Friday, January 22, 2016

Resep bakso kenyal dan gurih alami

resep dan cara membuat bakso kenyal gurih
cara membuat bakso

Resep bakso yang ini rasanya kenyal dan gurih meski tanpa tambahan penyedap rasa. Resep favorit kami di rumah dan juga termasuk hidangan terpopuler. Bagaimana cara membuatnya? Simak yuk trik dan tips yang mudah-mudahan bermanfaat tuk para penggemar bakso dimanapun berada.

Hampir 9 tahun hidup jauh dari tukang bakso, saya berevolusi dari amoeba yang ileran bayangin bakso hingga akhirnya jadi tukang bakso (tapi gak pakai dorong gerobak ya hehehe). Perjalanan hingga resep ini lahir cukup bersejarah. Niat awalnya asal jadi, hanya sebagai pengobat kangen saja. hingga akhirnya timbul rasa penasaran untuk membuat bakso yang rasanya percis bahkan mengalahkan bakso yang dijual di Indonesia.

Beberapa tahun yang lalu kenalan dengan mbok piti (mba fitri) yang terkenal jago masak di Austria. Saya coba resep baksonya dan berhasil. Pernah coba juga beberapa resep lain dengan menggunakan tips dari mbok piti. Hingga lahir resep yang di share di bawah ini. Resep ini rasanya sudah maksimal di lidah kami. Karena Hasilnya selalu buat ketagihan, tidak hanya untuk keluarga saya, tapi teman-teman juga banyak yang jadi penggemarnya. Makasih mbok piti untuk ilmunya.

Cerita berlanjut. Setelah sekian tahun bisa buat bakso kemudian pulang ke Indonesia dan menyantap bakso di sana. Sedikit kecewa, karena rasanya benar-benar enak akibat boosting penyedap rasa. Tapi mungkin itu kali yah rahasianya, supaya tetap untung tapi rasanya enak. Beberapa bakso di Indonesia juga kenyalnya kriuk dan garing banget ya. Saya sudah coba berbagai resep, tapi ternyata kenyal yang garing itu hanya bisa didapat karena efek bahan kimia. Orang menyebutnya pengenyal, saya sendiri gak tahu komposisinya apa.

Bagi saya resep bakso berikut ini masih kenyal tidak perlu bahan kimia tambahan. Selain itu rasanya enak, yang pasti baksonya sehat, apalagi homemade yang dibuat dengan cinta (wew lebay).


Cara menghaluskan daging

Salah satu alat yang dibutuhkan untuk membuat bakso adalah alat penggiling daging. karena untuk bakso yang enak perlu menggiling daging sehalus mungkin. Jika menggunakan gilingan daging (fleisch wolf), giling berulang-ulang hingga lembek dan halus.

Gilingan yang khusus daging bisa dicari di sini, silahkan klik link berikut: gilingan daging. saya pribadi tidak punya alat giling daging, lebih suka menggunakan food processor.  di link tadi bisa juga di cari food processor. alat ini penting supaya bisa membantu menghaluskan. Kalau dagingnya tidak halus maka baksonya juga tidak akan halus, dan kemungkinan teksturnya beda. tapi seperti biasa, kalau pun tidak punya alat ini masih bisa diakalin. hanya saja butuh waktu dan tenaga lebih. Lihat dua cara menghaluskan daging di video di bawah.
Alternatif lain minta tukang daging untuk mengiling dagingnya.


Pengenyal alami

Bakso sapi biasanya hanya terdiri atas daging sapi saja. Tapi untuk bisa jadi kenyal alami tanpa bahan kimia, tergantung dari kesegaran daging, kandungan air dan lemak si daging tersebut. Nah supaya tidak trial and error, tipsnya dengan menambahkan daging ayam (anti gagal kalau ditambah ayam). Ayam bisa membuat tekstur adonan lebih bagus selain itu menambah rasa gurih secara alami. Untuk hasil yang maksimal gunakan daging sapi/ayam yang segar.

Perbandingan ayam dan sapi yang digunakan beraneka ragam. Saya sudah coba tiga macam perbandingan berikut (1:1) (1:4) dan (2:3). Hasilnya sama-sama enak tapi tingkat kekenyalannya berbeda.

Seperti yang terlihat di video di bawah, bakso 1:1 warnanya lebih putih, lebih mulus, tapi rasa kenyalnya kurang. Sedangkan yang 2:3 itu lebih kenyal dan gurihnya pas. Bakso 1:4 warnanya lebih gelap, gurihnya kurangan sedikit dan permukaannya kurang mulus, tapi kenyalnya maksimal. Jadi teman-teman silahkan coba sendiri yang mana yang menurut lidahnya pas ya.

Rahasia lain untuk membuat bakso kenyal, adalah dengan menggunakan tepung tapioca (kalau yang ini udah bukan rahasia kali ya). Tanpa tepung ini bakso tidak akan sekenyal yang diinginkan. Selain itu ditambahkan juga putih telur yang fungsinya selain membuat kembang si bakso juga menambah kekenyalan.

Perlakuan panas dan dingin bisa membuat tekstur baksonya jadi lebih gempal. Ada yang mengadonnya dengan menggunakan air es. Tapi di resep ini, saya tidak menambah air kedalam adonan. Perlakuan ini diganti dengan menyimpan adonan di dalam kulkas beberapa jam hingga dingin. Ini tips yang saya dapat dari mbok piti waktu itu. Selain itu ada juga tips dari Airin (tetangga) katanya menggunakan daging yang masih setengah beku yang langsung digiling.

Tapi kadang saya malas untuk menunggunya dingin di kulkas dan langsung memasak adonan, tekstur baksonya memang berbeda sedikiiiiit. Tapi bagi suami saya perbedaan itu tidak signifikan.


Penyedap rasa alami

Selain ayam yang membuat baksonya gurih, adalah tambahan bumbu halus. Ada dua jenis bumbu halus yang bisa digunakan. Saya bahas karena saya bingung mo tulis yang mana di resep. Saya suka dengan dua-duanya. Ini masalah selera masing-masing.

  • bawang putih segar: sering saya pakai karena lebih praktis. Cukup dengan menghaluskannya.
  • bawang merah goreng juga bisa membuat rasa baksonya enak, diulek halus dengan bawang putih goreng. Atau hanya salah satunya, sesuai selera.






***************************

Resep Bakso kenyal dan gurih

Bahan-bahan:

  • 500 gr total daging sapi giling dan daging ayam, perbandingan nya sesuai selera : (250 gr ayam + 250 gr sapi /giling), (100 gr ayam + 400 gr sapi) atau (150 gr ayam + 350 gr sapi) 
  • 2 siung bawang putih dihaluskan (3 sdm bawang putih goreng dan 2 sdm bawang merah goreng yang dihaluskan) 
  • 2 butir putih telur
  • ½ - 1 sdm garam
  • 8 - 10 sdm tapioka/sagu
  • ½ sdt merica bubuk
  • 2 sdt backing powder




Video cara membuat  :


Silahkan klik gambar di atas untuk memainkan videonya


Deskripsi cara membuat :
  • Haluskan daging sapi dan daging ayam, bisa dengan food processor. Kalau tidak ada, daging bisa dicincang hingga halus dengan pisau kemudian diulek/ditumbuk (seperti di video). 
  • Haluskan juga bumbu bawang, aduk bersama dengan daging. 
  • Setelah semua halus, tambahkan bumbu lainnya seperti, garam, merica, backing powder, putih telur, dan tepung tapioka/tepung sagu hingga rata. Kalau pakai tangan remas-remas hingga semua betul-betul tercampur rata. 
  • Masukan dalam kulkas beberapa jam hingga adonan dingin. 
  • Panaskan air dalam panci, lebih enak kalau menggunakan air kaldu. 
  • Bulatkan bakso satu persatu dengan bantuan tangan dan sendok (lihat video). 
  • Setelah itu, langsung cemplungkan ke dalam air yang sudah panas, tunggu hingga mengapung. Setelah mengapung langsung angkat.

Jika ingin membuat kuah baksonya sendiri, asli dari kaldu sapi tanpa msg, silahkan lihat video berikut:


Selamat mencoba. Semoga bermanfaat ^_^

2 comments:

  1. Wah, baksonya sepertinya enak ya kak? tuh misal kalau daging semua pasti enak lo mbak, nggak ada campuran daging ayamnya. Biasanya kalau buat sendiri lebih enak di banding beli, kan bahan - bahannya bisa memilih sendiri mau menggunakan yang segar apa yang sudah layu. Dan bahan - bahannya bisa di buat sebanyak mungkin :-)

    ReplyDelete

matched content: