Wednesday, October 3, 2012

Resep Sate Padang

Setelah rendang, kali ini kami akan menampilkan satu lagi makanan Padang yang tak kalah lezat, Sate Padang. Orang Padang sendiri, hanya menyebut sate.



Saya pertama mencicipi sate ini ketika berkunjung ke kampung halaman suami, sewindu lalu. Saya dan adik ipar naik kendaraan umum dari bandara ke kampung. Di tengah jalan, Pak sopir dan keneknya berhenti dulu untuk makan sate. Para penumpang lain pun turut bergabung.

Kesan pertama yang tertangkap adalah rasa pedasnya yang menggigit. Sateny kecil-kecil. Kuahnya berlimpah. Orang-orang memakan sisa kuah dengan kerupuk.

Setiap kali pulang kampung, suami selalu mampir ke warung sate. Yang paling enak, kata beliau, adalah yang terbuat dari lidah sapi. DDi warung-warung banyaknya sate padang berbahan ayam. Di rumah, saya belum pernah mencoba membuatnya sendiri.

Setelah pulam Juli lalu, suami selalu terbayang-bayang sate ini. Akhirnya saya cari resepnya di internet. Saya pilih resep paling praktis dan terlihat mudah. Setelah dimodifikasi sesuai selera sendiri, jadilah sate padang ini. Kata suami, sudah mirip dengan sate di kampung halaman.

Saya hanya pakai daging sapi. Tak doyan lidah. hehe.

Resep Sate Padang

Bahan :
500 gr daging sapi, potong2 dadu

Bumbu :
5 siung bawang merah
3 siung bawang putih
1 sdm sambel oelek, atau bisa juga pakai cabe merah
0,5 sdt merica bubuk
1,5 sdt ketumbar bubuk
4 lembar daun jeruk
0,5 sdt serai bubuk atau pakai 1 sere segar
0,5 sdt bubuk kari
sepertiga sdt kunyit bubuk
garam
3 sdm tepung beras, cairkan dengan air
air

Proses :
1. Haluskan bawang merah, bawang putih. sambel oelek, merica, ketumbar, serai bubuk, bubuk kari dan kunyit bubuk. 
2. Tumis bumbu halus dengan minyak secukupnya, tambahkan daun jeruk hingga harum. Masukkan potongan daging, tumis sebentar, lalu rebus dg air secukupnya hingga daging sapi matang. Angkat daging dan tiriskan. Sisihkan kuah bumbunya.
3. Tusuk sate dan panggang sebentar.
4. Panaskan kembali air sisa rebusan daging, tambahkan dengan air secukupnya. Campurkan tepung beras yg sudah dilarutkan sedikit demi sedikit hingga kuah mengental.
5. DImakan dengan lontong dan ditaburi dengan bawang goreng saat mau menyantapnya.

No comments:

Post a Comment

matched content: