Monday, March 17, 2014

Langkah membuat dorayaki


Kue ini mulai terkenal sejak disebut di salah satu film anak2 yakni sebagai salah satu makanan favorit doraemon. Namun ditilik dari sejarahnya, ternyata kue ini sudah ada sejak 1914 di Tokyo.


Berikut ini adalah resep dasar  dan cara membuat dorayaki. Kali ini saya menggunakan resep yang bahan-bahannya cukup sederhana sesuai dengan ketersediaan bahan di dapur. Tapi versi yang lebih enaknya bisa di tengok di resep dorayaki yang diposting teh Intan sebelumnya.

Untuk 15 buah dorayaki:

6 buah telur
200 gr gula pasir
3 sdm makan madu
210 gr tepung terigu
1.5 sdt backing powder
1-2 sdm air
minyak secukupnya
anko

Cara membuatnya:
Campurkan telur, gula dan madu aduk hingga sedikit mengembang (bisa dengan mixer atau whisk).
Masukan terigu dan backing powder sambil diayak, kemudian aduk rata hingga adonan kental.
Biarkan adonan dalam kulkas sekitar 20 menit.

Tambahkan air, sehingga adonan sedikit lebih encer/konsistensi adonan tepat.


Panaskan pinggan anti lengket di atas api sedang, tambah minyak di atasnya, kemudian lap dengan tissue hingga minyak tersebar rata/tidak terlihat, jangan sampai minyak menggenang.


Setelah pinggan panas, jatuhkan sekitar 20-30 ml adonan pada ketinggian tertentu ke atas pinggan, usahakan diarahkan ke satu titik. Jika konsistensi adonan tepat, posisi wajan tidak miring, maka akan membentuk bulatan dengan sendirinya, tak perlu cetakan.


Jika pada adonan terbentuk gelembung dan pinggirannya terlihat matang, balik dengan menggunakan spatula silikon.


Setelah dibalik, terlihat permukaan dorayaki. Jika minyak tidak tersebar merata, maka permukaannya tidak mulus, seperti di atas.

Permukaan dorayaki yang mulus, seperti di atas.


angkat kalau sudah matang, simpan di atas pinggan kemudian tutup dengan lap/tissue dapur basah, supaya permukaan dorayaki tetap lembab. Terus lakukan tahap2 di atas hingga adonan habis.


taruh anko diantara dua buah adonan dorayaki yang sudah matang.


bungkus dengan plastik wrap, kemudian tekan bagian pinggirannya.


Dorayaki siap untuk disantap. Tetap simpan dalam plastik jika tidak akan dimakan langsung, dorayaki bisa juga disimpan  lama dalam freezer.


10 comments:

matched content: