Thursday, March 26, 2015

Bawang Merah Goreng


bawang goreng renyah
Bawang Goreng

Makanan Indonesia pada umumnya jika akan di sajikan ditaburi bawang goreng. Banyak yang suka bawang goreng ini tapi banyak juga yang tidak suka bahkan berpantangan. Biasanya yang tidak suka bawang goreng karena tidak suka baunya, konon katanya bawang goreng bisa membuat badan menjadi tidak sedap.

Padahal menurut wikipedia, bawang merah sebagai bahan utama bawang goreng mengandung vitamin C, kalium, serat, dan asam folat. Selain itu, bawang merah juga mengandung kalsium dan zat besi serta mengandung zat pengatur tumbuh alami berupa hormon auksin dan giberelin. Kegunaan lain bawang merah adalah sebagai obat tradisional, bawang merah dikenal sebagai obat karena mengandung efek antiseptik dan senyawa alliin. Senyawa alliin oleh enzim alliinase selanjutnya diubah menjadi asam piruvat, amonia, dan alliisin sebagai anti mikoba yang bersifat bakterisida. Banyak khan kegunaan bawang merah ini.

Kalau saya sih sangat suka sekali bawang goreng, bisa habis setoples di cemilin kalau tidak disembunyikan atau saya taburi nasi panas, walau saya banyak makan bawang goreng, alhamdulilah sama sekali tidak berpengaruh terhadap bau badan, wangi-wangi aja tuh hehe...

Dari mulai nasi putih, lontong kari, bubur ayam, bakso, mie ayam, opor, nasi goreng, mie nyemek, capcay, dan masih banyak lagi makanan yang biasanya taburan bawang gorengnya sebagai pengundang selera yang memesannya. Mana tahan melihat makanan yang taburan bawang gorengnya menumpuk seperti foto di bawah, Ehm...maunya segera disantap saja, ngiler khan liatnya....
jajanan enak
Mie Kocok dan bubur ayam
Biasanya saya membuat sendiri bawang goreng, eh... mama saya, saya biasanya hanya membantu mengupas atau mengirisnya saja, masih belum berani menggoreng karena masih sering gosongnya, yang ujung-ujungnya di omelin hehe. Kapan-kapan saya akan berbagi cara membuat bawang goreng ala mama saya.

Kenapa lebih enak membuat sendiri, karena jika kita membuatnya sendiri, bahan baku yang dipakai terdiri dari bawang merah brebes segar, minyak goreng yang masih baru dan tanpa campuran tepung sama sekali, menjadikan bawang gorengnya, enak dan renyah dengan penyimpanan yang benar tentunya. Walaupun sekarang ini, banyak juga dijual bawang goreng dengan campuran macam-macam, ada yang mencampurnya dengan ayam suwir yang di goreng kering, ada yang mencampurnya dengan cabe dan rawit pedas yang sudah di goreng garing, dan bawang goreng saja yang di variasikan rasanya, asin, manis ataupun pedas. Tetap saya lebih memilih bawang goreng buatan mama dan saya. Karena rasanya lebih enak dan renyah dibandingkan membeli.

Kenapa lebih enak dan renyah, karena saat membuatnya, mama selalu menggunakan bahan baku bawang merah brebes, minyak goreng yang bersih dan tanpa memakai tepung apapun, sehingga menjadikan bawang goreng buatan mama selalu renyah dan enak, dengan penyimpanan yang benar tentu saja. Bawang goreng yang ditaburkan atau di tambahkan pada makanan apa pun akan menambah cita rasa, karena bawang goreng memiliki zat MSG alami yang dapat membuat makanan menjadi gurih, tidak perlu lagi memakai kaldu bubuk atau tambahan MSG pada masakan, karena sudah gurih, dan rasa gurihnya alami serta sehat.

Misalnya, saya selalu menambahkan bakso buatan saya dengan bawang merah goreng yang di ulek, atau saya menambahkannya pada pepes tahu, sup sayuran,  siomay, pangsit goreng, ataupun cilok selai bumbu lain seperti bawang putih dan bawang daun tentunya. Jadi mulai sekarang cobalah mengganti kaldu bubuk, vetcin ataupun bahan lain yang mengandung msg dengan bawang goreng yang di ulek atau di haluskan. Dijamin tetep enak dan lebih sehat tentunya.

12 comments:

  1. Bawang gireng itu selain busa menjadi pelengkap untuk menyajikan makanan kita agar lebih indah, juga membuat rasanya jadi maknyus,,,,..


    ReplyDelete
    Replies
    1. Sesama penyuka bawgor ya... nasi putih panas juga enak pake bawang goreng

      Delete
  2. Ohhhhh.. Ternyata bisa berkhasiat sebagai obat juga yaaa.. Terimakasih infonya min..

    ReplyDelete
  3. trims infonya, bawang merah goreng memang nikmat saat kress di mulut.

    ReplyDelete
    Replies
    1. apakah ini salah sat cemilan favnya mbak iceu?

      Delete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. bawang goreng mama teh intan enaaaak.. sampai sekarang diawet2 minta tips cara buatnya ya teh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, masih ada ya li, hehe... tipsnya harus pake bawang merah brebes aja sih, sama saat menggoreng dengan api sedang dan harus di bolak balik supaya cantik dan g gosong. kapan-kapan ku foto saat menggorengnya ya...

      Delete
  6. Bawang gorengnya mantebb, nasi anget di kasih bawang goreng apapun lauknya dijamin nikmat... mau teh bawang gorengnya..

    ReplyDelete
  7. Bawang gorengnya mantebb, nasi anget di kasih bawang goreng apapun lauknya dijamin nikmat... mau teh bawang gorengnya..

    ReplyDelete
  8. apapun enak ya neng dikasih bawang goreng ,hehe..

    ReplyDelete

matched content: