Tuesday, April 21, 2015

Resep Mini Spaghetti Ala Dapur Manda

Selamat hari kartini para kartini masa kini..

Kartini modern yang tidak lagi berkebaya dan tidak bersanggul tapi semangatnya masih tetap menyala sebagai pejuang KELUARGA. Kartini masa kini memperjuangkan emansipasi wanita dengan tidak melupakan kodratnya sebagai wanita. Salah satunya, kartini era masa kini yang masuk dapur lalu mencoba resep-resep mudah dan menyajikan untuk anggota keluarga.

Senengnya berkreasi di dapur bisa ketemu sayuran dan alat-alat masak yang warna warni, jadi semangat memasaknya. Sudah berencana mencoba bikin kudapan eh cemilan mini spaghetty homemade ala manda. Ternyata mudah banget bikinnya dan jadi ketagihan untuk bikin lagi dengan kombinasi yang lain tentunya.

Taraaaaaaa,,,,, #lapeeerrrrr...

Resep Mini Spaghetty

Simpel banget bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat mini spaghetty, apa saja?

Bahan yang disiapkan :
  1. Mie spaghetti.
  2. Saos spaghetti.
  3. Bawang bombay diiris kotak.
  4. Jamur champignon di potong-potong.
  5. Keju mozarella.
Cara membuatnya :
  1. Agar muat masuk ke mini cup mie spaghetti dipotong-potong sebelum di rebus dengan air yang ditambahkan mentega atau minyak saat merebus, baca juga disini. Merebus pasta sampai aldente, cara melihatnya dengan mengambil sebuah mie spaghetti, lalu patahkan dan lihat apakah di bagian tengahnya masih ada yang berwarna putih? Kalau masih, tunggu sebentar lagi sampai keseluruhan bagian mie spaghetti matang atau aldente.
  2. Siapkan bahan yang diiris, seperti : bawang bombay, jamur dan saos spaghetti instant. Kalaupun ingin membuat saos spaghetti untuk si kecil bisa dari tomat diblender lalu dipakai untuk saos spaghetti dengan menambahkan oregano, garam dan gula. Kalau saya lebih suka membeli yang sudah mix, namanya Italian Seasoning. Komposisinya sudah lengkap untuk membuat saos pasta, yaitu : daun marjoram, daun thyme, daun rosemari, daun savory, daun sage, daun oregano, dan daun basil.
  3. Tuangkan minyak untuk menumis bawang bombay, sampai harum dan kecoklatan, lalu masukkan potongan jamur champignon. 
  4. Selanjutnya masukkan saos spaghetti dan tambahkan sedikit air serta gula garam secukupnya.
  5. Untuk spaghetti yang dihidangkan di piring, saos spaghetti bisa dikentalkan dengan maizena 2 sdm larutkan dalam 1/4 gelas air biasa (jangan panas). Namun kali ini kita akan membuat mini spaghetti di dalam cup
  6. Masukkan mie spaghetti yang telah siap ke dalam saos spaghetti yang dibuat.

Step-step gambarnya disajikan sebagai berikut :


Iseng kali ini tampilannya mau di cup cup in biar tersaji beda. 


Nah selanjutnya, memasak bumbu spaghetti sangatlah mudah, campur semua bahan dimulai dengan menumis bawang bombay sampai agak layu, masukkan jamur dan saos spaghetti. Lalu tambahkan air, garam dan gula pasir sesuai selera. 


Kalau biasanya mie spaghetty disiapkan di piring dan disiram dengan bumbu spaghetti, sekarang kita campur dulu mie dan bumbunya untuk kemudian dimasukkan ke dalam mini cup dan dipanggang sebentar agar keju Mozarella leleh cantik menjadi topping dari cup mini spaghetti.


Setelah mini spaghetti siap, kita letakkan ke dalam loyang yang diberi air dengan ketinggian 1 cm pada saat memanggang di oven. Panggang dengan suhu 200 derajat selama 5 menit saja untuk melelehkan keju mozarella agar cantik sebagai topping mini spaghetti tersebut.


Naahhh udah bisa ketebak yaaaa,, look yummy begitu fresh from the oven. Lengkapkan penyajian dengan sendok dan saos sambal. Selamat mencoba yaaa kartini masa kini....

1 comment:

  1. waah ini menu hari ini banget. jurus cepat kilat kalau misalnya kepepet, karena simple. lia biasa pakai saos tomat yang dicampur sedikit ama saos extra pedas, rasanya lebih maknyus.

    ReplyDelete

matched content: