Thursday, January 29, 2015

Buku Resep Bento


Buku resep bento


Horee… dapat buku referensi bento lagi dari Jepang. Seperti yang sudah pernah dibahas sebelumnya, buku bento bagi kami sulit didapat. Hanya jika ada teman dari Jepang, baru kami bisa menitip buku seperti ini. Kebetulan tahun lalu ada teman dari Jepang yang datang berkunjung, tak disia-siakan kesempatan tersebut. Tak sabar rasanya ingin mempraktekan dan sharing isi buku tersebut dengan teman-teman dbento semua.


Buku referensi resep bento seperti ini sangat sering ditemukan di Jepang. Buku-buku penunjang seperti ini sangat berguna bagi kami, penghobi bento.

Di sana, setiap bulan ada edisi baru. Atau kadang diselipkan artikel untuk membuat bento di majalah-majalah umum. Bekal makan siang sudah menjadi hal yang sangat lazim bagi mereka. Bahkan menurut teman-teman di sana, anak TK atau SD yang sekolah, biasanya saling berlomba membawa bekal yang cantik dan lucu. Memperoleh bekal yang lucu dari orang tuanya adalah hal yang menjadi kebanggaan si anak. Makanya tak heran banyak sekali artikel maupun majalah di sana yang menawarkan ide kreatif untuk sebuah bekal makan siang.

Tak hanya  orang Jepang, lho, saya sendiri rasanya betah melihat ide-ide dan kreatifitas yang dituangkan dalam buku bergambar itu. Tak pernah membosankan, terutama bento kyaraben yang kawaii yakni bento yang dibuat meniru sebuah kharakter. Meski saya tidak terlalu mengerti dengan apa yang ditulis tapi sebagian besar buku tersebut memiliki banyak gambar. Sehingga, tanpa membaca pun kita bisa menangkap dan mengerti apa yang dituangkan dalam buku tersebut.

Selain ide-ide kreatif bekal makan siang, biasanya dalam buku tersebut juga ditunjukan bagaimana cara membuatnya lewat foto dan gambar. Tips dan trik bagaimana supaya hemat waktu dalam mengepak bekal makan siang juga dibahas. Tak lupa diselipkan beberapa resep masakan yang praktis. Bisa dibilang buku bento adalah semacam buku resep khusus untuk bekal makan siang. Di Indonesia buku resep seperti ini sudah mulai dipublikasi juga.

Jika pikiran sedang buntu dalam membuat bekal, membaca buku resep adalah salah satu cara ampuh untuk memancing kreatifitas. Buku-buku tersebut tidak harus selalu buku bento, tapi buku masakan biasa pun bisa menjadi pemicu. Resep-resep unik bisa menjadi andalan supaya bekal tidak membosankan. Bagi saya, salah satu tujuan membuat bekal supaya mengurangi jajan di luar yang belum tentu menyehatkan. Maka bekal yang dibawa pun harus dibuat lebih menggoda baik dari segi rasa maupun penampilan ketimbang jajanan diluar.

No comments:

Post a Comment

matched content: