Friday, February 6, 2015

Alternatif Cemilan Sehat

Cemilan atau kudapan atau makanan kecil atau snack, adalah makanan selingan di antara dua makan besar (biasanya sebelum jam makan siang atau jam makan malam). Menyiapkan cemilan sehat untuk keluarga sebenarnya gampang-gampang susah. Melihat isi kulkas, lalu menjadi inspirasi untuk membuat cemilan juga bisa-bisa saja. Cemilan yang disajikan biasanya relatif mudah dalam proses menyiapkannya, seperti dikupas, dikukus, disangrai, digoreng atau cukup dipanggang. Tentunya, menyajikan cemilan sehat untuk keluarga haruslah memperhatikan nilai gizi yang terkandung di dalamnya.

Cemilan paling sederhana yang baik untuk seluruh keluarga dan cukup mengenyangkan bagi yang sedang diet karbohidrat, yaitu : cemilan buah-buahan. Menyajikan cemilan buah-buahan merupakan cemilan sehat yang paling sederhana, karena buah-buahan sisa tinggal dicuci dan dikupas. Jenis buah-buahan yang manis lebih banyak disukai oleh anggota keluarga. Dalam gambar, alternatif buah mengenyangkan yang bisa dihidangkan adalah jambu biji merah, mangga arumanis, kiwi, buah naga merah (red dragon). Alternatif lain yang bisa dijadikan cemilan seperti : apel, pear, pisang, belimbing, jeruk, dan buah-buahan musiman lainnya.


Nah selanjutnya cemilan jenis kedua yang lain adalah cemilan yang disajikan dengan proses direbus. Mudah sekali caranya, bisa dengan mengkukus atau merebus pisang jenis kepok kuning sampai berubah warna dan tiriskan. Setelah hangat atau dingin, bisa disantap sebagai bekal cemilan.


Cemilan jenis ketiga adalah cemilan yang baik untuk anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan. Alternatifnya, cemilan popcorn yang ternyata banyak mengandung anti-oksidan dan bermanfaat bagi kesehatan. Cara memasaknya mudah, dengan memasukkan ke dalam microwave atau kalau tidak ada microwave dengan menggunakan wajan teflon diberi mentega dan masukkan jagung popcorn, tutup rapat-rapat dan api kecil. Setelah terdengar pletok pletok pletok mulai digoyang teflonnya agar tidak gosong dan jagung mekar semuanya. Sebentar saja sampai suaranya menghilang dan matikan apinya.


Cemilan sehat yang lain adalah nugget, bisa nugget ayam atau nugget sayuran. Variasi nugget yang dijumpai di supermarket sekarang banyak sekali, seperti : nugget ayam dengan bentuk beaneka rupa, nugget sayuran (wortel, bayam, brokoli, jagung), nugget ikan, nugget tahu, dan lain-lain. Cara menyiapkannya mudah sekali, panaskan minyak goreng dalam wajan, lalu goreng hingga kecoklatan.


Selamat  menyajikan cemilan sehat untuk seluruh keluarga.

1 comment:

  1. Di rumah biasanya ada cemilan kedua, buat bapak yang diabetes. hehe

    ReplyDelete

matched content: