Friday, August 15, 2014

3 langkah membuat onigiri panda

Panda family (onigiri panda)

Setelah liburan panjang lebaran, yuk kita cari kegiatan yang bisa mendongkrak semangat. Bagi pencinta bento mari kita buat sesuatu yang kawaii....
Untuk menepati janji sebelumnya, berikut ini diperlihatkan bagaimana cara membuat onigiri panda. Ide ini tercetus dari seorang bentowati di Jepang, Mari Miyazawa yang menyarankan hidangan ini untuk pesta ulang tahun anak. Namun saya buat sebagai bekal piknik dan saya modifikasi dari resep onigiri menjadi resep lemper. Bahan nasinya berupa ketan yang dicampur dengan beras biasa sehingga sangat mudah untuk dibetuk ketimbang nasi biasa. Berikut ini step membuatnya:

Bahan-bahan yang diperlukan:

  • nori/rumput laut untuk sushi
  • nasi lemper dan isiannya


Sedangkan peralatan yang diperlukan adalah:

  • nori puncher
  • plastik wrap/cling film/plastic foil
  • gunting


Langkah-langkah membuatnya:


  •  Membentuk lemper

Siapkan plastik dan ratakan nasi lemper di atasnya, beri isian di atas nasi kemudian bentuk bulat lonjong dengan bantuan plastik. ukurannya sesua selera saya buat sekepalan tangan.




  • Memotong nori

Potong nori dengan menggunakan nori puncher untuk bagian telinga, hidung, mata dan mulut, atau kalau tidak ada nori puncher bisa menggunting sendiri dengan pola seperti yang terlihat pada gambar di atas.



untuk bagian lengan dan kaki, Gunting nori memanjang. panjangnya bisa diukur dengan melingkarkannya ke lemper yang sudah di bentuk tadi. Untuk bagian kaki tidak sepanjang bagian tangan cukup potongan kecil seperti terlihat digambar.


cara membuat onigir panda

  •  Membuat kawai
Tahap terakhir dengan menempelkan nori yang sudah kita potong dan gunting ke atas permukaan onigiri/lemper. Jika potongannya terlalu kecil bisa menggunaka bantuan pinset.


Setelah bentuk panda terlihat, bungkus kembali lemper dengan menggunakan plastik supaya tidak kering dan tidak menempel satu sama lain.  Lemper siap untuk dibawa sebagai bekal. Plastik dibuka ketika akan disantap.

Di postingan berikutnya akan diperlihatkan bento piknik panda.



Tips:
Sisa potongan nori jangan di buang, bisa dipakai sebagai taburan nasi seperti yang sudah mba ira bahas di postingan membuat nasi ala Jepang.

No comments:

Post a Comment

matched content: