Tuesday, July 28, 2015

Aneka Minuman Segar yang Dirindukan Saat Lebaran


Masih nuansa lebaran ya topik cerita dbento kali ini. Kalau bulan puasa kemarin, tulisan minumannya untuk berbuka puasa dan sekarang minuman segar yang saya rindukan saat lebaran, hehehehe. 

Kenapa dirindukan? Bukannya minum apa saja sudah diperbolekan di siang hari?

Iya, karena hidangan bersantan yang mendominasi seminggu penuh lebaran membuat saya merindukan minuman segar ala manda di kala lebaran. Menu minuman segar berikut memang ada yang membeli, tapi tentunya mudah diperoleh bahannya dan bisa dibuat sendiri.

minuman segar
Es Buah Blewah Melon

Menu minuman segar yang paling sederhana yang pertama adalah es buah, kali ini buah yang dipilih masih nuansa bulan Ramadhan, yaitu : blewah dan melon. Buah-buahan lain yang bisa menggantikan adalah mangga gedong gincu, kweni, nata de coco, dan kelapa muda. Sirup favorit yang dipilih keluarga kami adalah pisang susu merk Marjan dan Frambozen merk Fres. Es sirup ini jarang diminum sebagai es sirup di keluarga kami, setidaknya es sirupnya dicampur jeruk nipis, jadi lebih segar dan manisnya tidak mendominasi.


Di foto tersebut, blewah kami serut dengan sendok kecil dan melon kami cetak bundar untuk membedakan saat mengambil. Ada sedikit tips mempertahankan wangi blewah, yaitu mengambil biji blewah kemudian dicampur air hangat, tambahkan sedikit gula pasir, aduk dan saring masukkan ke dalam es sirup yang sudah disiapkan bersama buah blewah dan melon tersebut. Rsa blewah dan melon yang bercampur manis, wangi dan segar dinikmati di siang hari bersama menu santan opor ayam.

dbento
Pepaya Dingin

Buah iris di atas kenapa dimasukkan dalam kategori minuman? Karena kami tidak terbiasa menyantap pepaya yang hanya  buah pepaya. Bingung ya? Manda dan panda, membayangkan bau pepaya teringat jus pepaya di rumah sakit dan bau pepaya sendiri khas dengan peliharaan burung sewaktu kami kecil. Pepaya california yang bentuknya lonjong seperti kapsul adalah favorit untuk dibuat minuman segar. 

Pepaya masih ada kulitnya, dicuci dan masukkan ke dalam kulkas. Ketika sudah dingin, kupas kulitnya dan potong-potong sesuai selera. Siapkan 2 butir jeruk nipis dan 1 sdm gula pasir, serta es batu. Tips menghasilkan air perasan jeruk nipis yang banyak adalah dengan menggulingkan jeruk nipis dan menekannya dengan tangan sebelum diiris dan diperas.

Campur dalam wadah plastik, pepaya, jeruk nipis, gula pasir dan es batu. Lalu masukkan ke dalam kulkas, dan hidangkan selagi dingin dan sudah berair. Segarnya menikmati buah pepaya dengan air jeruknya, nyaaammm nikmattt.. 

Jus Wsrna Peach dari Pepaya

Kenapa pepaya bisa jadi minuman? Ya, karena jus berwarna peach cantik di atas adalah hasil uji coba dapur manda mencampur sisa es blewah dengan pepaya jeruk nipis gula menjadi satu. Dengan menambahkan air dan gula sesuai selera, jus warna peach cantik itupun segar dinikmati di siang hari bersama masakan bersantan seperti rendang.

Es Tape dan Es Teh

Dimana-mana selalu rekomendasi tersegar versi manda adalah es teh. Tidak heran dalam satu kali makan, manda memesan 2 gelas es teh manis. Karena haus atau doyan, saya juga gak paham, hehehehe. Selain es teh, minuman segar yang paling mudah dibuat adalah es jeruk dan es jeruk nipis. Kalau sedang ada kerabat yang berkunjung dari muntilan atau magelang, tidak heran kalau oleh-olehnya selalu tape muntilan yang terkenal. Dan es tape merupakan favorit panda di siang hari bersama dengan cemilan lebaran emping, wkwkwkwkwk.

Jus Buah

Kalau di atas, jus buah jadi-jadian dari pepaya dan blewah. Kalau yang ini, minuman jus pada umumnya yang menjadi favorit anak kecil, muda dan tua di kala siang terik dan merindukan kesegaran dari buah-buahan. Macam buah-buahan yang bisa dibuat jus buah bermacan-macam, yaitu : jeruk, apel, pir, belimbing, manggis, terong belanda, stroberi, jambu biji, melon, semangka, nanas, mangga, pisang, dan kiwi. Segarnyaaaa.. 

Aneka Minuman Dingin

Aneka minuman segar lain yang bisa dinikmati dan menyegarkan adalah aneka minuman dingin seperti es milo, es cocoa, es coklat susu, es kopi, dan es teh tarik. Kesemuanya bisa dibuat dari sachetan instant yang dijual di toko-toko atau minimarket.

Rujak Es Krim

Nyaaammm, melihat fotonya saja, langsung clegukkk.. Ya, rujak es krim yang terkenal dari Bandung dan bisa dinikmati di Yogyakarta. Secara yang khas dari ees krim ini adalah es puter. Kenapa toppingnya coklat susu, ya karena es puternya nggak terlalu manis. Biasanya rujak yang manda pesan tidak pedas, sehingga pas dicampur dengan es puter dan topping susu coklat. Tips menikmati rujak es krim adalah menikmatinya di rumah. Cara membelinya jangan dicampur, melainkan 1 cup es puter dan 1 cup rujak. Sehingga topping susu coklatnya bisa ditambahi sendiri sesuka-suka kita di rumah. Dan es puternya bisa didinginkan lebih dingin di freezer kita. Nyuusss adeemmm segerrrrr...

Es Teler

Melihat es teler yang disajikan di foto atas, langsung kebayangnya segar dan kenyang. Minuman segar yang bisa mendampingi cemilan lebaran ini berisi roti tawar, santan tidak kental, buah-buahan dan es serut. Nyaammm segerrrr dan tinggal menikmati karena membeli saja lebih cepat daripada membuat sendiri, hehehe.. Selamat menikmati kesegaran minuman yang direkomendasikan keluarga kami ya...


No comments:

Post a Comment

matched content: