Saturday, March 15, 2014

Membuat anko a.k.a pasta kacang merah



Pasta kacang merah atau yang lebih dikenal dengan sebutan anko dalam bahasa Jepang ini sudah pernah diposting resepnya di sini. Namun kali ini ingin mempraktekan kembali resep dasar anko tanpa modifikasi sekaligus memperlihatkan cara membuatnya.


Anko biasanya digunakan dalam hidangan dessert (pencuci mulut) atau teman minum kopi/teh, misalnya sebagai isian dorayaki, isian bakpao, kue onde-onde, mochi atau jenis2 wagashi (kue jepang), dll. Ada dua jenis anko berdasarkan teksturnya yakni anko yang tekstrunya sangat halus (Koshian) dan anko yang teksturnya kasar (Tsubuan). Yang halus diperoleh dengan resep yang sama tetapi diakhir kulitnya dibuang dengan melalui proses penyaringan. Rata-rata, anko siap pakai yang dijual biasanya sudah dihaluskan.

Berikut ini adalah resep dan cara membuat anko atau pasta kacang merah


Bahan-bahan:
400 gr red beans/kacang merah/kacang azuki
300 gr gula pasir
1/2 sdt garam
air


Cara membuat:



Rendam kacang semalaman, ukuran kacang akan dua kali lipat dari sebelumnya, buang airnya, kemudian cuci.


masukan kacang ke dalam panci, tambah air hingga dua buku jari di atas permukaan kacang dan masak dengan api besar hingga mendidih.


Setelah mendidih matikan kompor dan buang airnya, untuk menghilangkan rasa getir dari kulit kacang.


Setelah itu masukan kembali kacang ke panci dan tambahkan air hingga kacang terendam.


Masak dengan api besar, setelah mendidih, tutup dan kecilkan api. masak selama 1 jam atau lebih hingga kacang benar-benar empuk. perhatikan volume air, jika air berkurang, tambahkan air hingga sebatas permukaan atas kacang.


Setelah kacang empuk (harus betul2 empuk), besarkan api, masukan gula dan aduk-aduk hingga kental (jika dasar panci bisa terlihat ketika mengaduk), tambahkan garam, aduk sebentar kemudian angkat dan dinginkan.


angko siap dipakai untuk isian dorayaki. Jika ingin memperoleh anko yang tekstrunya lembut (Koshian), taruh anko tadi dalam saringan sambil ditekan2 dengan sendok untuk menghilangkan kulit ari kacangnya.

untuk isian dorayaki bisa langsung dipakai seperti ini tanpa disaring (Tsubuan). jika anko tersisa bisa dibungkus dan disimpan dalam freezer untuk digunakan lain waktu.

Resep ini bisa dimodifikasi sesuai selera, misalnya dengan menambahkan susu seperti pada resep sebelumnya, atau bisa juga diganti dengan santan, dan menambahkan vanili atau daun pandan supaya lebih wangi.


1 comment:

matched content: