Thursday, April 14, 2011

Membuat onigiri (nasi cetak) dengan furikake


Furikake adalah bumbu jadi untuk taburan nasi/ nasi kepal (onigiri ,khas Jepang,) biasanya berisi berbagai macam bumbu dan bahan makanan yang dikeringkan seperti sayuran, rumput laut, ikan, dll. Jenis jenisnya  banyak, baik dari bahan yang digunakan maupun cara menyantapnya.

 
Furikake yang saya gunakan kali ini bukan dari Jepang melainkan buatan korea yang bahan-bahannya terdiri atas sayuran kering dan ikan. Rasanya enak sekali, tanpa lauk  lain selera makan tetap jalan.  Jika tidak punya  furikake bisa diganti dengan misalnya abon. Alternatif lain bisa jmembuatnya sendiri dengan mencampurkan bahan-bahan seperti: biji wijen, potongan nori, sayuran kering, bawang goreng, dll sesuai selera. Sayuran-sayuran segar tersebut dikeringkan terlebih dahulu, misalnya dengan disangrai. Semakin kering, semakin bisa disimpan lebih lama. Saya pernah menemukan resep-resepnya di blog berbahasa inggris, just bento, patut untuk dicoba.

Untuk membuat onigiri kali ini, saya menggunakan cetakan nasi atau cetakan onigiri. Cetakan onigiri bentuknya bermacam-macam tapi umumnya onigiri dibentuk segitiga. Modifikasi bentuk bisa berupa karakter-karakter tertentu, seperti beruang, bunga, dll yang fungsinya, tentu adalah untuk menarik perhatian sekaligus merangsang nafsu  makan anak. Bagi yang belum punya cetakan, jangan pula bersedih hati, karena pada dasarnya onigiri bisa di buat hanya dengan tangan atau bantuan plastik wrap (supaya tidak lengket tp mudah dibentuk). Bentuknya bisa dibuat bulat atau segitiga, sesuai selera.



Ambil nasi (nasi biasa yang hangat yang masih bisa dikepal) dengan takaran sesuai porsi makan siang.


Sebelum di cetak nasi dicampur terlebih dahulu dengan furikake sampai aduk rata.


Setelah nasi tercampur, kemudian dibentuk dengan bantuan cetakan atau plastik wrap. Usahakan cetakannya padat, karena kalau kurang padat, bisa berantakan. 


Jika furikake-nya terasa kurang, bisa di taburi lagi. Siap di kemas dan dibawa untuk bekal. Perlu diingat, karena cetakannya padat, tak perlu buat dengan jumlah yang berlebih, sesuai porsi saja.



10 comments:

  1. klo yang ini, namanya jadi nasi cetak, ya Li....:D Btw, furikake beli dimane?

    ReplyDelete
  2. hehehe iya betul bukan nasi kepal yah, kok baru nyadar.

    furikake-nya beli di köln mbak, henlong

    ReplyDelete
  3. wahh bagus mbak nasinya, btw itu nasinya jadi lengket ga yah?kayak nasi jepang yang bisa disumpit gitu gak jadinya mbak?

    ReplyDelete
  4. klo ini pakai beras biasa yang lengket tapi tidak selengket nasi jepang, dengan di padatkan tentunya bisa di sumpit

    ReplyDelete
  5. kalo mau beli cetakan onigirinya dmana ya ?

    ReplyDelete
  6. halo, cetakan onigiri bisa dibeli di beberapa toko bento baik online maupun offline.. Kl jadi teman bento mania di FB, bisa menemukan toko online alat bento pada sahabat2 dbento.. salam bento,

    ReplyDelete
  7. fb na apa sih ?? mau bli tools buat bentona tapi lewat ol nih >.<

    ReplyDelete
  8. silahkan tinggalkan pesan aja di wall bento mania (page), linknya ada di tab samping kanan. biar nanti kita yang add sebagai teman

    ReplyDelete
  9. klo di carrefour gitu ada furikake gk, ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya belum pernah liat, tp coba saja dicari

      Delete

Terimakasih sudah mampir ke blog kami. Jika teman ingin mengutarakan pendapat, pertanyaan saran, kritik silahkan jangan malu-malu untuk menulisnya di sini.

Salam Bento Mania