Wednesday, January 27, 2016

Cara Mudah Menanak Nasi Merah Bersama Nasi Putih

Menyajikan hidangan yang sehat, tentunya berusaha untuk mengganti nasi putih menuju ke nasi merah. Hayoo di sini siapa yang masih merasakan ribetnya memasak nasi merah, ribet di sini karena kadang-kadang nasi yang dimasak semuanya menjadi nasi merah. Padahal pas mau makan, seleranya kok tetiba berubah jadi nasi putih. hiks alhasil nasi merahnya nggak kemakan. Senengnya berada di jaman apa-apa mudah mendapatkan sharing dari banyak tempat, seperti cara memasak nasi merah yang terpisah di rice cooker.  Alhasil berhasil membuat nasi merah dimasak terpisah dari nasi putih, sehingga untuk pemula bisa mencoba nasi merah dengan porsi menyesuaikan dengan lidah dan kapasitas perut ya. Karena nasi merah lebih mengenyangkan dibanding nasi putih.

Rice Cooker

Di tulisan sebelumnya, ada hidangan yang menurut manda bisa banget dicoba di dapur manda. Hidangan iga sprite dengan pokcoy yang terasa enak di lidah dan pas banget buat cemilan sayuran. Waduw lagaknya nyemil sayuran, hehehe.

Iga Sprite Pokcoy Ala Maple Tree

Nah, selang beberapa hari belanjalah manda ke pasar tradisional demi belanja pokcoy yang masih segar dan ingin memasak ala restoran yang kemarin dicoba enak sekali. Beberapa ikat pokcoy pun dibawa ke rumah dan siap dibersihkan. Sekalian berbagi tips dapur manda dalam menyimpan sayuran, seluruh sayuran yang akan masuk ke dalam kulkas sebaiknya dicuci bersih dan masuk ke dalam kulkas dalam posisi sudah kering.

Apa jadinya jika sayur-sayuran masuk ke dalam kulkas dalam keadaan basah? Sayur-sayuran akan menjadi cepat busuk dan kesegarannya berkurang.

Mencuci Sayuran

Mencuci sayuran dilakukan dalam keadaan air mengalir dan setiap helai sayuran dibilas agar ulat-ulat kecil yang kadang masih menempel bisa larut bersama air. Untuk beberapa jenis sayuran, saya memilih untuk merendamnya terlebih dahulu setelah dipotong-potong, seperti sawi putih, buncis, kangkung, bayam, kubis, kol putih, brokoli dan sawi hijau. Sayur-sayuran tersebut rentan dengan ulat sayuran yang kadang kecil dan kadang besar menempel di sela-sela daunnya. Cirinya biasanya, daunnya berlobang seperti gigitan gigi ulat.

Bahan Sederhana

Bahan-bahan yang disiapkan, diantaranya :
  1. Bawang putih yang digeprek lalu dipotong.
  2. Saos Teriyaki atau kikko-man sudah cukup.
  3. Kalau tidak adam bisa kecap manis dan kekcap asin dicampur atau tambahkan kecap ikan sedikit.
  4. Garam dan gula pasir.
  5. Minyak goreng 1 sdm.
Cara Memasak Pokcoy :
  1. Siapkan minyak untuk menumis dan gunakan api kecil.
  2. Masukkan bawang putih dan tunggu sampai baunya harum dan warnanya kecoklatan.
  3. Tambahkan air sedikit agar sayuran yang masuk bisa terendam.
  4. Masukkan sayuran yang sudah dicuci bersih.
  5. Tambahkan saus teriyaki atau kecap manis dan kecap asin kedalamnya.
  6. Tambahkan garam dan gula pasir.
  7. Cicipi dan sesuaikan dengan selera lidah keluarga.
Sepertinya untuk jenis sayurannya tidak perlu terpaku pada pokcoy, mungkin bisa diganti sesuai sayuran yang dijumpai di tempat masing-masing, atau sesuai selera sayuran keluarga. Seperti halnya baby buncis, kalau dimasaknya tidak terlalu lama, maka rasa buncisnya akan manis dan renyah ketika dicemil.
Cemilan Pokcoy Siap Menemani Makan Malam

Untuk bisa mengurangi asupan nasi pada saat makan malam, sebaiknya nikmati cemilan sayur dan buah diawal sehingga perut akan terasa kenyang dan asupan nasi bisa dikurangi secara perlahan. Buah yang dianjurkan untuk dikonsumsi agar mengenyangkan adalah pisang, apel dan pepaya. Mari mencoba untuk bergaya hidup sehat ya. Semoga kesehatan untuk kita semua.

Sehat yang berawal dari dapur.

No comments:

Post a Comment

matched content: