Sunday, September 12, 2010

Lebaran Idhul Fitri di Bonn


Berlebaran, baik Idhul Fitri maupun Idhul Adha, lebih afdhol jika dirayakan bersama. Apalagi dengan teman-teman setanah air. Tahun ini sebagian besar kontributor dbento.com merayakan lebaran Idhul Fitri di Bonn. Tepatnya di gedung eks KBRI Bonn.

Acara takbiran dimulai sejak pukul setengah sepuluh pagi. Sholat Ied dijadwalkan pukul sepuluh. Namun hingga pukul sepuluh seperempat tak ada tanda-tanda sholat ied bakal segera dimulai. Baru pada pukul setengah sebelas seorang bapak maju untuk memberikan beberapa informasi berkaitan dengan pelaksaan sholat ied dan halal bihalal di pagi itu.

Lebih dari seratusan orang hadir dan melaksanakan solat ied bersama. Sayangnya, saat kedua khutbah berlangsung, massa sudah mulai mengobrol sendiri-sendiri. Hampir-hampir suara pengkutbah tak terdengar karenanya. Kami kemudian membentuk linkaran untuk bersalaman sambil bermaafan bergantian. Hanya sebagian kecil saja kami kenal. Namun senang sekali bisa saling bersilaturahmi seperti ini.

Selesai bermaaf-maafan, tibalah acara paling ditunggu. Menikmati hidangan khas lebaran di tanah air. Opor, lontong, gulai kambing, sup, sambal goreng, osengan, ayam goreng, dll yang saya lupa namanya satu persatu. Pokonya enak-enak. Jajanan dan berbagai macam kolak/cendol tak kalah menggugah selera. Meski sebagian telah mengisi perut-perut kami, masih terlihat banyak sisa di meja. Yang kemudian kami serbu sama-sama sebagai bekal. Ah sungguh Idul Fitri yang menyenangkan!

No comments:

Post a Comment

matched content: