Thursday, January 12, 2017

Ragam Resep Olahan Daging Giling

daging cacah
Ragam Olahan Daging Giling

Halo sahabat dbento, kali ini kita mengunjungi dapur Manda untuk melihat hasil kreasi dapur dengan memanfaatkan daging sapi giling. Siapa di sini yang belum pernah menjumpai daging giling? Tentunya, sudah pernah membaca label "daging giling" di supermarket kan ya? Daging sapi cacah atau daging sapi giling ini merupakan bahan makanan yang mudah dimasak menurut Manda. Selain tahan lama dalam kondisi di freezer, daging giling mampu dengan mudah dimasak menjadi beberapa jenis masakan yang cepat, mudah dan enak. Tiga kata yang penting banget untuk pemasak pemula seperti saya, cepat, mudah dan enak.



Kelebihan daging sapi giling 
  1. Tahan lama disimpan dalam kondisi freeze (beku).
  2. Mudah dimasak dan tidak amis.
  3. Tidak perlu dicuci saat akan mengolah daging giling.
  4. Cepat dimasak dan pasti empuknya.
  5. Mampu diolah menjadi ragam kreasi masakan yang enak, mulai dari asin, manis dan pedas.
Setelah mengetahui kelima kelebihan daging sapi giling, Manda akan mulai membagi cerita dapur yang bisa menghasilkan kreasi masakan yang cepat, mudah dan enak. Tentunya, kita harus tahu beberapa jenis bumbu masak yang harus ada di dapur, apa sajakah?

Bumbu Dasar Memasak Ala Manda
  1. Bawang merah
  2. Bawang putih
  3. Bawang Bombay
  4. Garam
  5. Gula Merah atau Gula Putih
Simpel banget kan ya, bumbu dasar memasak tidak sulit dijumpai dan  termasuk jenis bahan memasak yang tahan lama juga asal disimpan di tempat yang kering dan jangan dikupas kulitnya.

Spaghetti Daging Giling

Spaghetti

Resep mudah, cepat dan enak berbahan daging sapi giling yang sudah sangat populer di kalangan dapur manapun. Selain bumbu dan bahan yang dibutuhkan sangat sederhana, spaghetti termasuk menu Itali yang sudah bisa diadaptasi lidah orang Indonesia dengan familiar. Selain kelima bahan di atas, saat mengolah daging giling menjadi saus spaghetti bolognese yang enak, perlu ada tambahan oregano. Entah kenapa, dengan menuangkan oregano khas Italia nya menjadi lebih terasa dan tidak kalah dengan spaghetti yang memang disajikan di restoran Italia. Resep spaghetti bisa dijumpai di sini ya.

Selain kekuatan dari daun oregano yang menjadikan bumbu spaghetti bisa terasa sempurna berpadu dengan mie spaghetti yang dimasak sampai teksturnya al Dente. Kenali cara mengetahui kematangan mie spaghetti dengan mengambil seutas dan memotongnya. Apabila masih ada titik putih di potongannya, berarti mie spaghetti beluim matang. Selamat mencoba ya!

Sup Bola Daging Giling 

sup daging giling
Sup Bola-Bola Ala Manda

Olahan daging giling atau daging cincang atau daging cacah berikutnya adalah masakan rumahan yang juga sudah populer di kalangan ibu-ibu. Sup. Siapa yang belum pernah memasak sup? Apapun jenis variannya, sup sayuran, sup ayam, sup bakso, sup daging, sup kacang merah, sup misoa, maupun sup bola-bola. Bagi yang belum pernah memasak, setidaknya pernah mencicipi sup kan ya? 

Sup, sajian berkuah yang nikmat disantap hangat, pas disantap ketika udara dingin atau badan sedang tidak berselera untuk makan atau badan sedang terkena flu. Sup kombinasi daging cincang dan sayuran adalah sup favorit di dapur Manda. Resep andalan yang sudah turun temurun dari mama, hehehe. Pertama-tama, perlu kita buat dulu glindingnya atau bola-bolanya dari daging cincang ya. Berikut resep daging glinding atau bola-bolanya, ada di sini ya.

Setelah bola-bola siap, jangan buang air untuk membuang daging glinding atau bola-bolanya. Bisa disaring dan menjadi kuah sup bola. Masih dengan lima bahan yang ditulis di atas ya.

Bahan sayuran :
  1. Kentang
  2. Wortel
  3. Loncang atau daun bawang
Cara Membuat :
  1. Kuah bola-bola daging cacah disaring dan sisakan kuah kaldu beningnya.
  2. Goreng dengan minyak 1 sdm, bawang merah dan bawang putih yang sudah diiris tipis.
  3. Masukkan bola-bola daging dan kaldunya.
  4. Masukkan wortel yang dipotong sesuai selera.
  5. Lalu masukkan kentang yang sudah dikupas dan dipotong sesuai selera.
  6. Masukkan bawang bombay yang diiris bulat bersamaan dengan daun bawang (baca : loncang).
  7. Tambahkan garam dan merica sesuai selera.
  8. Cicip dan tunggu sampai matang.
Selamat mencoba dan berkreasi di dapur menyajikan hidangan dengan penuh cinta ya!

2 comments:

  1. Aku suka bikin spagheti untuk anak2 pake daging cincang, irit hehehehe

    ReplyDelete
  2. Menunya bikin ngiler.
    Tapi sepertinya mudah bikinnya.
    Jadi pengen nyoba.

    ReplyDelete

matched content: