Wednesday, August 5, 2015

Segarnya Kue Tart Buah dari cake Lapis Surabaya Irit Telur

butter cream dan buah beri di atas kue lapis surabaya
Tart lapis surabaya irit telur


Berikut tutorial cara membuat kue lapis surabaya, mulai dari membuat bolunya, hingga meriasnya menjadi sebuah kue tart cantik nan sehat dengan buah-buahan segar. Disertai resep butter krim yang mudah pembuatannya.


Tergolong jarang sekali saya membuat kue lengkap dirias seperti ini. Gara-garanya si uda yang minta dibuatkan kue untuk teman-teman sekantornya beberapa bulan yang lalu. Niatnya sih setinggi langit ingin membuat jajanan pasar khas Indonesia lengkap di atas nampah. Namun apa daya tidak sanggup membuatnya sendiri. Akhirnya beralih ide ke kue tart lapis Surabaya ini yang di hias dengan toping buah-buahan segar.

Untuk teman-teman yang ingin mebuat lapis surabaya yang ekonomis, mungkin bisa coba resep berikut ini. Tapi kalau misalnya malas panggang2 kue, bisa pakai kue lapis surabaya yang sudah jadi, kemudian baru deh di rias sesuka hati menggunakan icing berupa butter krim dan  buah-buahan. Bisa untuk kue ultah atau untuk buah tangan.

Resep kue lapis Surabaya ini sudah sering saya coba, karena emang buatnya lumayan irit telur, tapi rasanya tetap enak dan gak terlalu blenger. Beberapa kali saya coba resepnya Alhamdulillah tidak gagal. Namun ada beberapa perbedaan ketika menggunakan ukuran telur yang tidak sama. Ketika telur yang saya gunakan berukuran L (besar), kuenya lebih ngembang ke atas tapi strukturnya berpori dan hampir mirip kue bolu biasa. Tapi jika menggunakan telur ukuran M kuenya hampir mirip dengan lapis Surabaya biasa yang telurnya berjibun, tetap lembut. Makanya untuk teman-teman kantor si uda saya percayakan kepada resep andalan yang dah anti gagal ini, rasanya juga enak tidak terlalu buat keblenger.

Berapa saat yang lalu pernah liat di grup masak di fb, banyak yang demam bolu Jerman. Ada yang bertanya-tanya bolu jerman seperti apa sebetulnya. Saya sendiri belum pernah coba. Tapi setelah saya lihat resepnya ternyata bahan-bahan yang digunakan untuk membuat bolu Jerman yang lagi naik daun itu hampir mirip dengan kue lapis Surabaya irit telur ini. Bedanya hanya pada takaran bahan-bahannya serta penggunaan Loyang yang lebih tinggi ketimbang lapis Surabaya dan tentunya tidak dilapis-lapis seperti resep ini.




Resep kue tart lapis Surabaya dengan topping buah-buahan

Resep cake kuning dan cokelat lapis Surabaya berikut dimodifikasi dari sedap sekejap.


Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat cake lapis surabaya:



Jumlah bahan cake kuning
Jumlah bahan cake cokelat
Nama bahan
5 butir
5 butir
kuning telur
3 butir
3 butir
putih telur
70 gr
70 gr
gula pasir
35 gr
25 gr
tepung terigu
15 gr
10 gr
susu bubuk
15 gr
15 gr
tepung maizena
-
15 gr
Cokelat bubuk
100 gr
100 gr
margarin saya lelehkan dalam microwave oven
1 sdt
1 sdt
Emulsifier misal TBM atau ovalet
½ sdt
-
vanili bubuk atau ¼ sdt pasta vanilla atau satu bungkus gula vanilli/vanilla zucker
-
¼ sdt
Pasta cokelat, saya pakai pasta moka
-->

Cara membuat cake lapis Surabaya irit telur:

  • Biasanya dibuat 3 lapisan, dua lapisan untuk warna kuning dan satu lapisan warna cokelat di tengah. Setiap lapisan bisa dikocok terpisah. Misal untuk lapisan kuning dan cokelat dikocok secara terpisah. Atau bisa juga disatukan kemudian nanti dibagi menjadi 3 adonan.
  • Kocok gula dan telur hingga mengembang.
  • Sambil menunggu adonan kembang, bisa mulai memanaskan oven dan mengolesi Loyang dengan mentega dilanjut dengan menaburi terigu secara merata supaya kue tidak lengket. Atau mudahnya dengan meletakan kertas roti saja di atas loyang. Loyang yang digunakan baiknya yang ukuran 22 cm x 22 cm x 3 cm(pxlxt).
  • Masukan tepung terigu, tepung maizena, susu bubuk aduk hingga rata. Untuk membuat lapisan cokelat, pada tahap ini juga dimasukan bubuk cokelat dan pasta moka nya.
  • Masukan margarin yang sudah dicairkan, aduk perlahan-lahan hingga rata dengan spatula.
  • Tuangkan adonan ke dalam Loyang.
  • Panggang dalam oven pada suhu 160°C selama 20 menit.
  • Angkat dan dinginkan.


Bahan-bahan yang diperlukan untuk merias kue lapis surabaya irit telur:
  • Selai strawberry
  • Gula halus
  • Buah-buahan dari jenis beri atau buah buni seperti strawberi, raspberry, blueberry atau buah-buahan kesukaan lainnya yang rasanya segar
  • butter cream




Resep Butter Cream

Butter Cream yang digunakan untuk menghias lapis Surabaya  resepnya seperti berikut ini, untuk tart seperti di atas dibutuhkan bahan-bahan seperti berikut ini:


100 gr putih telur yakni sekitar 3 butir putih telur ukuran sedang
100 gr gula pasir putih
Secubit garam
200 gr butter atau mentega putih (terbuat dari lemak nabati) dalam suhu ruang
Vanilla essence atau bisa juga diganti dengan berbagai rasa dan pewarna missal, rasa kokopandan berwarna pink atau rasa moka berwarna kecokelatan.


Cara membuat butter cream:

  • Kocok gula pasir dan putih telur dengan kecepatan tinggi. Beri secubit garam. Kocok hingga gula larut dan massa telur halus tidak berpasir. Bentuk kocokannya seperti kocokan untuk meringue. Warnanya putih dan lembut.
  • Setelah putih telur kaku dan lembut, masukan butter atau mentega putih yang sudah dipotong-potong kecil. Kemudian kocok lagi dengan mixer kecepatan tinggi hingga kaku tapi lembut seperti krim dan tercampur rata.
  • Masukan vanilli atau pasta moka dan aduk hingga rata.
  • Butter cream siap digunakan.


Cara merias tart buah lapis Surabaya:

  • Tumpuk lapis Surabaya satu persatu. Bagian dasar berwarna kuning, diolesi dengan selai strawberi secukupnya, kemudian tumpuk dengan bagian cokelat sebagai lapisan kedua, olesi lagi dengan selai strawberi permukaan atasnya kemudian beri lapisan kue terakhir yang berwarna kuning.
  • Rapihkan tumpukan dengan menggunakan pisau tajam, kikis pinggirannya jika tidak rata.
  • Beri butter cream dipermukaan luar lapisan secara merata.
  • Beri potongan buah-buahan di atasnya. Susun supaya cantik. Kemudian taburi dengan tepung halus sesaat akan disajikan.


-->

4 comments:

  1. Replies
    1. sama dong penggemar lapis surabaya juga, klo di indo bisa tinggal beli di tokopedia pula.

      Delete

matched content: