Monday, April 20, 2015

Membuat Konsep Bento "Putri Tidur" Dalam Rantang

Awal minggu yang ceria, saatnya melakukan aktivitas yang membuat semangat 5 hari ke depan. Tentunya sudah mulai disibukkan dengan rutinitas awal minggu ya? Lalu ada ide apa untuk menyiapkan bekal makanan untuk di kantor atau bekal ke sekolah? Layaknya kita menuliskan TDL (to do list), saat ngebento pun perlu yang namanya konsep sehingga lebih tahu apa yang perlu disiapkan dan tidak banyak yang mubadzir.

Membuat Konsep : "Putri Tidur"

Iseng-iseng manda yang tidak bisa menggambar, kepikiran mau bikin anak perempuan cantik yang lagi bobok (baca : tidur). Saat membuat konsep character bento atau charaben yang diperhatikan adalah ciri-ciri yang melekat dengan karakter yang dimaksud. "Putri Tidur" memiliki dua hal yang menunjukkan karakter putri (rambut panjang) dan tidur (ditutupi selimut).

bento putri tidur

Sebuah bento disajikan dengan rasa, menikmatinya pun harus dengan rasa.


Dalam bento "putri tidur" ini, yang terlihat jelas adalah poni rambutnya. Mencari-cari karakter seorang putri di alam imajinasi akhirnya bisa menggambar putri pake babydoll berwarna merah. Mulailah menuangkan imajinasi ke dalam kertas gambar dan membuat konsep gambar charaben yang akan dibuat. Langkah selanjutnya adalah memikirkan alat dan bahan apa saja yang mendukung untuk menyajikan konsep gambar menjadi bento yang bisa dimakan.

bento putri tidur

Pernah terpikir, kita ke kantor dengan membawa bekal bento lalu ada teman yang bilang :

"aku mau besok dibawain bekal bento ya?"

Dengan pertanyaan semacam itulah, terpikir membuat bento dalam wadah rantang.  Saat ini banyak dijual rantang modern yang bisa untuk menahan panas, membawa kuah tidak tumpah, simpel cara mengemasnya, mudah dibawa dan mudah dicuci. Nah, dengan membawa 3 bento dalam rantang, dalam 1 jinjingan sudah terangkut makan siang cantik untuk sahabat di kantor atau teman anak-anak kita di sekolah. Rantang saat ini berbeda dengan rantang yang dimiliki nenek atau ibu kita. Rantang sekarang dari bahan yang tahan panas dan pengepakannya pun simpel. Rantang tetap menjadi pilihan ibu-ibu untuk mengemas bahan makanan agar terpisah dan bisa membawa lebih banyak tempat dalam satu jinjingan.

rantang

Setelah wadah untuk mengemas bento siap, kita mulai menyiapkan dan membentuk karakter bento dengan bahan dan cara sebagai berikut :
  1. Nasi kepal. Untuk membuat wajah dan badan, nasi dikepal saat masih hangat dengan menggunakan plastik menyesuaikan wadah yang akan dipakai. Nasi dikepal bisa berbentuk lonjong agar memudahkan rambutnya dibuat lebih panjang jika mau.
  2. Tomat. Untuk baju perempuan babydoll you can see cukup dari kulit buah tomat yang diiiris menyerupai baju atasan. Hilangkan bagian isi tomatnya agar tidak berair dan membuat nasi sulit menempel.
  3. Nori. Siapkan nori yang digunting menyerupai rambut dan garis-garis untuk selimut.
  4. Telur Dadar. Buat telur dadar untuk selimutnya. Membuat telur dadarnya sederhana dengan mencampur telur, garam dan merica lalu buat dadar tipis dengan teflon.
  5. Brokoli rebus/kukus. Warna hijau brokoli menambah kontras warna cantik dari bento yang dibuat. Dan sekaligus asupan sayuran dalam kandungan bento yang dibuat. Saat merebus/mengukus brokoli, taburi sedikit garam agar rasanya lebih enak.
bento putri tidur

Setelah semua bahan ngebento siap matang, kita lanjutkan dengan menatanya ke dalam wadah sesuai konsep yang kita gambar. Menaruh nasi putih dan nasi kepal di bagian tengahnya, lalu menata rambut dan baju putrinya. Menambahkan brokoli sebagai bantal gulingnya. Menyelimuti dengan telur dadar yang dipotong sesuai bentuk rantang yang dipakai menata. Dan taraaaa... bento putri tidur dalam rantang pun siap disajikan.


Selamat mencoba yaa.. Salam/manda

17 comments:

  1. lucu ya... jadi sayang makannya :)

    ReplyDelete
  2. Ide yg sangat menarik, mbak... :)
    Anak2 pasti suka nih, bisa semangat juga makannya ntar..

    ReplyDelete
  3. Keren, Ima...

    Rantang sekarang bagus dan praktis, ya, Ma. Cocok banget buat bento. Btw, Ima dah punya penggorengan khusus buat tamagoyaki, euy... :) ira

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihihihi buat bikin selimutt mba iraaa *_*

      Delete
  4. Duh keren yaaaa... Kreatif banget!

    ReplyDelete
  5. ima, buat bikin tamagoyaki beli dimana? mupeeeng...

    ReplyDelete
    Replies
    1. online shopp ada teh... tokopedia aajaa,,,

      Delete
  6. wahh unyuu..pengen coba bikin buat anak2..makasih ya mba ima...itu rantangnya unyuu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa mba dedew, rantang masa kini simpel simpel yaa... *_* selamat mencobaa,,,

      Delete
  7. Blm pernah bawain anakku bento yg dibikin sendiri sih..tp memang anak2 jd pada lahap makan kalo makanannya lucu dan menarik gitu, walopun cuma telur dadar dan brokoli... di resto2 jepang yg ada jual bento for kids, anakku lgs lahap deh ngabisinnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaaa beneerrr mba fanny.. bahannya simple tapi bisa memancing selera makan *_*

      Delete
  8. Di India, rantang masih menjadi budaya, bahkan orang ke kantor masih bawa rantang yang dimasukkan dalam termos penghangat

    ReplyDelete
  9. ih keren banget mba... suka <3 rantangnya juga bagus, lebar dan gak tidak terlalu tinggi, jdi mudah saat makan

    ReplyDelete
  10. waah putri tidurnya pasti seneng banget tidur dirantang bagus hehehe...

    ReplyDelete

matched content: