Friday, January 27, 2012

Menghias Bento Tanpa Alat Khusus

Menyusun makanan dalam bento untuk dijadikan bekal, sungguh menyenangkan. Melihat mata anak-anak berbinar melihat bekalnya yang unik dan lucu, adalah kebahagian. Apalagi melihat mereka melahap bekalnya dengan lahap. Tentunya kebahagian tersebut menjadi berlipat-lipat.



Ada banyak cara untuk membuat isi bekal anak terlihat lebih menarik. Cara relatif mudah dan praktis, adalah dengan menggunakan aneka pernak-pernik bento yang telah tesedia di pasaran. Beberapa contoh kami tampilkan di buku ini. Cetakan nasi onigiri, cetakan telor sehingga membentuk hati, mobil dan kepala binatang, cetakan sosis, wadah saus/sambal/kecap lucu, pembatas makanan, dan puluhan atau bahkan ratusan jenis pernak-pernik bento lainnya.

Akan tetapi, tak semua orang bisa mendapatkan peralatan menghias bento tersebut dengan mudah. Di banyak tempat, alat-alat tersebut tak bisa ditemukan. Dan meski di Indonesia sudah banyak toko-toko bento online bermunculan, ada satu masalah lainnya. Yakni, alat-alat bento yang dijual tidaklah murah.

Bagi mereka yang sulit mendapatkan perlengkapan bento, tak perlu berkecil hati. Menghias bento bisa dilakukan tanpa alat khusus. Hanya dengan peralatan dapur biasa, seperti pisau, cetakan, kue, sedotan, dll, kita dapat membuat bento menjadi lebih menarik. Untuk itu, ada beberapa teknik yang perlu diperhatikan dan dipelajari untuk membuat bento tanpa alat khusus ini.


1. Teknik Memotong
Cara memotong yang berbeda akan menimbulkan efek yang berbeda pula bagi bahan makanan yang dipotong. Wortel yang dipotong dipotong menyamping tentu berbeda hasilnya dengan potongan menyerong. Sayuran padat seperti wortel dan mentimun bisa dipotong sesuai selera. Misalnya saja berbentuk hati, bintang, daun atau bunga. Teknik memotong tingkat lanjut bahkan bisa menghasilkan bunga dan aneka bentuk lainnya dari berbagai sayur, buah dan sosis. (Contoh foto kreasi apel)

2. Teknik Menata
Sebuah bento bukanlah hanya sekumpulan makanan yang ditumpuk menjadi satu dalam sebuah wadah. Dalam sebuah wadah bento, makanan disusun dan ditata dengan rapi agar terlihat menarik. Nah teknik ini hanya perlu dipelajari serta dipraktikkan. Tak perlu alat bento khusus untuk itu.

3. Komposisi Warna dalam Bento
Selain menata, sebaiknya kita memperhatikan komposisi warna dalam sebuah bento. Usahakan agar isi bento terlihat berwarna-warni, sehingga terlihat dengan cantik. Ada yang berpatokan, minimal harus ada lima warna berbeda. Warna-warni bento dapat kita ciptakan dengan memilih aneka sayuran, buah-buahan serta bahan makanan lainnya. Sebaiknya menggunakan bahan alami, agar bento tak hanya cantik, namun juga menyehatkan tubuh.

4. Cetak-mencetak Tanpa Alat Bento
Di pasaran, banyak beredar berbagai alat untuk mencetak bahan makanan. Yang paling sering digunakan adalah pencetak onigiri (nasi kepal/nasi cetak) dan cetakan telur. Onigiri bisa dicetak secara manual dengan menggunakan alas plastik pembungkus. Bila sering mempraktikkan, kita akan terbiasa mencetak onigiri hingga membentuk segitiga, kotak, serta bulat atau bundar untuk membuat karakter muka, binatang, dsb. Untuk telur, salah satu yang memungkinankan adalah mencetaknya hingga berbentuk bulat. Namun ditambah teknik memotong, telur akan bisa dikreasi menjadi aneka bentuk.

Beberapa contoh kreasi bento tanpa alat khusus bisa dilihat disini.

No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah mampir ke blog kami. Jika teman ingin mengutarakan pendapat, pertanyaan saran, kritik silahkan jangan malu-malu untuk menulisnya di sini.

Salam Bento Mania