Tuesday, February 4, 2014

Makan Apa Saja di Bosnia-Herzegovina?

Seminggu lamanya mengunjungi negara di Balkan ini, tentu kami sempatkan untuk berwisata kuliner. Setahun sebelumnya, kami sudah sempat mencicipi cita rasa makanan Bosnia di Zagreb, Kroasia. Sekarang saatnya untuk mengenal lebih jauh kuliner negeri ini.


Bosnia-Herzegovina ini dihuni oleh tiga etnis besar. Mereka memiliki agama berbeda. Kami sempat mengunjungi daerah dimana etnis tersebut tinggal. Persinggahan pertama kami adalah Kota Banja Luka di utara Bosnia-Herzegovina. Ia banyak dihuni orang Serbia. Di sini kami tak sempat wisata kuliner. Hanya sempat belanja buah-buahan di pasar setempat.

Oh ya, untuk wisata kuliner ini kami batasi hanya sekali saja dalam sehari. Agar hemat. Hehe. Alhamdulillah, dua kali ditraktir.

Di hari kedua di Sarajevo, kami diajak makan Burek oleh Retno. Burek mirip Borek asal Turki, penampakannya berbeda. Di Bosnia, banyak rumah makan khusus menjual Burek. Ia dijual dalam nampan lebar. Disusun memanjang, dan isinya aneka rupa. Ada keju, kentang, daging cincang, daging cincang siram keju. Orang memesan sebanyak yang diinginkan. Penjual akan menimbangnya. Di resto Burek tempat kami makan, semuanya terasa enak.

Besok malamnya kami menjajal makan steak. Di Jerman, saya belum pernah mencoba makan. Selain ragu, juga harga steak di sini terasa mahal. Di Sarajevo kami menemukan restoran steak dengan harga terjangkau. Saya memilih Veal Steak. Dagingnya empuk. Bumbunya merasuk, sesuai dengan selera.  Cevapci, salah satu makanan khas lokal yang terbuat dari daging cincang, dibentuk mirip sosis pendek juga sedap.


Di Konjic, kota kecil yang menurut saya seperti Swiss suasananya, kami makan Sup Bey. Sup ayam dan sayuran yang enak sekali rasanya. Apalagi dimakan saat cuaca dingin. Kekhasan sup satu ini berasal dari Okra, bahan yang tak boleh ditinggalkan dalam pembuatan sup. Aihhhh, kalau ingat makanan-makanan, jadi kangen ke Bosnia lagi. J

6 comments:

  1. mbak ira...kupikir Bosnia itu makanannya kebab...trims infonya...

    ReplyDelete
  2. Daging2 bakar kebab gitu juga banyak, Mbak Irul.. :)

    ReplyDelete
  3. kaya piscok yah hehehe :)
    http://www.ilmci.com

    ReplyDelete
  4. Numppang baca resepnya gan hehehe

    ReplyDelete
  5. Burek, cevapi, cheese pie hmmm... menu fardhu di rumah moj brat Hadzimahmutovic. Dobro :)
    Uda ke stari grad Srebrenik?

    ReplyDelete

Terimakasih sudah mampir ke blog kami. Jika teman ingin mengutarakan pendapat, pertanyaan saran, kritik silahkan jangan malu-malu untuk menulisnya di sini.

Salam Bento Mania