Friday, February 18, 2011

Bento mie ayam

Bento mie ayam
Bento mie ayam dengan bakso

Kalau di indonesia, mungkin rada aneh membuat bekal mie ayam sendiri. Soalnya tukang bakso dan mie ayam banyak bertebaran apalagi di daerah kampus. Lain lagi ceritanya bagi musafir seperti kami, harus masak sendiri baru bisa menyantap.

Hari selasa lalu kesampaian juga membawa bekal mie ayam ke kampus. Sebetulnya lebih tepat disebut mie sayuran ketimbang mie ayam berhubung porsi sayurannya lebih banyak dari pada ayamnya. Saya hanya menggunakan bahan sisa yang ada di kulkas dan freezer. Tumisan bumbunya dibuat semalam sebelumya. Cara membuatnya gampang, yakni tumis bawang bombay, bawang putih dan bawang daun. Kemudian saya tambahkan wirsingkohl (sejenis kohl)  ke dalam tumisannya, ayam suir (sisa bubur ayam) serta sisa salat yang hampir mau kadaluarsa :-p. Terakhir tinggal membumbui dengan merica, gula, garam, dan kecap manis. Pagi-pagi sebelum berangkat tinggal mendidihkan air dengan sedikit garam,  memasak mie serta sawi dan ditambah 'home made' bakso sisa yang saya buat minggu lalu. Hasil merias dan memfotonya cukup sederhana dan kilat, karena kepepet waktu mengejar bis. Bakso ditusuk dengan menggunakan foodpicks, tomat di 'personifikasi' dengan potongan nori dan juga di atas mie saya tebar potongan nori bentuk bintang dan hati.Di pojok kanan atas, terdapat wadah pink untuk saus.

No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah mampir ke blog kami. Jika teman ingin mengutarakan pendapat, pertanyaan saran, kritik silahkan jangan malu-malu untuk menulisnya di sini.

Salam Bento Mania