Wednesday, June 17, 2015

Resep abon ikan tuna praktis dan mudah

cara memasak abon ikan tuna yang mudah
Resep abon ikan tuna

Resep abon tuna ini relatif mudah memasaknya dan bisa menggunakan bahan-bahan sederhana yang tak sulit diperoleh namun harganya pun tidak mahal. Abon tuna bisa digunakan untuk beberapa hidangan Korea ataupun Jepang atau sebagai lauk biasa untuk taburan nasi.

Beberapa waktu yang lalu sudah disinggung cara dan resep memasak kimbap. Dalam resep tersebut saya sebutkan salah satu bahan isi dalam gulungan kimbap adalah abon tuna ini. Rasanya manis gurih tapi lebih dominan rasa asinnya ketimbang abon-abon Indonesia yang biasanya manis. Saya peroleh resep ini dari maangchi sekali masak langsung jadi alias anti gatot yah.

Saat ini banyak sekali jenis-jenis abon ikan, misalnya abon ikan lele, abon tuna, abon patin, abon tenggiri dan masih banyak lagi. Mardha, teman saya, suka buat ketan kuning yang di atasnya dikasih dengan abon ikan. Rasanya maknyus banget. Ketannya dicetak bulat diluarnya diberi taburan abon dan disimpan dalam wadah kertas untuk cupcake. Cakep dan enak banget, rasa abonnya gurih dan manis. 

Namun resep abon ikan yang ini bukan abon ikan yang itu yah hehehe, melainkan resep abon untuk isian makanan-makanan korea seperti dalam kimbap. Bingung habisnya menamainya dalam Bahasa Indonesia. Jadinya pinjam istilah abon aja, gak apa apa yah. Tapi bentuk dan rasanya memang mirip abon ikan kok, cuman memang tidak terlalu manis seperti abon sapi.


Selain untuk isian kimbap, abon tuna ini juga bisa digunakan sebagai isian onigiri atau taburan nasi yang dalam istilah jepangnya disebut furikake. Onigiri yang bentuknya bisa divariasikan menjadi bentuk kawaii juga bisa diisi dengan abon tuna ini. Menruut saya, abon ini bisa jadi alternatif stok makanan, apalagi kalau males masaknya kumat, tinggal keluarin deh si abon ini dan tinggal taburkan dengan nasi langsung siap makan. Apalagi pas bulan puasa, bisa sebagai salah satu lauk darurat ketika gak sempet masak untuk sahur nanti.

Bahan utama untuk membuat abon ini adalah tuna kalengan, bukan tuna segar. Mungkin kalau dari tuna segar akan tambah enak ya, meski prosesnya tentunya lebih lama ketimbang resep berikut, karena tuna segar harus melalui proses pematangan. Sedangkan tuna kalengan sudah matang dan siap untuk diolah ke tahap berikutnya.

Resep abon ikan tuna dari tuna kaleng
Tuna kaleng dari Indonesia yg dijual di supermarket Jerman, untuk membuat abon ikan tuna


Selain itu tuna kalengan harganya lebih murah ketimbang tuna segar dan mudah diperoleh. Di beberapa supermarket jerman ternyata banyak tuna kalengan yang ikannya berasal dari perairan Indonesia. Seperti dalam kaleng berikut. Kalau pas ketemu produk Indonesia seperti ini rasanya senang dan pastinya langsung beli. Kapan lagi bisa berbangga dengan membeli produk Indonesia yang jarang ditemui di Eropa sini.

Yuk kita mulai masak. Mempersiapkan bahan-bahan dan memasak abon ikan tuna ini tidak terlalu ribet. Coba yuk.


Resep abon ikan tuna ala Korea

Bahan-bahan:

1 kaleng daging tuna
1 sdm soy sauce/kecap asin
1/2 sdm gula
1 bawang putih dihaluskan
1 sdt merica
1 bawang daun diiris halus
1 sdm minyak wijen
1 sdm biji wjen putih disangrai


Cara membuat abon ikan tuna:

  • Buka tuna kaleng dan buang air/minyaknya, jika perlu diperas dagingnya supaya tidak terlalu banyak cairan dan proses pembuatan abon menjadi lebih singkat.

  • Panaskan wajan anti lengket, masukan tuna dan aduk hingga tuna hancur, masukan bumbu2 kecuali bawang daun, minyak wijen dan biji wijen.

  • Aduk dan oseng hingga bumbu meresap dan daging tuna kering. Masak dengan api sedang, dan harus terus diaduk jangan sampai gosong. Gunakan wajan anti lengket supaya mudah memasaknya.

  • Terakhir masukan bawang daun, minyak wijen dan biji wijen, aduk kembali hingga bawang daun layu, angkat dan tiriskan.

  • Saya memasaknya tidak terlalu kering karena tidak sabaran hehehe, tapi kalau mau sampai halus banget abonnya silahkan. Dalam tahap ini abon tuna siap untuk disantap, digunakan dalam masakan lain, untuk taburan nasi atau ketan, atau digunakan sebagai isian kimbap.


bahan isian kimbab, salah satunya abon ikan tuna


1 comment:

matched content: