Thursday, April 28, 2011

Murah meriah, belanja peralatan bento lewat ebay

Akhirnya punya puncher niko-niko
Saat ini kami tinggal di Jerman,  ada beberapa toko online yang menawarkan pernak pernik bento, tapi tidak semua murah-murah. Harga barangnya pasti dua kali lipat lebih mahal ketimbang harga asli di Jepang, belum lagi ditambah dengan ongkos kirim. Belanja peralatan bento di luar Jepang memang sedikit susah dan yang pasti mahal.


Pengalaman-pengalaman berbelanja rekan bento mania bisa ditilik di sini. Saya pribadi baru empat kali belanja peralatan bento. Pertama kali belanja bareng dengan sahabat bento mania lainnya di toko online bentoshop.de. Belanja bareng-bareng bisa menghemat ongkos kirim. Kali kedua, kami coba mencari pernak pernik bento di toko-toko asia yang ada di Düsseldorf dan Cologne, tapi sayangnya tidak begitu lengkap dan harganya pun tak cocok dengan kantong kami. Setelah itu, kami mencoba membeli barang langsung dari Rida-chan, teman yang saat ini sedang studi di Jepang. Dia berbaik hati mencarikan kotak dan aksesories bento kemudian mengirimkannya ke Jerman. Terimakasih pada rida-chan kami jadi bisa lebih hemat lagi berbelanja peralatan bento. Baru-baru ini saya coba memesan peralatan bento yang susah didapat (nori puncher face) lewat ebay.

Ada beberapa toko bento di ebay yang menawarkan pengiriman ke seluruh manca negara, termasuk Indonesia. Asal penjualnya dari Jepang, Hongkong, atau Amerika. Sebelumnya pernah juga beli di ebay, tapi hanya cetakan nasi saja dari penjual di Hongkong. Kali ini saya tertarik dengan penjual yang berasal dari Jepang, Sakura Zakka, nama tokonya. Bila dibandingkan dengan toko bento lain  di ebay, harga disana lebih murah dan ongkos kirim bisa dibuat hemat jika memesan beberapa item secara bersamaan. Selain itu lihat profil penjualnya cukup  bagus dengan review 99,8% positif.

Setelah memperoleh ijin dari si uda, akhirnya saya coba pesan 3 buah set nori puncher ini, yang relatif susah diperoleh (Jikalau ada toko online yang jual pasti harganya muahaaal). Di toko ini satu set di jual dengan harga $14,99 (sekitar 10 euroan) dan harga ongkos kirimnya bervariasi tergantung tipe pengiriman yang diinginkan. Ke Jerman bisa dikirim dengan 3 jenis pilihan pengiriman yakni (untuk barang yg saya beli sekitar 1000 gr):

SAL(lamanya 2-4 minggu tanpa tracking): $13.20
Standard AIR mail (7-10 hari tanpa tracking): $21.60
EMS (5-7 hari dengan tracking): $34.10


Paket dibungkus rapih dan tiba setelah dua minggu dengan menggunakan SAL dan diantar sebagai paket DHL
 
Untuk pengiriman tanpa tracking, pembeli harus mau menanggung resiko, jikalau barang tidak sampai tujuan, karena barang tidak bisa dilacak keberadaannya. Sebaliknya jika pakai tracking  harga pengiriman lebih mahal tapi lebih aman. Saya waktu itu memilih paket nekat bin hemat, yakni pengiriman yang murah meriah SAL. Sempat deg-degan juga karena tanpa tracking tapi alhamdulillah paket tiba kemarin, tepat waktunya yakni dua minggu setelah dikirim. Si penjual juga cukup professional, mengirimkan barang tepat setelah saya membayar tagihannya. Sayangnya untuk pengiriman ke Indonesia, dia hanya mau mengirim dengan menggunakan paket pengiriman yang mahal yakni EMS, harus dengan tracking (sekitar $ 22 untuk barang dengan berat kurang dari 1000 gr). Mungkin karena banyak barang yang hilang di jalan jika tanpa diregistrasi.

Jika dihitung-hitung harga satu set puncher niko-niko (isi 3 buah puncher) hanya $19,39 atau 13,80 euro (sudah termasuk ongkos kirim untuk 3 set), sedangkan kalau beli di toko bento online di Eropa harga segitu belum termasuk ongkos kirim, bahkan ada juga toko yang menawarkan harga lebih mahal. Sebagai perbandingan, saya lihat-lihat di amazon.co.jp, harga asli puncher ini sekitar 1400 yen/ $ 17/ 12 euro . Bisa disimpulkan berburu peralatan bento lewat ebay kali ini cukup sukses.... yeaaaaayyyy!!!


Beli puncher ini bisa juga di Bento&co, klik foto dibawah ini:



13 comments:

  1. yay, Tante Lia bikin ngiri aja. Ada yang buat aku tidak, Tante?

    ReplyDelete
  2. mbak gerne beli lagi klo mau barengan yuuk, kemarin lia jajal sendiri, takut kalau gak nyampe paketnya... sekarang sdh terbukti. jadi klo mo beli lagi ayuuk barengan, biar lebih hemat ongkirnya

    ReplyDelete
  3. hayuuuk.. klo dah nandain yg mo dibeli kasih tahu aja yah

    ReplyDelete
  4. ada yg tau gak yg jual distributor KAI disney yang murmer :(

    butuh info nih

    ReplyDelete
  5. wah sayangnya kami gak tahu mbak. makasih sudah mampir yah.

    ReplyDelete
  6. mbak, saya org bandung,, mau beli pralatan bento khususnya pengen beli yg cetakan bwt nori, tp di daiso pvj gak ada,, waah, saya bingung lagi harus nyari kemana lagi ya mbak??

    ReplyDelete
  7. waah sayang sekali gak lengkap di daiso sana... coba cari di yang jualan online mbak, banyak teman2 bento mania yang jualan online di facebook.

    ReplyDelete
  8. mau tanya mbak, terus pembayarannya gimana ya kira2 kalo mau beli di Sakura Zakka itu? makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanyaonline, kartu kredit... tp kayaknya toko bento online di indo juga banyak mbak.. ini biasanya temen2 yang tinggal di selain indonesia

      Delete
  9. mba aku baru liat bento mu ini lucu lucu banget. aku juga tinggal dijerman. enakan beli di bentoshop.de apa lewat ebay yah :D. lucuuu abisan aku mau buat bekal kuliah hehhee

    ReplyDelete

matched content: