Wednesday, January 15, 2014

Raclette, lelehan keju yang menggoda


Musim dingin memang paling enak merapatkan diri dengan teman-teman, ngobrol, ngemil atau sambil makan makanan yang hangat. Tahun ini karena liburan ke luar kota kami belum sempat mengadakan acara bersama seperti tahun-tahun lalu. Kali ini yang saya presentasikan adalah hasil kreasi kami di tahun yang lalu.


Yakni raclette hidangan khas swiss yang berupa keju yang dilelehkan. Tradisinya, dulu keju ini dilelehkan di depan api langsung, kemudian lelehan keju ini dikeruk dan dipindahkan ke piring kemudian disantap bersama hidangan lainnya. Menu ini juga terkenal di perancis. Keju ini beraroma khas (kalau hidungnya senditif mungkin bakal komentar agak bau kaos kaki yah hehehe). Tapi jika dimasak si Raclette, wuih enaknya... mantep banget. 

bahan-bahan raclette, terdiri atas kejunya tentu, sayuran, ham, dll... sesuai selera
Resep Raclette beraneka ragam, mulai dari yang simple hanya terdiri atas kentang rebus atau sayuran diberi keju raclete kemudian dipanggang di bawah panasnya api. Saat ini sudah banyak terdapat alat raclette yang portable, bahkan bisa dikombinasikan dengan fasilitas grill sering dikenal dengan Raclette grill.


Untuk pencinta keju, menu ini dijamin bakalan bikin keblenger... apalagi kalau udah gak bisa nahan, tahu2 waah langsung kekenyangan dan bisa bikin badan tambah lebar hehehe...



6 comments:

  1. duh, penasaran saya sm rasanya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo di coba, klo suka keju pasti ketagihan :)

      Delete
  2. lia... apakah dirimu merindukan aku.... bikin acara ini.... hiks... hiks...... nangis guling2 pengen raclette...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa.. teteh aku kangen padamu... kapan bisa raclette bareng yaah

      Delete
  3. Gak salah...Emank mantap rasanya,pasti pada ketagihan gan.

    ReplyDelete
  4. mau coba ah bro...cuman raclette mahalll

    ReplyDelete

Terimakasih sudah mampir ke blog kami. Jika teman ingin mengutarakan pendapat, pertanyaan saran, kritik silahkan jangan malu-malu untuk menulisnya di sini.

Salam Bento Mania