Friday, July 3, 2015

Membuat Adonan Roti Manis Mudah dan Tanpa Mixer

Adonan Roti Manis

Selalu ada hikmah dari sesuatu, kali ini hikmahnya adalah mixer dapur manda yang rusak. Sebenarnya aktivitas atau olah-olah di dapur tidak hanya membutuhkan alat saja, melainkan bahan dan mood *ini versi manda*. Kalau di dbento yang jago bikin kue adalah teh intan *jadi kangen saat-saat dikirim kue-kue hasil olah dapurnya* agak jingkrak jingkrak bisa ikutan posting per-baking-an.

Tiba-tiba di timeline ada postingan menarik tentang membuat roti tanpa diuleni dan menelusur judul yang menggerakkan manda untuk olah-olah di dapur, jalan-jalan ke tulisan mbak Nina di catatan-nin.blogspot.com, ketemulah membuat adonan roti manis tanpa mixer. Membaca bahan dan caranya, seorang pemula dalam membuat roti hanya butuh satu keyakinan bahwa Ya, Saya Bisa!


Berbekal bahan dan cara membuat dari blog mbak Nina, manda berusaha untuk mempraktekkan membuat adonan roti manis yang praktis dan mudah ini. Kenapa praktis? Karena dari judul resep aslinya : tanpa diuleni, dialihbahasakan juga oleh manda tanpa di-mixer. Dalam tulisan manda kali ini, alat sudah disesuaikan dengan yang dimiliki oleh seorang pemula. Oh iya, motivasi harus berhasil bikin adonan ini karena adonan ini bisa untuk bikin roti isi, roti sobek dan pizza. Slurrppp...

Baking with Love


Bahan-bahan

Bahan - bahan Adonan Roti Manis

  • 120 ml susu cair (susu UHT vanila kemasan kecil)
  • 100 ml air (hangat)
  • 40 gr gula pasir diblender (saya pakai 40gr gula halus)
  • 4 gr garam
  • 6 gr ragi instan
  • 260 gr tepung terigu protein tinggi
  • 40 gr tepung terigu protein sedang
  • 30 gr mentega
Menerjemahkan resep ala manda yang kadang-kadang kata panda mengubah resep sehingga hasilnya sering gagal, wkwkwkwk. Tapi kali ini, resep adonan roti manis ini sudah berhasil dipraktekkan di dapur manda kok.

  • 120 ml susu UHT vanila kemasan kecil.
  • 100 ml air hangat, karena pernah baca ragi itu bisa berhasil fermentasinya kalau hangat.
  • 40gr gula halus, karena malas nyuci blender.
  • 6 gr ragi instan (separuh kemasan fermipan 11 gr)
  • 4 gr garam (kalau ketahuan 6gr ragi itu seperberapa sendok teh, maka garam juga ukurannya hampir sama dengan ragi itu)
  • 260 gr tepung terigu protein tinggi (tepung cakra)
  • 40 gr tepung terigu protein sedang (tepung segitiga biru)
  • 30 gr mentega (blue band)

Alat yang dibutuhkan untuk membuat adonan roti manis :

  • sothil kayu, benda ini yang membuat roti manis ini tidak perlu diuleni.
  • timbangan
  • gelas ukur
  • wadah 
  • telenan (alas menggiling)

Cara Membuat Adonan Roti Manis :

 

Bahan Adonan Roti Manis

Hal yang perlu diperhatikan dalam membuat kue adalah ukuran yang tepat sesuai resep, karena berdasarkan pengalaman manda, letak gagalnya membuat kue karena bahan ditimbang tidak sesuai resep *terlalu banyak modifikasi saat pertama kali baking adalah bencana*. Semua bahan dipersiapkan agar langkah-langkah mengaduk adonan tidak ada yang terhenti sehingga mempengaruhi hasil yang diperoleh. Dipersiapkan itu artinya semua bahan ditimbang sesuai ukuran, susu sudah di gelas ukur, air hangat juga sudah siap di dispenser dan mentega sudah siap dilelehkan.

Adonan Tanpa Diuleni

  • Campurkan susu, air hangat, gula halus dan garam ke dalam wadah dan aduk dengan menggunakan sothil kayu, setelah gula halus tidak menggumpal dan bisa bercampur, kemudian masukkan ragi instant ke dalamnya dan aduk sampai benar-benar tercampur rata *tidak ada yang menggumpal*.
  • Diamkan 5 menit. Kalau manda karena lupa hampir 10 menitan kemarin. Ikuti step-stepnya ya biar berhasil nanti adonan roti manisnya.

Tepung Terigu

  • Masukkan tepung terigu (cakra dan segitiga biru), aduk dengan menggunakan sothil kayu. Aduk sampai kalis atau kenyal.
Jujur saat ini manda deg-degan, pernah bikin pakai tepung pizza instant, pernah nguleni adonan donat, dan bagian tersulit adalah menguleni adonan sampai kalis. Eh, dengan sothil kayu dan paduan resep ini, BENERAN BISA kalis dalam waktu yang relatif cepat *kurang lebih hanya 10 menit*

Adonan Kalis dan Basah

  • Setelah adonan bercampur, kalis atau kenyal, masukkan mentega yang sudah dilelehkan dan aduk kembali sampai rata. Adonan akan menjadi sedikit basah dan agak lengket.
 
Proses Fermentasi

  • Tutup adonan dengan serbet kering dan ciprati 2x dengan air di bagian atas serbet. 
  • Proses fermentasi ini dengan mendiamkan selama 20 menit dalam kondisi seperti di atas.
  • Ikuti step-stepnya ya.. Akan ada 3x proses fermentasi untuk membuat adonan roti manis yang sempurna.

Tidak sulit kok, hanya butuh sabar dan mengikuti langkah-langkahnya dengan benar.


Hasil Adonan Roti Manis

  • Setelah 20 menit pertama, dengan tangan yang dibaluri tepung terigu, kempiskan adonan, balik adonan yang tadinya dibawah menjadi di atas, dan bulatkan kembali untuk kemudian dilakukan fermentasi 20 menit kedua.
  • Lakukan sampai 20 menit yang ketiga. Kalau mau berhasil, kudu sabar ya!
 
Tes Hasil

Taraaaaa.. adonan roti manisnya sudah membesar dan siap diolah. Manda mengambil sampel untuk tes kekenyalan, karena pengalaman bikin pakai tepung instant saja ketika digiling adonan akan sobek. Eh, alhamdulillah banget *jingkrak jingrak* dengan telenan yang dialasi plastik, adonan roti manis bisa digiling dan hasilnya kenyal cantik untuk pemula dalam membuat adonan roti manis tanpa mixer.

Yeaaaayyyy..... siap dimasukkan ke dalam kulkas dulu selama 5-6 jam atau bahkan semalaman. Maklum eksekusi resep ini dilakukan sehabis solat tarawih, selamat mencoba juga ya!

14 comments:

  1. Aku biasanya pake segitiga biru aja. Seadanya tepung di rumah. Jadi juga sih, tp memang ga seelastis kalo pke cakra yg proteinnya tinggi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku beneran coba sesuai takaran resepnya, beneran kenyaall.. ayuk dicoba mak.. *_*

      Delete
  2. Waah, ternyata gampang ya. Pernah bikin tapi gagal terus...sampe putus asa. Terus lama nggak bikin2 roti dsb...
    Perlu dicoba nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa mba ika, ayuk dicoba lagi.. takaran dan caranya step by step, in sha Alloh berhasil yaa...

      Delete
  3. Lama banget nyimpen di kulkas, hahaha
    Aku dulu rajin bikin roti manis, isinya macam2 tergantung stok yg ada di dapur. Lihat ini jadi pengen bikin lagi loh Manda

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa mak sulis... sengaja disimpan lama biar awet, hehehehhe.. seru ya ternyata bikin roti manis itu mudah.. *_*

      Delete
  4. Boleh dicoba nih mbak..roti manis

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba inda.. kalau sudah nyoba, berhasil, nagih deh nanti *_*

      Delete
  5. wah asal kudu sabar yaa .. kalau saya ga sabaran .. lama dan banyak banget ya stepnya .. tapi kalau udah biasa pasti bisalah yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa mba nabil... semangaattt intinya, hehehehe...

      Delete
  6. asyiiik nginep di yogya pagi2 sarapan roti hangat ala manda.... yummy...

    ReplyDelete
  7. pengen nyoba deh ima nampak yummii aku ngga punya mixer soalnya hehe...maaf lahir batiin

    ReplyDelete

matched content: