Thursday, April 2, 2015

Cireng Rujak

Cireng alias aci di goreng, aci dalam bahasa sunda artinya tepung kanji. Kebanyakan jajanan khas bandung itu terbuat dari tepung kanji dan biasanya juga singkatan, seperti, batagor baso tahu goreng, Cireng aci digoreng, cimol (aci digemol), gehu (goreng tahu), cilok (aci dicolok), dan sepertinya masih banyak lagi.

Cireng juga bermacam-macam, ada cireng isi aneka macam, seperti isi oncom pedas, tuna pedas. ayam pedas. ayam lada hitam, keju, sosis pedas, baso pedas, kacang tanah, sapi pedas, abon dan lain sebagainya. Biasanya cireng ini di bentuk berbeda-beda sesuai rasanya, misalnya di bentuk bunga, bintang, segitiga daan lain-lain.

Ada juga cireng polos, ini cireng tradisional termasuk asal mulanya cireng, hanya rasa bawang daun tetapi bahan cocolannya atau berkuah bumbu kacang rasanya bisa pedas bisa tidak dan sedikit asam, karena ditambahkan asam jawa.

Ada juga cilung, cireng gulung. bahan untuk membuatnya sama dengan cireng polos hanya bentungnya di gulung dan ditusuk sate, biasanya di jual di mang-mang gorengan di sd atau di kaki lima. Cilung ini juga sama, makannya di celupkan ke dalam bumbu kacang yang encer.

Yang sekarang lagi naik daun adalah rujak cireng , sebenarnya sama aja dengan cireng polos pada umumnya, hanya bahan saus atau cocolannya, yakni bumbu rujak. Saking naik daunnya, rujak cireng ini bisa mudah di jumpai di supermarket dan toko online. Harganya pun lebih mahal jika dibandingkan dengan membeli di pasar atau cireng yang sudah matang di penjual gorengan.

cocolan rujak
Cireng Rujak


















Kalau mau aman, enak dan sehat sih, lebih baik membuatnya sendiri, mudah kok. Tinggal menyiapkan bahan-bahan ini :
- Tepung kanji atau aci
- bawang putih dihaluskan
- garam
- bawang daun iris halus
- air panas
- minyak untuk menggoreng

untuk bahan rujaknya :
- gula merah
- garam
- cabe rawit
- terasi jika suka
- asam jawa

Maaf ya, saat saya membuatnya tidak menggunakan takaran hanya dikira-kira saja.
Cara membuat cireng :
- Taruh tepung kanji dalam baskom, buat bolongan di tengahnya, masukan air panas kedalam gelas, tambahkan bawang putih dan garam, aduk hingga larut. Kemudian masukan air panas dan campuran bawang putih dan garam sedikit ke tengah-tengah tepung kanji, aduk dengan sendok kayu, aduk terus hingga rata. Setelah terbentuk gumpalan kanji yang bening, hentikan penggunaan air. Tambahkan tepung, jika sudah tidak panas, uleni menggunakan tangan. Setelah bisa di bentuk, bentuk bulat menggunakan tangan, tutupi permukaan adonan kanji yang bening dengan tepung, hingga terlihat jabrig. Goreng hingga matang. Lebih enak disajikan saat panas.

Cara Membuat bumbu Rujak :
- Asam jawa rendam dengan air hangat, sisihkan. Masukan semua bahan kecuali asam tadi dalan cobek, ulek kasar, tambahkan air asam. Siap disajikan dengan cireng ataupun buah-buahan.

    

2 comments:

  1. toos ya kita suka cireng...ayooo dee an bikin yg pake bumbu rujak

    ReplyDelete

matched content: