Tuesday, June 28, 2016

Bola-bola Energi Kurma Cokelat


cara membuat bola-bola kurrma cokelat
resep bola-bola kurma berenergi


Masih lemas letih lesu? Cobain bola-bola energi ini. Lumayan menyehatkan dan bisa menjadi penambah energi alami. Rasanya pun enak mirip seperti cokelat truffel versi sehat. Bahan-bahan membuatnya juga hanya terdiri atas 3 jenis saja. Tunggu apalagi lagi yuuk lihat resepnya.


Kalaulah kurma bukan makanan kesukaan nabi, mungkin kami tidak akan sering menyantapnya. Rasa kurma bagi saya terlalu legit hingga kurma bukan jadi makanan favorit. Namun belakangan ini kami berubah selera. Lagi suka banget dengan kurma yang dicampur dan dibuat minuman. Dan kami menemukan jenis kurma yang bisa diperoleh mudah dan rasanya lebih enak ketimbang kurma lainnya, namanya kurma medjool. Mungkin lebih enak lagi kurma ajwa ya tapi di sini tidak mudah menemukan jenis kurma tersebut. 

resep bola kurma cokelat dari kurma medjool
jenis kurma medjool

Kurma ini ukurannya raksasa, lebih besar 2-3 kali lipat dari pada kurma biasanya. Untuk buka puasa 1 buah kurma jumbo ini sudah lumayan bisa mencharge energi. Rasa manisnya pun tidak terlalu legit, pas di lidah, dan teksturnya lembut kenyal. 

Tapi...harga kurma ini sebanding dengan rasanya. Untuk kualitas rendah dihargai sekitar 150 ribu/ kg (10 euro) sedangkan yang kualitasnya super 225 ribu/kg (15 euro). Yang kualitasnya rendah ada kayak bonyok-bonyoknya dikit, permukaan kulitnya tidak mulus atau bentuknya tidak simetris, tapi rasanya tak jauh beda.

Biasanya kalau di supermarket, kurma ini di jual perbiji dalam wadah cupcake kecil umumnya berasal dari israel. Saya gak pernah beli, apalagi lihat harga perbuahnya yang muahal, makin ogah beli. Sedangkan yang di toko arab, sebelum membeli biasanya saya selalu tanya dulu asal muasal kurmanya. Untungnya kebanyakan dari jordania atau iran. Di jual perkilo dan harganya pun lumayan lebih murah ketimbang yang di supermarket.


Supaya gak bosan, kurma ini bisa dicampur dengan bahan lain untuk membooster asupan energi, seperti kacang-kacangan. Di resep berikut ditambah dengan cokelat bubuk rasanya jadi bikin gurih. Mirip cokelat tapi berbahan dasar kurma. Yuuuk intip resep sederhana berikut. Bisa untuk sajian berbuka puasa.

Resep Bola-bola Energi Kurma

Bahan-bahan: 

Untuk 1 porsi

  • 100 gr kurma medjool (bisa diganti dengan kurma apa saja)
  • 50 gr kacang almond (bisa diganti dengan kacang lainnya, kacang tanah, hazel, kenari dll)
  • 1 sdm cokelat bubuk (yang untuk buat kue, bukan yang untuk minuman mengandung pemanis). Lebih sehat katanya menggunakan raw cacao, tapi belum pernah ketemu.


Video cara membuat bola-bola kurma dan air nabeez:



Untuk melihat videonya, silahkan klik gambar di atas. Bonus juga video cara membuat air nabeez yang akan di tulis berikutnya di blog.

Deskripsi cara membuatnya:

  • Sangrai kacang atau panggang hingga kriuk. Kemudian blender atau hancurkan dengan menggunakan mortar/ulekan.
  • Masukan dan Hancurkan kurma bersama dengan kacang hingga teksturnya halus
  • Masukan cokelat bubuk dan aduk hingga rata
  • Ambil satu sendok makan adonan kemudian bentuk bulat. Lakukan hingga semua adonan habis. Sajikan.
  • Untuk satu resep ini bisa menghasilkan 10 -15 bulatan.
  • Jika ingin disimpan, taruh dalam wadah kedap udara simpan di kulkas. Bisa juga dibungkus dengan plastik cantik atau dalam kotak kemasan untuk kado/buah tangan.
Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

2 comments:

  1. waah asyik juga nih dicoba sebagai camilan :) makasih utk resepnya

    ReplyDelete

matched content: