-pernik alat bento, serta berwisata kuliner. Cari yang halal, tentunya. Tentang pernak-pernik bento, nanti bakal dijadikan artikel tersendiri, yah. :)

Friday, September 2, 2016

Resep dan Cara Buat Choco-cheese Almond Crispy

Resep dan cara buat almond crispy rasa cokelat
Resep dan cara buat almond crispy rasa cokelat keju

Gigit-gigit jari nih kalau stok cemilan almond crispynya habis. Suka banget dengan cemilan ini. Tapi kalau kehabisan belinya itu loh jauh. Tapi ternyata kalau buat sendiri mudah juga ya, asal ada kemauan, lihat resep sederhana berikut dan cara membuat Choco-cheese Almond Crispy yang praktis.

Wednesday, August 31, 2016

Sate Kajang Tanda Persahabatan

Sate Kajang Ayam dan Daging Sapi
Tak ada yang kebetulan di dunia ini. Semua telah diatur oleh-Nya. Pertemuan, perpisahan. Sebuah persahabatan bahkan bisa dimulai dari sebuah pertemuan yang awalnya tampak tak disengaja.


***



Tahun lalu, saya mudik ke tanah air sendiri. Dua kali. Yang pertama, ketika hendak mengunjungi ayahanda yang sedang terbujur sakit. Kepergian pertama, saya terbang dari Berlin. Yang jaraknya sekitar 700 km dari rumah.

matched content: