Sunday, June 5, 2011

Cara Membuat Temari Sushi, memanfaatkan sisa filet salmon asap

Filet ikan salmon asap biasanya tidak bisa disimpan lama-lama. Setelah dibuka dari kemasan harus segera dihabiskan dalam hitungan hari, meskipun disimpan dalam kulkas. Padahal, biasanya filet ini saya pakai hanya untuk sarapan saja, teman makan dengan roti kegemaran si uda, seperti bekal ikan salmon di postingan yang lalu (lihat bekal sarapan dan roti ikan salmon). Jika kepepet waktu kadaluarsa, suka bingung menghabiskannya. Tapi kali ini ada trik untuk membuat ikan salmon ini laris dalam sekejap, yakni dibuat temari sushi.

Temari sushi atau temari-zushi adalah sejenis sushi yang berbentuk bulat. Bahan-bahannya sama seperti membuat sushi lainnya tetapi nasinya dibentuk bulat. Saya memperoleh trik cara membuatnya dari blognya annathered.com, silahkan ditengok di sana untuk melihat cara aslinya. Yang saya posting kali ini ala Indonesia, dimodifikasi sesuai selera pribadi.

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat temari sushi adalah nasi dan lauk yang bisa bermacam-macam, misalnya ikan mentah seperti salmon, tuna, udang, alpukat, telur orak arik, dll. Kali ini saya hanya menggunakan salmon sisa sarapan si uda. Salmon tersebut sudah diasinkan dan diasap, jadi sudah memiliki rasa.

 

Mbak ira sebelumnya pernah posting bagaimana cara memasak nasi ala Jepang. Selain itu bisa juga dilihat postingan tips membuat nasi sushi. Sedangkan membuat nasi sushi berdasarkan tipsnya annathered, sekitar 2 cangkir (cangkir rice cooker) beras dimasak dan hasilnya dicampur dengan larutan cuka (2,5 sdm), garam (1 sdt) dan gula (1 sdm + 1 sdt) ketika masih panas. Ada juga blog lain memasak nasinya dengan menggunakan bumbu dashi. Tetapi kali ini saya hanya menggunakan nasi pulen biasa yang diberi secubit garam.

Potong-potong filet ikan salmon menjadi beberapa bagian,
 
 Ambil nasi dan taruh di atas plastik, sekitar 1-2 sdm (tergantung selera ukuran yang dikehendaki) 

Dengan bantuan plastik, nasi dibuat bulat

 setelah itu simpan potongan salmon asap di atas plastik

letakan nasi yang sudah bulat tadi di atas salmon,
nasi bisa juga langsung diletakan di atas salmon dan dibulatkan bersamaan,
 
 kemudian bulatkan kembali dengan  plastik sampai salmon menempel di atas permukaan nasi.


 Temari sushi 'alakadarnya' siap saji. Mudahkan?

No comments:

Post a Comment

matched content: