Sunday, June 28, 2015

Resep dan cara membuat pastel goreng yang renyah gurih

resep beserta deskripsi dan video cara membuat pastel
Pastel goreng dan cara membuatnya

Siapa sih yang tidak kenal dengan jajanan tradisional yang termasuk kategori kue basah ini. Pastel sudah terkenal sepanjang masa dan penggemarnya pun tidak sedikit. Ketika digigit terasa renyah, dan isinya gurih lezat. Berikut ini resep serta tips dan trik dalam membuat pastel yang pernah saya praktekan. Terutama untuk teman-teman yang baru ingin mencoba, silahkan resep ini bisa dijadikan patokan, asalkan dipraktekan sesuai dengan resep dan cara membuat yang sudah dijelaskan di sini.


Sudah sering teman-teman minta resep pastel, tapi lupa mulu mau posting. Kebetulan kemarin di youtube ada yang minta resep kulit pastel, katanya cepetan minta resepnya karena untuk menu buka puasa. Jadi berasa diingetin, Ya sudah lia tulis disini resepnya sekalian mumpung catatannya ada karena menu berbuka kami biasanya si pastel ini hehehe…

Berhubung kali ini puasa di Jerman sekitar 19 jam, yakni puncaknya musim panas, jadi waktu malamnya cukup singkat hanya sekitar 5 jam. Nah bingung juga kan ngatur cara makannya gimana, karena antara waktu berbuka dan sahur tuh singkat dan kalau makan banyak kayaknya perut masih penuh. Setiap orang pasti punya teknik tersendiri ya, kalau kami biasanya makan berat ketika sahur saja. Sedangkan pas waktu buka hanya makan makanan ringan saja, seperti kurma, buah, es campur, sup buah atau cemilan asin seperti goreng pastel ini.

Membuat pastel sepertinya gampang-gampang susah ya untuk pemula. Sebelum bisa menyantap si pastel kita harus buat isiannya, buat adonannya, cetak adonannya, mengisi adonan, memilinnya dan menggorengnya. Setelah itu baru deh bisa dimakan. Nah kalau merasa tertantang membuat pastel ini, silahkan di praktekan yah. Kalau sering buat lama-kelamaan jadi ahli loh, hasilnya bisa percis kayak buatan tukang jualan pastel deh hehehe.

Video Resep dan Cara Membuat Pastel:


Biar penampilan pastelnya cantik, rahasianya ada di adonan kulit pastelnya. Selain resep yang pas, juga tergantung pada cara menggilas adonan dan memilinnya. Supaya mempermudah dalam membuat kulit pastel, baiknya adonan di gilas dengan alat pembuat mie atau pasta. Supaya tebal tipis kulit pastel merata.

Kalau saya membuat pastel, tidak semua tahapan pekerjaannya dilakukan dihari yang sama. Supaya tidak ribet gitu. biasa buat isiannya dulu. Isian pastel bisa disimpan di kulkas beberapa hari atau untuk jangka waktu lama bisa disimpan dalam freezer. Ketika sewaktu-waktu ingin buat, tinggal mengadon kulitnya saja. Pernah coba juga membekukan adonan kulit pastel yang sudah dicetak, berhasil tapi adonannya agak sedikit lebih lembek ketika di-defrost. 

Kalau buat pastelnya agak banyakan, sisanya bisa disimpan di freezer dan ketika kangen dan ingin makan biasanya tinggal dipanggang sebentar dalam oven, atau digoreng ketika beku dalam minyak panas. Jadinya gak terlalu ribet. Maklum disini susah nyari tukang pastel hehehe jadinya musti pakai teknik kalau tiba2 kangen dan pingin makan tapi males masaknya.

Resep berikut asal muasalnya dari Ibu Fatmah Bahalwan dan saya coba ternyata langsung jadi. Yo wiss akhirnya sampai sekarang kalau buat pastel selalu pakai resep yang ini. Siapa tahu teman-teman mau mencoba, silahkan yah. Resep yang sudah dimodifikasi seperti berikut ini:

resep dan cara membuat pastel goreng yang renyah dna gurih
pastel goreng renyah
Resep pastel goreng

Bahan isian pastel:

100 gr daging ayam di cincang
1 Wortel di potong dadu
10 Buncis di iris
1 Kentang dipotong dadu
100 ml susu cair tawar
2 batang daun bawang diiris halus
3 batang selederi
3 sdm margarin untuk menumis

Bumbu:
10 butir bawang merah dihaluskan
4 butir bawang putih dihaluskan
1 sdt garam
1 sdt merica
1 sdt gula pasir

Tambahan isian :

2-3 Telur rebus yang masing-masing dibelah 6 atau 8 sesuai selera. Tidak dimasak bersama isian melainkan irisan telur tersebut dimasukan bersama isian ke dalam pastel.

Cara memasak isian pastel:

  • Panaskan margarin, tumis bawang putih dan bawang merah yang dihaluskan hingga wangi.
  • Masukan ayam masak hingga matang, yakni warnanya berubah, kemudian masukan kentang masak hingga kentang agak empuk. Kalau terlalu kering, bisa tambahkan air atau masukan susu. Setelah itu masukan wortel dan buncis aduk rata.
  • Beri bumbu seperti garam, merica dan gula hingga semua matang dan bumbu meresap.
  • Terakhir beri irisan bawang daun dan selederi aduk, kemudian angkat dan dinginkan.


Isian pastel variasi 2:

Bahan isan di atas bisa dimodifikasi sesuai selera yah sahabat bento mania. Kadang isian tersebut saya tambah mie soun supaya lebih kenyang hehehe… Atau sayurannya bisa dimodifikasi dengna menambah sayuran lain semisal kacang polong. Bisajuga ditambah keju supaya ada a efek.efek melelh kayak risoles meletus. Kalau mau coba isian yang pakai bihun/soun silahkan resepnya berikut ini:

Bahan:
Soun secukupnya
125 gr dada ayam di cincang atau potong dadu
1 Kentang dipotong dadu
1 wortel dipotong dadu
10 buncis diiris
1 bawang daun
3 batang selederi
Minyak atau margarin untuk menumis

Bumbu:
1 siung bawang Bombay (yang kecil aja bombaynya) dicincang
2 siung bawang putih digeprek dan dicincang halus
1 sdt garam
½ sdt merica bubuk
Gula secukupnya supaya gurih
Saus tiram secukupnya dan sedikit kecap manis untuk soun.

Cara membuat isian pastel variasi 2:

  • Seduh soun dengan air panas, kemudian tiriskan. Beri saus tiram dan sedikit kecap manis, aduk rata. Kalau perlu bisa ditambah dengan sedikit garam dan merica untuk personalisasi rasa.
  • Panaskan minyak, tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum.
  • Masukan ayam, tumis hingga matang, setelah itu masukan kentang dan masak hingga kentang matang. Kalau api terlalu besar, beri sedikit air supaya tidak gosong dan masak hingga airnya menguap habis.
  • Masukan wortel dan buncis, aduk sebentar
  • Kemudian masukan soun beri bumbu garam, merica, gula sehingga rasanya pas. Aduk-aduk hingga merata dan matang.
  • Masukan bawang daun dan selederi aduk hingga rata, kemudian angkat dan sisihkan.


Bahan-bahan untuk membuat kulit pastel yang renyah tapi tidak pecah

Sumber: ibu Fatmah Bahalwan
Resep berikut untuk sekitar 15 buah pastel:

250 gr tepung terigu
50 gr margarin atau butter/mentega yang dilelehkan
1 butir telur (ukuran M)
1 sdt garam
75 ml air matang yang hangat kuku
Minyak untuk menggoreng

Cara membuat adonan kulit pastel:

  • Campur terigu, margarin, telur dan garam kemudian beri air sedikit demi sedikit dan aduk hingga adonan kalis. Karena malas ngadon biasanya saya pakai food processor. Semua dicampur dan tinggal aduk aja.

  • Ambil adonan dan gilas dengan gilingan kayu hingga tebalnya sekitar 2 mm.

TIPS: Kalau tidak punya gilingan kayu bisa pakai botol kecap atau saos atau apapun yang bentuknya serupa silinder. Tapi paling gampang biasanya pakai alat gilingan adonan seperti gilingan mie/pasta.

  • Cetak adonan yang sudah digilas rata tadi dengan menggunakan cetakan pastel yang bulat, atau kalau tidak punya bisa menggunakan gelas atau mangkuk atau apa saja yang bentuknya bulat. Pilih yang diameternya cocok dengan ukuran pastel yang diinginkan. Saya biasanya pakai cetakan pastel yang diameternya sekitar 12 cm, lumayan agak jumbo. 1 resep adonan ini bisa menghasilkan sekitar 15 buah pastel. Kalau misalnya mau ukurannya lebih kecil, bisa cari cetakan yang diameternya kurang dari itu. Nah jumlah pastel yang dihasilkan juga tentunya akan lebih banyak ya.


TIPS: Gilasnya kalau bisa di atas permukaan yang tidak lengket. Atau kalau tidak mau lengket, permukaan meja bisa ditaburi dengan tepung terigu. Saya biasanya tidak menggunakan tepung terigu tambahan, karena adonan di atas sudah kalis dan tidak lengket di tangan. Kalaupun mau digilas di atas meja, biasanya mejanya saya alasi dulu dengan plastik folie atau alas silikon. Supaya tidak geser kesana kemari ketika digilas, plastiknya direkatkan erat dengan mejanya. Jadi gilingnya di atas plastik folie itu, dijamin gak lengket. Kalau terlalu banyak terigu, kadang agak susah ketika akan menyatukan ujung-ujung pas memilin.

Oh iya, biasanya kalau adonan yang belum terpakai saya taruh diwadah dan tutup rapat dengan lap bersih yang lembab, supaya adonan tidak kering, selama menunggu antrian digilas.

Cara memilin pastel tanpa alat:

  • Ambil lembaran adonan yang sudah dicetak bulat tadi, beri isian secukupnya dan satu irisan telur rebus, letakan ditengah-tengah adonan. Kemudian lipat kulit hingga bentuknya setengah lingkaran, rapatkan ujung-ujungnya lalu pilin. Kalau pastelnya ingin gendut-gendut, adonannya diisi penuh.

  • Cara memilin, tekan tepi ujung adonan hingga pipih dengan menggunakan ibu jari dan telunjuk. kemudian pilin atau putar ke dalam, lakukan secara berulang hingga semua sisi terpilin. Kalau masih belum kebayang, cara memilinnya silahkan simak video berikut ini ya:

  • Setelah terpilin, goreng pastel dalam minyak yang banyak sampai tenggelam pastelnya. Goreng dengan api sedang hingga berwarna kuning kecokelatan. Santap bersama sambel kacang atau saus sambal. Hmm enak, Selamat menikmati.


Pastel goreng bisa juga dibuat dalam bento, seperti berikut ini:
cara membuat pastel goreng yang kawaii
Cute pastel goreng

2 comments:

  1. coba ahhh, selama ini cuma makan aja ga pernah bikin sendiri hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan, selamat mencoba. saya juga kayaknya kalau ada yang jual pastel gak akan sampai buat sendiri hehehe....

      Delete

matched content: