Thursday, April 23, 2015

Mudahnya membuat Bento Kyaraben

   Baru 2 atau 3 kali saja sepertinya saya membuat bento charaben, itupun membuatnya menggunakan cetakan dan sangat sederhana. Jauh sih dari kata charaben yang sebenarnya, tapi bagi saya bento menggunakan ekspresi saja sudah charaben. Ya, bagi saya bento dengan hiasan mata mulut saja sudah charaben, hehe... tapi ternyata saya bisa membuat ini niih hasilnya.....


mudah membuat bento kyaraben
 Bento Kyaraben 




Susah-susah gampang ternyata membuat bento charaben dengan bentuk tertentu. Seperti ketika saya mengikuti salah satu kursus bento yang diadakan oleh komunitas ibu dan anak dibandung hari minggu yang lalu. Saat melihat peragaan tutorialnya sepertinya mudah, tapi pada prakteknya butuh kesabaran dan latihan membuat sepertinya.

 Alat yang dibutuhkan hanya gunting (bawa dari rumah), tusuk gigi dan sedotan bulatan kecil. Sedangkan bahan-bahan yang disediakan panitia berupa, nasi putih, saus tomat, spaggeti kering, nori, wortel yg sudah direbus, selada keriting, telur puyuh yg sudah direbus dan diwarnai dengan kunyit, kaki naga yang sudah digoreng, mie goreng, keju lembaran, roti tawar bulat, kismis, meses, mentega, dan box bento yg terbuat dari plastik.
Bahan disediakan panitia
bahan-bahan yang disediakan 


Kami peserta, awalnya di minta untuk memperhatikan saat pengajar mempraktekan dan mencontohkan cara-cara membuat bento charaben. Yang pertama diajarkan cara membuat kepala panda, kemudian kepala tikus, lebah smile, panda isi meses dari roti, 2 lembar plastik untuk mencetak nasi dan roti dan hiasan bunga dari wortel.

Setelah itu, kami para peserta diminta untuk menduplikasi bento seperti yang sudah di ajarkan tadi. Pertama, saya membuat panda dari nasi putih, nasi dikepal, dibuat bulat kemudian di buat bentuk cinta. Terlihat mudah, tapi bagi saya yang baru pertama kali, membuat nasi padat dan tidak buyar saat di bentuk itu memerlukan waktu. Setelah berhasil, dilanjutkan dengan membuat nasi dibentuk bulatan lebih kecil dua buah untuk telinga si panda. Nori digunting segi delapan untuk membungkus telinga si panda, nori juga di bentuk bulat oval untuk mata panda dan mulutnya. Cetak keju lembaran untuk mata putih panda dengan sedotan. Nah, tinggal alasi box bento dengan selada keriting, letakan nasi putih yg sudah dicetak bentuk cinta, tusukan bulatan kecil yang sudah dibungkus nori dengan batang spaghetti. Tutupi tempat yang masih kosong dengan mie goreng, dan kaki naga goreng.

Sekarang membuat kepala tikus, untuk mendapatkan warna merah muda, nasi putih dicampur dengan saus tomat, aduk rata. Masukan nasi yang sudah di warnai kedalam plastik, padatkan dan bentuk segitiga, harus padat betul supaya nasi tidak buyar, saya memelintir plastiknya beberapa kali. Untuk telinganya, buat bulatan nasi kecil-kecil sebanyak 2 buah. Gunting nori menyerupai kumis, mata, dan hidung. Tara sudah jadi tikusnya.

Untuk membuat lebah, sangat mudah sekali, siapkan telur puyuh yang sudah di rebus dengan kunyit, potong nori lurus tipis sebanyak 2 buah, cetak menggunakan puncher mata dan mulutnya, untuk tanduk kecilnya pasangkan spaggeti 2 buah dan untuk sayap bisa menggunakan almond panggang, sayang kali ini tidak.

Terakhir membuat kepala anda dari roti, pertama, roti tawar yang berbentuk bunda digunting bagian pinggirannya. Bagian pinggirannya dipotong kecil-kecil letakan dalam bento box sebagai alas kepala pandanya. Roti yang sudah dibuang pinggirannya olesi dengan mentega, rata dan menyeluruh, isi dengan coklat meses, bulatkan dengan menggunakan plastik, padatkan supaya isiannya tidak buyar. Setelah berbentuk bulatdan tertutup, pasangkan mata dan mulutnya dengan nori. Untuk telinganya, tusuk kismis yang sama besar dengan spaggeti dan pasangkan dengan bulatan roti tadi, jadi deh….
Ternyata kalau sering praktek bikin membuat bento charaben tidaklah susah….
Buktinya saya bisa…. 
                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                      

4 comments:

  1. iya niih...jamu tradisional... akhirnya bisa...

    ReplyDelete
  2. horeee ikut senag... buatan pertama aja dah kiyut, apalagi yan gberikutnya te.. ditunggu kreasi berikutnya

    ReplyDelete

matched content: