Monday, August 1, 2011

Awali berbuka puasa dengan kurma


Mengapa Kurma sangat dianjurkan mengawali hidangan berbuka puasa? bahkan memakan kurma saat berbuka hukumnnya adalah sunnah dan sudah dicontohkan nabi Muhammad SAW? Ada beberapa hal yang sudah ditetapkan dalam bidang kedokteran bahwa gula dan air merupakan zat yang pertama kali dibutuhkan orang berpuasa setelah melalui masa menahan makan dan minum. Berkurangnya glukosa (zat gula) pada tubuh dapat mengakibatkan penyempitan dada dan gangguan pada tulang-tulang. Dilain pihak, berkurangnya air dapat melemahkan dan mengurangi daya tahan tubuh. Hal ini berbeda dengan orang berpuasa yang langsung mengisi perutnya dengan makanan dan minuman ketika berbuka. Padahal ia membutuhkan tiga jam atau lebih agar pencernaannya dapat menyerap zat gula tersebut. Oleh karena itu, orang yang menyantap makanan dan minuman ketika berbuka puasa tetap dapat merasakan fenomena kelemahan dan gangguan-gangguan jasmani akibat kekurang zat gula dan air, selain itu buah kurma kaya dengan zat garam mineral yang menetralisasi asam, seperti Kalsium dan Potasium. Buah kurma adalah makanan terbaik untuk menetralisasi zat Asam yang ada pada perut karena meninggalkan sisa yang mampu menetralisasi Asam setelah dikunyah dan dicerna yang timbul akibat mengkonsumsi protein seperti ikan dan telur. dan masih banyak lagi manfaat dari sebutir kurma.(dari berbagai sumber).



Kurma seperti dalam foto ini memiliki rasa manis bercampur rasa sedikit getir/keset. Buahnya memiliki tekstur seperti daging buah kelapa di bagian dalamnya. Jenis kurma ini mungkin sangat jarang ditemui diindonesia, beruntung saya yg setiap tahun bisa menyantap kurma ini. Kurma ini bisa dibeli ditoko turki, harganya berkisar 7-9 euro perkilonya. Ada 2 warna jenis kurma seperti ini yg dijual ditoko turki. Warna kurma muda yang biasa dikonsumsi bagi perempuan adalah kurma muda yang memiliki warna kuning, sedangkan kurma muda yang konon berkhasiat bagi keperkasaan pria berwarna merah, kurma berwarna merah ini yg masih belum ditemui disini.
Mau kurma kering seperti yg dijual diindonesia ataupun kurma segar seperti difoto ini sama saja khasiatnya yg penting membaca bismillah dan membaca doa berbuka puasa saat akan memakannya. Selamat berbuka Puasa ya...

No comments:

Post a Comment

matched content: