Thursday, October 31, 2013

Kue Dorayaki


Resep kue dorayaki ini saya dapat dari mbak erna sewaktu masih di Aachen dulu. Cara membuatnya ternyata mudah dan bahannya selalu tersedia dirumah. Makasih ya mbak erna resepnya....
Yang mau buat dirumah untuk mengisi libur panjang minggu ini silahkan ya...
Bahannya :
 - 300 g tepung terigu serbaguna
 - 2 sdm gula pasir
- 1 sdm Madu
 - 1 sdt baking powder
 - 1 sdt garam
 - 4 butir telur ayam, kocok lepas
 - 75 g mentega tawar, lelehkan
 - 250 ml susu cair
 - 1 sdt margarin untuk mengoles

Bahan Isiannya :
100 g kacang merah kering, rendam ± 3 jam, tiriskan
150 ml susu cair
50 g gula pasir

Cara Membuat bahan Isian: Rebus kacang merah hingga lunak, angkat, tiriskan, haluskan. Masak kembali sambil tambahkan susu cair dan gula pasir, masak hingga kental, angkat. Sisihkan.

Cara Membuatnya Dorayakinya:
Campur tepung terigu, gula pasir, baking powder, dan garam. Aduk rata. Tambahkan telur, mentega, dan susu cair sedikit demi sedikit, sambil aduk hingga rata.
Panaskan cetakan dorayaki atau wajan anti lengket. Olesi dengan margarin.
Tuang 2 sdm adonan ke dalam cetakan hingga ¾ tinggi cetakan, biarkan hingga permukaannya berlubang-lubang. Masak hingga bagian bawah berwarna kecokelatan. Angkat. Sisihkan.
Tuangi 2 sdm adonan ke dalam cetakan, tambahkan dengan 1 sdm adonan kacang merah. Masak hinggga bagian dasarnya agak kecokelatan dan matang. Tutup dengan dorayaki matang tanpa isi. Masak sebentar. Ulangi untuk semua adonan.
Hasilnya enaak.... selamat mencoba ya....

4 comments:

  1. boleh di ganti keju gak isinya bunda?

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk isian silahkan diganti dengan yg negeri diawan suka, tapi konon katanya dorayaki yg dijual di jepang isiannya menggunakan pasta kacang merah, selamat mencoba, ditunggu ya laporannya hehe...

      Delete

matched content: