Sunday, June 26, 2016

Aneka Cemilan Tradisional indonesia (1)

Aneka Cemilan Tradisional
Aneka Cemilan Tradisional

Di Indonesia ada istilah cemilan atau kudapan. Pemilihan kata cemilan atau kudapan adalah makanan kecil yang biasanya dihidangkan sebagai teman minum teh di sore hari. Kali ini saya akan berbagi cerita menikmati cemilan tradisional ketika sedang menikmati teh di Ndoro Donker, Karanganyar. Letak nDoro Donker ini berada di wilayah pegunungan, tepatnya di daerah kebun teh Kemuning, Karanganyar. Kurang lebih 1,5 jam dari kota Solo atau 3 jam dari kota Yogyakarta. Menikmati teh seduhan yang bisa dipilih macamnya, ditemani dengan aneka cemilan tradisional, sungguh membuat sore hari terhenti dan rasa nyaman yang menghipnotis sesaat dalam suasana sore yang merilekskan.


Aneka cemilan tradisonal yang menemani saya dan panda sore ini, beraneka cemilan tradisional tersedia di sini. Mulai dari yang berbahan dasar hasil kebun, seperti ketela dan pisang. Sampai yang hasil tangan manusia di dapur, dari beras ketan dan tempe tahu. Sekali lagi, Indoesia itu memiliki keragaman kuliner yang banyak dan hasil olahan tangan kreatif mampu membuat cemilan yang biasa menjadi cemilan yang aduhai memikat untuk difoto, dicicip dan dihabiskan.

Apa saja cemilan tradisional yang ada di Ndoro Donker ini?

Aneka Cemilan Tradisional
Aneka Cemilan Tradisional

1. Tahu Goreng. 

Menu andalan paling nikmat dipesan di saat hawa dingin adalah menu cemilan gorengan. Piring 1 berisi tahu goreng atau kita menyebutnya tahu isi, tahu susur atau tahu berontak. Tahu putih atau tahu kuning yang diisi dengan sayuran : wortel, kubis, tauge lalu digulingkan ke dalam tepung berbumbu dan digoreng. Dinikmati selagi hangat dan disiapkan lombok rawit ijo. Tapi setiap daerah memilki kekhasan masing-masing, di sini tahunya ditemani oleh sambal kecap. Tetap saja, tidak mengurangi rasa enak dan gurihnya tahu goreng ini.

2.  Pisang Keju dan Pisang Coklat.

Lalu kita ke piring kedua, piring ini berisi cemilan manis berbahan dasar pisang. Pisang keju, pisang yang dibakar lalu ditaburi keju parut sehingga rasa yang berpadu menjadi manis gurih yang lumer menjadi satu di dalam mulut. Lalu pilihan keduanya adalah pisang coklat. Yang membedakan adalah pada toppingnya, keduanya termasuk cemilan manis untuk saya. 

Selain pisang keju dan pisang coklat, di nDoro Donker ini juga menyediakan pisang goreng. Pisangnya dibentuk kipas dan lalu digoreng setelah dicelupkan ke dalam tepung. Pisang goreng juga bisa menjadi teman minum teh di hawa yang dingin di sekitar kebun teh Kemuning ini. Sebagai variatif menu tidak semuanya gorengan, kita memilih pisang keju dan pisang coklat ini .

3. Ubi Goreng Keju.

Bergeser ke piring ketiga, menu gurih crunchy sudah siap terhidang di atasnya. Ya, menu yang familiar sekali di Indonesia. Ubi goreng keju atau singkong keju, yang banyak dijumpai di meja makan di rumah karena bahan dasarnya mudah didapat dan pengolahannya relatif mudah dan tidak membutuhkan banyak bahan. Nah, kalau ubi goreng di nDoro Donker ini sama dengan yang di rumah, pasti kecewa dong memesannya. Eitss, tunggu dulu. Menu singkong goreng keju ini, beda. Singkong dibuat sedikit asin, dipotong sedemikian rupa, terasa empuk di dalam dan garing crunchy di bagian luarnya, Hayooo membayangkannya saja sedikit membuat penasaran kan? Saya dan panda juga suka mencicip singkong goreng keju yang disajikan di sini.

Wah, baru membahas tiga cemilan tradisional saja, sudah membuat perut kriyuk-kriyuk ya. Yuk, nyruput tehnya dulu dan menuju ke bagian kedua tentang cerita ini ya.

No comments:

Post a Comment

matched content: