Tuesday, June 2, 2015

Resep Gehu Hot Jeletot

Gehu Hot Jeletot
Di Bandung, gehu itu sebutan untuk tahu isi yang digoreng dengan sedikit lapisan terigu di luarnya. Jadi luarnya garing dan dalamnya sedikit basah dan berbumbu. Isinya biasanya wortel, toge, kol dan bawang daun yang dibumbui. Berikut resep dan cara membuat gehu hot jeletot ala dbento.


Kenapa disebut gehu? Karena gehu itu singkatan dari goreng tahu. Mungkin di daerah lain, misal di Purworejo atau dibeberapa daerah di Jawa tengah, tahu isi ini disebut tahu brontak. Konon katanya, karena jika digigit, isi tahu akan berontak keluar, jadi dinamakan tahu brontak. Beda daerah beda namanya, padahal sih rasa dan penampakannya mirip-mirip. Seperti kue basah yang namanya pastel, di Makassar namanya menjadi jalang kote. Bersyukur kami tinggal di negeri yang kaya budaya, suku bangsa dan Kuliner nusantara. Semoga keanekaragaman ini bisa menguatkan persaudaraan dan rasa cinta tanah air, tidak mudah di adu domba oleh pihak lain, aamiin.

Menurut saya, tahu di Bandung itu paling enak, walau hanya di goreng biasa dan siram kecap plus nasi panas saja sudah enak sekali. Mungkin karena tahu dibandung kebanyakan alami, diawetkan hanya dengan direbus garam dan kunyit saja. Usianya tak bisa tahan lebih dari 3 hari walau di kulkas, di suhu ruang hanya bertahan paling 1 hari saja, karena kalau lebih rasanya sudah asam. Teksturnya pun sangat lembut, jatuh atau tidak sengaja ke cuwil tangan saja sudah hancur berantakan seperti cerita saya disini. Jadi bagi saya penggemar berat tahu, tahu paling enak itu ya di Bandung, ada tahu Cibuntu, tahu Lembang dan tahu tauhid. Oh masih ada urutannya, tahu palasari di Sumedang dan tahu Kediri. Selain di daerah itu, tahunya ehmm.... seperti ditambahkan bahan lain yang tidak alami. 


Di Bandung, gehu ini juga ada beberapa macam, ada gehu original, ada gehu hot jeletot yang super pedes, ada juga gehu pedas biasa. Gehu itu tahu isi sayuran yang ditumis dan dibumbui saja ya, kalau tahu isiannya daging, ikan, ayam dan yang lainnya, tetap namanya tahu isi, bukan gehu lagi. 

Biasanya saya suka membeli gehu pedas di dekat rumah, gehu itu sudah ada sejak saya duduk di sekolah dasar, harganya jaman dahulu masih 50 rupiah. Gehu ini amat laris manis, selain rasanya sedikit pedas manis, juga rasa gurih bisa dirasa dari udang Ebi, sekarang harga gehu ini 1500 rupiah dengan ukuran yang tetap sama. Padahal sekali makan, saya bisa lebih dari 3, saking doyannya.doyan apa gembul ya…

Sebenernya lebih cepat menikmati dengan membeli, daripada membuat sendiri. Tapi dengan membuat gehu sendiri dirumah, lebih terjamin bahan-bahan yang di gunakannya. Mulai dari sayurannya dan bumbu-bumbu yang di gunakannya. Sudah sangat sulit menjumpai masakan diluar rumah yang tidak menambahkan msg di dalamnya. Kebanyakan penjual masakan atau penganan menambah rasa gurih dengan menggunakan msg. Jadi supaya aman dan sehat, mari membuat sendiri dirumah.

Resep Gehu Hot Jeletot


Bahan-bahannya :


6 buah tahu kuning yang di goreng terlebih dahulu, biasanya menggunakan tahu pong atau tahu sumedang, tapi saya menggunakan tahu kuning biasa.
Minyak goreng untuk menggoreng

Tahu goreng


Bahan lapisan :

200 gram terigu
2 sendok makan tepung kanji, ini rahasia pedagang gorengan supaya kulitnya tetap renyah
Garam secukupnya
Air secukupnya

Bumbu yang dihaluskan :

1 siung bawang putih
3 butir bawang merah
3 sendok makan ebi
4 buah cabe rawit atau sesuai selera, semakin banyak semakin hot jeletot
Garam, gula, merica secukupnya
2 sendok makan minyak sayur untuk menulis

Sayuran :

150 gram toge
1 buah wortel diserut memanjang
1 batang daun bawang, iris halus
100 gram kol putih diiris halus

Cara membuat gehu hot jeletot:

1.     Masukan minyak kedalam wajan, tumis bumbu yang sudah di haluskan sampai harum, masukan sayuran yg sudah di cuci bersih dan diiris. Setelah matang, masih renyah dan tidak layu, cicipi rasanya, jika sudah pas, matikan api kemudian tiriskan, jikalau kandungan air masih banyak bisa di peras. Kira-kira begini penampakannya :

Isian gehu

2.    Ambil tahu yang sudah di goreng, belah tapi jangan sampai putus.
3.    Masukan isiannya.
4.    Campurkan bahan lapisannya, aduk rata.
5.    Masukan tahu yang sudah diisi kedalam bahan lapisannya, kemudian goreng hingga kecoklatan.
6.    Siap disajikan…..




7 comments:

  1. ya ampuuun suka banget gehu ini mbaaa...apalagi yang pedes mpe nangis dan besoknya diare kikikikik...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini bikin kapok plus ketagihan ya... hehe...

      Delete
  2. wah ini cemilan aku setiap hari mbak tahu jeletot :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wow... tiap hari mbak... g mules ya... hehe

      Delete
    2. wow... tiap hari mbak... g mules ya... hehe

      Delete
  3. kebayang mantepnya ini gehu jeletot pedas

    ReplyDelete
  4. enak banget nih..udah pernah coba ya..

    jangan lupa coba kunjungi makanan yang pernah ku buat juga di http://www.resepterbaruku.com/

    ReplyDelete

matched content: