Friday, June 19, 2015

Aneka Minuman Mudah dan Praktis Untuk Berbuka Puasa

Wah, bikin tulisan tentang minuman di siang bolong pas hari kedua puasa Ramadhan 1436 H di tanah air. Rasanya cleguk-cleguk dan semoga menambah pahala puasa. Hayooo masih pada bingung ya alternatif minuman untuk berbuka hari ini mau bikin apa?

Kalau saya menyiapkan menu minuman untuk berbuka puasa *lebih tepatnya setelah usai menyantap buka puasa* lebih senang yang segar, mudah dan praktis. Tentunya, banyak sekali resep olahan minuman yang bisa di search melalui google dan tulisan ini merupakan resep minuman olahan dari dapur manda dan sudah melewati uji rasa di lidah manda panda ya.. Kita intip apa saja jenis minuman yang mampu menyegarkan yuk..

Menu Minuman Hangat dari Dapur Manda


  • Setup Jambu/Nanas
Menu setup buah-buahan ini sudah menjadi tradisi di keluarga manda. Hari sabtu/minggu saatnya berbelanja buah-buahan dan menyimpannya untuk stok satu minggu. Di pasar modern sekarang banyak dijumpai nanas potong yang menurut saya masam, tapi jadi manis segar ketika dimasak menjadi minuman yang namanya setup. Jangan khawatir buat yang bukan penyuka buah nanas, setup ini tidak harus dimakan buahnya kok. Air setupnya sudah menyegarkan dan pas dinikmati sebagai hidangan minuman untuk berbuka. Buah-buahan lain yang bisa dibuat setup adalah jambu biji yang berwarna merah. Sluurrpppp..

Lalu, caranya membuat setup seperti apa ya?


  1. Siapkan bahan : 1 batang kayu manis, 8-10 cengkeh, gula pasir sesuai selera dan air 6 gelas.
  2. Siapkan buah nanas atau jambu biji kupas dan potong kotak.
  3. Cara memasak : didihkan air, masukkan kayu manis, cengkih, gula pasir sampai mendidih, lalu masukkan buah potongnya, tunggu berubah warna dan biasanya airnya juga berubah warna. Kurang lebih 10-15 menit matikan kompor dan siap dinikmati hangat dan dingin.
Kalau setupnya masih tersisa, plastik saja dan masukkan ke dalam freezer. Setup beku juga asyik dinikmati sambil menonton TV atau dinikmati selepas tarawih. Oh iya, varian lain dari setup ini adalah cocktail, untuk cocktail yang dimasukkan bisa sembarang, seperti : pepaya, nata de coco, melon dan cara membuatnya sama dengan setup.

  • Teh manis hangat
Teh manis nasgitel , kalau orang jawa menyebutnya panas, legi (manis) dan kentel (kental). Teh manis panas selain membasahi kerongkongan saat berbuka juga untuk menghangatkan perut setelah seharian kosong berpuasa. Ritual minum minuman hangat sebelum menyemil dan meminum yang segar-segar sudah turun temurun dari jaman mama saya. Ada tips dalam menyeduh teh agar wangi daun tehnya terasa, yaitu menyeduh dengan air panas yang mendidih di atas kompor. Baik itu untuk teh celup maupun untuk teh yang diseduh. Coba rasakan bedanya, membuat teh dari dispenser dengan dari air mendidih dari rebusan. Bagi yang tidak suka dengan teh, bisa menggantinya dengan susu, kopi, teh tarik atau coklat panas.


  • Kolak Pisang/Kolak Ketela/Kolak Waluh
Menu selanjutnya adalah kolak. Menu kolak ini sangat populer di kala Ramadhan, coba saja ke pasar tiban (sebutan bagi pasar yang tiba-tiba ada setiap kali jelang buka puasa). Kolak ini bisa bermacam-macam isinya, tergantung selera. Ada kolak pisang, kolak kolang-kaling, kolak nangka, kolak ketela, kolak waluh, dan cara membuatnya sama semua seperti yang sudah pernah ditulis di artikel dbento sebelumnya tentang resep kolak ya. Selamat mencoba.

Kolak

Menu Minuman Dingin dari Dapur Manda


  • Es Buah Nangka/Mangga/Kweni
Es buah berbeda dengan sup buah. Kalau es buah nangka/kweni/mangga bikinan manda hanya dari buah-buahan tersebut dipotong kotak dan diseduh dengan air panas, lalu tambahkan gula dan dinginkan.

  • Sup Buah
Nah, kalau sup buah, buah-buahan yang disukai (seperti : pisang, apel, anggur, stroberi, mangga, melon, blewah) dicampur dengan susu, lalu tambahkan sirup kesukaan. Kalau boleh manda menyarankan, pilih rasa cocopandan, pisang susu atau frambozen ya..

  • Es degan jeniper
Siapa yang nggak kenal jeniper ? jeniper itu jeruk nipis peras. Kalau degan jeniper ini varian lagi menikmati es degan selain dengan sirup dan air gula. Bagi yang roaming, degan itu kelapa muda.

  • Es Tomat
Hayoo sudah sering bikin aneka jus kan? Semua buah-buahan yang menjadi favorit keluarga bisa di jus. Apa saja buah-buahan yang bisa dijus? Apel, Belimbing, Wortel, Tomat, Terung belanda, Nanas, Melon, Blewah, Alpukat, Jeruk, Pisang, Stroberi, Kiwi, Jambu biji, Semangka, Mangga dan buah-buahan lain yang belum saya sebutkan dan pernah dicoba oleh sahabat dbento.

Nah, kalau es tomat ini, cara membuatnya nggak usah mencuci blender, hehehehe.. Cara membuat es tomat dengan memarut tomat buah dengan parutan keju, tanpa disaring tambahkan air dingin dan gula pasir. Enaaakkk dan biasanya kita menyebutnya es sari tomat.

es tomat
Es Tomat


  • Infused Water
Yang lagi tren saat ini adalah minuman sejenis kobokan campuran buah-buahan yang didiamkan 3-5 jam dalam air putih, infused water Bagi yang tidak menyukai air putih *seperti saya*, mungkin solusi infused water ini bisa membantu. Setidaknya mual minum air putih lumayan berkurang kalau air putihnya agak berasa. Campuran daun mint juga menyegarkan ketika dicelupkan dalam air teh lho.
  • Es Cao
Es cao ini bukan cam cao ya, cam cao dari bahan daun yang kalau diperas menjadi jelly warna hijau yang juga segar dinikmati saat berbuka puasa. Tapi cam cao suka susah saat ini, hanya di pasar tradisional atau punya daun cam cao dan bikin sendiri.

Kalau es cao ini, spesial racikan keluarga kami dari perpaduan sirup dan jeruk nipis. Jadi cao ini seperti minuman dasar untuk membuat jenis minuman segar apa aja dengan dicampur nata de coco, jelly, agar-agar, bubble, cam cao, cao hitam, dan apa aja yang biasa menjadi favorit keluarga.

cam cao
Sebelah kiri : Es Cao Jelly
 Selamat mencoba ya sahabat dbento..

8 comments:

  1. infuse water memang lagi negternd ya mak. dan setup nenas itu paling suka karena kalau nenas dimakan begitu saja gak enak ,kalau disetup jadi terasa maknyus

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mak, setujuu... apalagi kalau gak habis trus masuk ke freezer, anti dihancurin kalau sudah jadi es tambahkan buah2an bikin cocktail, sluurrppp...

      Delete
  2. Pengen masak2 tp ga sempet mak, icip2 masakanmu aja yuuk,hehe..maunya

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayukkk aaahh mak prim, ditunggu yaaaa.....

      Delete
  3. Segernya Mak..... Saya suka koktail...:-)

    ReplyDelete
  4. es cao itu sama dengan es cincau ya, mbak?

    ReplyDelete
  5. belum nyoba tuh minuman infused water

    ReplyDelete

matched content: