Monday, October 5, 2015

Resep Kue Apel Streusel




Kue Apel streusel Jerman ini mudah dibuat, cara bisa diikuti seperti video di atas. Baca juga resep lengkapnya disini berikut tips-tips yang pastinya manfaat supaya buat kuenya sukses jaya.


🍎 🍎 🍎 🍎 🍎

Musim gugur sudah menyapa wilayah Eropa. Daun-daun berganti warna dan berguguran. Suhu sudah mulai turun. Ingin selimutan aja bawaannya, sambil minum yang hangat-hangat dan ngemil kue-kue enak. Selain cuacanya yang khas, awal musim gugur juga terkenal dengan musim buah-buahan seperti apel yang matangnya pas untuk dipanen.

apel cinta untuk kue jerman
Apel cinta

Masih ingat dengan bekal apel cinta? Apel cintanya nongol lagi di video di atas. Waktu itu kami bisa panen, petik apel sendiri sepuasnya di kebun apel. Sampai kebingungan apelnya mau digimanain. Kali ini ada solusi lain untuk menikmati apel dengan membuatnya menjadi kue.

Kue streusel  adalah salah satu kue yang terkenal di Jerman atau dalam Bahasa jerman disebut Streuselkuchen. Ciri khas dari kue streusel ini adalah adonan teratas yang dibuat seperti remah-remah kemudian ditaburkan dipermukaan atas kue. Taburan inilah yang disebut dengan streusel. Ketika matang streusel ini jadi renyah, dipadu dengan segarnya rasa buah dan lembutnya kue bolu didasarnya.

Baca sejarahnya di Wikipedia, kue streusel pertama kali dibuat di abad ke 19 di daerah eropa tengah bernama Silesia (termasuk Jerman saat ini). Kue tersebut terkenal dan menyebar luas menjadi kue yang sering dibuat di rumah-rumah maupun pada acara tertentu seperti Kirmes (acara keagamaan), panen raya atau pernikahan. Pada awal abad 20 kue ini pun menjadi terkenal di daerah Rheinland. Tapi uniknya, di daerah ini lazim menyajikan streuselkuchen ketika acara pemakaman, hingga kue ini disebut kue pemakaman, Beerdigungskuchen.

Saya pribadi, tergolong jarang banget, mungkin hampir dikategorikan tidak pernah membuat kue-kue jerman. Selama tinggal di sini kami selalu kangen dengan cita rasa Indonesia, jadi biasanya lebih semangat membuat kue-kue Indonesia. Selain itu, mungkin karena kue jerman tinggal beli aja kali yah, di dukung oleh tetangga yang pinter buat kue, jadinya motivasi semakin melorot. Tapi kali ini edisi khusus masak-masak bersama sekumpulan ibu-ibu muda di Aachen yang ingin belajar membuat kue khas tradisional jerman. Dengan diajari oleh tante Anna Sie yang sudah berpuluh-puluh tahun tinggal di jerman. Terimakasih tante Anna untuk resepnya. Juga ibu Shanie yang sudah menyediakan tempat.

zwetschge kue streusel
Buah zwetschge bisa juga dibuat kue streusel

TIPS: Menurut tante anna, selain apel, buah-buahan lain juga bisa di buat kue streusel. Misalnya dimodifikasi dengan buah cherry, plum, zwetschge (sejenis plum tapi ukurannya kecil), buah Persik. Untuk buah persik lebih enak kalau menggunakan kalengan, jelas tante Anna. Buah kalengan dibuang airnya dan dikeringkan dulu dengan tissue dapur sebelum masuk ke dalam loyang. Selain itu gunakan buah yang kandungan airnya tidak terlalu banyak sehingga tidak akan membuat becek adonan. Buah seperti apel baiknya di cuci dulu baru dikupas dan dipotong-potong tanpa dicuci lagi. Jika dicuci setelah dipotong-potong, akan banyak air yang bisa membasahi adonan kue dibawahnya.

Membuat kue Jerman tidak terlalu jelimet seperti kue tradisional di Indonesia. Rata-rata pengocokannya juga berlangsung cepat. Bahkan tanpa alat mixer /hanya dengan kocokan tangan pun bisa tetap sukses. Adonan telur tidak perlu dikocok hingga mengembang, cukup dikocok asal semua bahan bisa tercampur rata. Kue-kue jerman memang hasilnya tidak terlalu ngembang. Resep yang irit telur membuat teksturnya tidak terlalu lembut (jangan bandingkan dengan bolu2 jepang ya). kadang bisa bikin efek mengenyangkan saking kerasnya. Tapi resep yang ini bolunya lebih lembut dari biasanya, rasanya manis gurih dan bagi pencinta kue pasti suka. Apalagi disantap hangat ketika masih beruap, top banget. Ini dia resep asli dari tante Anna.


cara membuat kue jerman apel streusel
Kue apel streusel

🍎 Kue Apfel Streusel 🍎


  • 3-4 apel segar, yang enak kalau apelnya manis tapi masih ada rasa asam asamnya. Jadi lebih segar rasa kuenya.
  • 3 butir telur
  • 150 gr gula pasir
  • 150 butter atau bisa juga diganti dengan margarin. Suhu ruang, kalau diambil dari kulkas tunggu hingga dinginnya hilang. Kalau terlalu dingin nanti tektrunya lebih keras dan susah dikocok.
  • 200 gr tepung terigu
  • 15 gr backing powder
  • 2 pak kecil gula vanili
  • 1 sdm susu tawar (optional, dibutuhkan kalau adonan terlalu kental)
  • ½ sdt garam (optional, supaya ada gurihnya)

Streusel:


  • 100 gr terigu
  • 100 gr butter/margarin
  • 75 gr gula pasir
  • 1.5 sdt cinnamon/kayu manis bubuk
  • Taburan lainnya: irisan kacang almond (optional)


Cara membuat kue jerman apel streusel (lihat video di atas):

Masukan gula, butter, gula vanilli aduk hingga rata, dan tekstur gula hilang.

Masukan telur satu persatu sambil dikocok. Kocok hingga semua adonan tercampur rata dan sedikit ngembang.

Masukan terigu sedikit demi sedikit ke dalam adonan, diikuti oleh backing powder, garam (jika perlu). Kocok hingga teraduk rata.

Sementara itu, kupas apel, buang tengahnya dan iris sesuai selera. Kalau bisa tidak terlalu tipis mengirisnya. Supaya apelnya lebih terasa dimulut. Kalau menurut saya yang di video lebih tipis.

Setelah adonan selesai dibuat, adonannya akan kental banget, kalau perlu tambah susu cair, tapi kami tidak pakai.

Masukan adonan ke dalam Loyang yang sudah dilapisi kertas roti dan pinggirnya diolesi margarin. Ratakan.

Susun irisan apel, satu persatu di atas adonan.

Untuk membuat adonan streusel, cukup mencampur semua bahan kemudian aduk dengan mixer sebentar, kemudian remas-remas menggunakan tangan.

Letakan streusel di atas tumpukan apel hingga tertutup rata.

Terakhir taburkan irisan almond di atasnya

Kemudian panggang selama 45-60 menit pada suhu 160°C -170°C. Lakukan test tusuk, untuk memastikan bahwa kue sudah matang.

Setelah matang, angkat dan bisa disajikan hangat-hangat. Bisa juga atasnya ditaburi dengan gula tepung atau di tutup dengan icing. Saya lebih suka menikmatinya dengan semprotan whipping cream.


Menurut tante Anna, lebih enak kalau dimakannya esok hari. Tapi saya malah lebih suka ketika hangat-hangat langsung dimakan. Jadi sesuai selera aja ya.

Selamat mencoba dan selamat menikmati.

2 comments:

matched content: