Wednesday, December 12, 2012

Bento roti mini smiley

Sebuah bekal sarat makna.Semoga dengan melihat karakter mini smiley di bekal rotinya, sang suami bisa tambah semangat kerjanyaa, setidaknya tersenyum... ^_^  yooosh.... gimana cara buatnya? yuuk kita baca tahap-tahapnya berikut ini.



Bekal uda ke kantor belakangan ini selalu roti Brotchen, yakni sebutan di Jerman untuk roti tawar. Sajian yang gak ribet sama sekali membuatnya. Tinggal menghangatkannya di oven beberapa menit kemudian menjejalnya dengan berbagai isian yang bisa bervariasi. Si uda tentunya lebih suka sesuatu yang berbau daging, seperti salami, ham, sosis atau yang lainnya. Tak lupa saya selipkan beberapa benda hijau ke dalamnya. Roti tersebut kadang dihias, kadang cukup dibungkus saja dengan menggunakan tissue dapur dan langsung dibawa ke kantor.
Kali ini roti diberi sedikit hiasan lucu penambah semangat. Sebagai bahan dan peralatan yang digunakan adalah seperti yang ditunjukkan gambar di atas. Untuk membuat karakter muka diperlukan nori yang bisa digunting secara manual atau dicetak pakai face puncher. Hasilnya seperti gambar smiley diatas. Pinset diperlukan untuk memindahkan nori tersebut.

Selain itu juga diperlukan cetakan untuk bagian badan, sayang saya gak punya cetakan bentuk manusia, jadi saya akali dengan menggunakan dua jenis cetakan yakni cetakan bulat untuk bagian kepala dan cetakan huruf K untuk bagian badannya. Bahannya berupa keju gouda atau keju apa saja yang tidak gampang meleleh.

Gampangnya dalam mendekor, bisa langsung pakai food pick smiley. Tapi kalau gak punya, bisa juga berkreasi dengan menggunakan nori dan keju, seperti gambar di atas.

Roti diisi dengan menggunakan sejenis ham yang terbuat dari dada ayam (kesukaan si uda), daun selada, dan tidak lupa memasukan keju sisa cetakan supaya tidak mubazir. Sebelumnya roti bisa dioles dengan mentega sesuai selera atau ditambah dengan mayonais maupun saos kesukaan. Jenis roti yang digunakan juga bisa dirubah tergantung selera dan ketersediaan bahan.

Setelah siap, letakan hiasan smiley diantara tumpukan roti dan letakan dalam wadah bento... siap dibawa.

4 comments:

matched content: