Tuesday, July 14, 2015

Tips memilih ikan untuk pempek dan Resep cuko bahan pelengkap pempek


Tips memilih ikan untuk pempek
Tips memilih ikan untuk pempek

Pempek belum terasa lengkap jika disantap tanpa bahan pelengkapnya. Apa aja bahan pelengkapnya, resep serta tips dan trik cara membuatnya, silahkan disimak dipostingan berikut ini. Selain itu juga ada tips memilih ikan dan mencari pengganti ikan pempek untuk teman-teman yang tinggal di luar Indonesia.


Dulu ketika pertama kali pindah ke Jerman sempet ngecess abis, ingin pempek. Nah sedikit bingung memilih ikannya, karena nama-nama ikan dan juga jenisnya tidak sama dengan yang ada di Indonesia. Setelah cari info kesana kemari dari teman, kemudian coba-coba sendiri akhirnya senang juga bisa buat pempek mirip dengan yang di Indonesia, meski bahannya berbeda. Tapi lama kelamaan akhirnya tahu juga, cari ikan tenggiri dsb. Meski nama lokalnya beda tapi biasanya ada nama ilmiah yang kalau di cross check di Wikipedia bisa ketahuan deh kalau itu ikan yang sama. Nah untuk singkatnya berikut nama-nama ikan yang biasa digunakan untuk membuat pempek, sumbernya dari pranala lintas Bahasa wikipedia:

  • Ikan belida: atau ikan lopis (Chitala lopis), giant featherback (EN), sayangnya ikan ini hanya terdapat di asia tenggara saja.
  • Ikan tenggiri : semua ikan yang bermarga Scomberomorus termasuk kedalam ikan ini, yang bisa dipakai untuk pempek misalnya seperti
    • King mackerel (EN)/Königsmakrele (DE)/Scomberomorus cavalla (Bahasa ilmiah),
    • Spanish mackerel (EN)/spanische makrele (DE),
    • Narrow-barred Spanish mackerel (EN)/Torpedo-Makrele (DE)/Somberomorus commerson(ilmiah),
    • dll.
  • Ikan gabus: Nama ilmiahnya adalah Channa striata, disebut common snakehead/snakehead murrel/ chevron snakehead/striped snakehead (EN).
  • Pangasius: ikan patin, basa fish/cat fish (EN), Pangasius bocourti(nama ilmiah), jenis ikan ini bisa juga digunakan tuk pempek, meski tidak terlalu beraroma, ikan ini bisa membuat tekstur pempeknya kenyal. Sayangnya kandungan air dalam dagingnya lumayan banyak. Jadi kalau pakai ikan ini hati-hati adonannya lembek ya.
  • Rotbarsch/Goldbarsch: Bahasa ilmiahnya Sebastes norvegicus, dalam Bahasa inggris rose fish/ocean perch/Atlantic redfish/Norway haddock/red perch/red bream/golden redfish/hemdurgan (EN). Ikan ini lebih berbau dari pada ikan patin, meski konsistensinya lebih lembek kalau dibuat pempek. Tapi rasanya enak dan gurih. Ikan ini biasanya terdapat di eropa.
  • Victoriabarsch (DE): ikan air tawar yang ini belum pernah nemu, cuman pernah dikasih tahu teh dewi di Nünberg kalau rasanya enak dan beraroma. Nama lainnya adalah Nillbarsch (DE) atau Nile perch (EN), Lates niloticus (ilmiah)


Sepertinya ikan apapun bisa dibuat pempek asal jangan gunakan ikan yang kalau matang dagingnya berwarna gelap. Gunakan ikan yang warnanya putih seperti ikan ternggiri atau ikan gabus. Ikan belida adalah asal muasal bahan untuk pempek, namun harganya relative mahal karena jarang ditemukan. Tipsnya kalau tidak menemukan ikan-ikan di atas, bereksperimen saja dengan ikan yang ada. Kalau berhasil dan cocok rasanya pasti senang banget deh.

Oh iya untuk membuat pempek jumlah tepung yang digunakan jangan terlalu banyak supaya rasa ikannya tidak hilang. Selain itu jika terlalu banyak tepung pempeknya akan lebih keras. Salah satu resep pempek yang sudah saya share adalah pempek adaan. Resep pempek yang lainnya menyusul yah ada 7 variasi pempek. Berikut ini adalah tips dan trik menyiapkan bahan pelengkap mpek-mpek, berupa cuko pempek, ebi, sambal, mie, soun dan mentimun.

Resep cuko empek-empek

Cuko pempek lebih mantap kalau kental dan pedas. Kekentalan resep ini bervariasi. Kalau kuah asli cuko dari Palembang ada yang sangat kental sekali. Kalau yang dijual di kedai yang agak murah biasanya cuko agak encer. Kadang kuah cuko kental itu dilarutkan kembali dengan air untuk hasil yang lebih encer. Saya pribadi lebih senang kuah yang kental tidak terlalu encer. Kadang bisa dicocol saja dengan pempeknya. Tapi resep cuko yang biasa saya buat dibawah ini, gak begitu kental, pertengahan kayaknya, agak encer tetapi cukup pekat.

Resep Cuko Pempek
Resep Cuko Pempek

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat cuko:

250 gr gula merah, diris atau disisir 50 gr gula pasir 2 sdm penuh asam jawa 650 ml air putih 6-10 siung bawang putih yang dihaluskan 1 sdt garam 2 sdm tongcai yang sudah dicincang, tongcai adalah asinan 6 sdt cuka apel, saya pakai cuka apel yang keasamannya cuman 5% jadi kalau teman-teman mau pakai cuka yang lebih pekat tentunya dikurangi takarannya. Atau coba masukan sedikit demi sedikit dulu dan tentukan takaran sesuai selera.

Cara membuat cuko mpek-mpek tergolong sangat mudah, seperti berikut ini:

Asam jawa diseduh dengan 100 ml air hangat, diremas-remas kemudian saring, ambil airnya.

Rebus gula merah, gula putih, asam jawa dan air dalam panic hingga mendidih, kemudian saring.

TIPS: Gula merah atau gula jawa asli yang digunakan baiknya memiliki kualitas yang bagus, supaya warnanya hitam pekat. Gula yang warnanya hitam, biasanya disebut gula batok ya bentuknya setengah bola seperti batok kelapa.

Masak kembali bersama bawang putih dan tongcai, setelah itu matikan api.

Masukan cuka secukupnya,a duk rata dan siap dihidangkan.

Cuko mpek-mpek bisa disimpan di kulkas dan tahan lama.



TIPS: Kalau kata teman yang orang Palembang, cuko lebih enak kalau misalnya disimpan dulu sehari semalaman atau lebih. Setelah itu biasanya rasanya sudah pas untuk dijadikan kuah pempek.


Ebi Bubuk

Pelengkap mpek-mpek lainnya adalah udang kering ebi. Fungsinya untuk menambah rasa gurih kuah ketika disantap.

Ebi ini bisa dihaluskan dan dimasak bersamaan dengan cuko mpek-mpek atau bisa juga disajikan terpisah sesuai selera. Kalau takut ada yang alergi udang mungkin baiknya ebi bubuk disajikan terpisah. Selain itu kalau menurut saya rasanya ebinya lebih muncul kalau ebi ditaburkan ketika akan dimakan. Jika ebi ingin dimasak bersama kuah cuko, maka ebi yang sudah dihaluskan bisa dimasukan ke dalam kuah terakhir ketika koreksi rasa.

Untuk mempersiapkan ebi bubuk ini ada beberapa macam cara.

  • Jika ebi dihaluskan dengan cara di uleg, maka baiknya ebi direndam terlebih dahulu dalam air panas, supaya proses ulegnya gampang. Untuk menyeimbangkan takaran dengan cuko di atas sekitar 100 gr ebi di rendam dalam 200 ml air hangat kemudian diuleg hingga halus. Setelah halus ebi disangrai kembali hingga teksturnya mengering. Simpan ebi dalam wadah kedap udara untuk menjaga kesegaran rasanya. Bisa disimpan beberapa waktu di tempat yang kering, tidak lembab.
  • Jika menggunakan blender, baiknya ebi disangrai terlebih dahulu hingga betul-betul kering, kemudian di blender hingga halus.
TIPS: Ebi itu tergolong mahal yah. Kalau sahabat bento ingin lebih ekonomis ebi bisa diganti dengan udang rebon, yakni bayi udang yang kecil-kecil, biasanya diperoleh dibagian ikan asin. Rasa gurihnya ada meski berbeda. Biasanya kalau abang penjual mpek-mpek menggunakan udang ini ketimbang ebi untuk bahan taburan. Terlihat serbuknya lebih putih, sedangkan kalau ebi biasanya warnanya putih agak orange/kekuningan. Caranya biasanya rebon udang ini dicuci bersih kemudian disangrai terlebih dahulu, setelah itu di blender hingga halus.

Resep sambal cabe pempek

Resep cuko di atas tidak ada cabe nya jadi aman jika disantap untuk anak-anak. Namun untuk orang dewasa mungkin kurang nendang kalau tidak pedas ya. Nah, penambah rasa pedas bisa kita buat secara terpisah dengan resep berikut.

Bahan-bahan:

50 gram cabe rawit 
100 ml air 
½ sdt garam

Cara membuat sambal pempek:

Cabe di giling halus bersama dengan air bisa menggunakan blender. Atau bisa juga dengan diuleg, kurangi airnya atau bisa juga diuleg tanpa air.

Jika cabe rawit ingin dimasak bersama kuah cuko, tinggal digiling bersama-sama dengan bawang putih.

Resep cuko dan tips menyiapkan bahan pelengkap pempek
Resep cuko dan tips menyiapkan bahan pelengkap pempek

Mie dan soun

Keduanya bisa disajikan bersamaan atau bisa juga dipilih salah satu tergantung selera. Supaya rasa yang maksimal baiknya gunakan mie kuning basah atau bisa juga mie kering kemudian siram dengan air panas dan tiriskan. Soun kering bisa diseduh dengan air panas sebelum disajikan.

Timun

Karena cuko mpek-mpek asli itu biasanya memiliki wangi bawang putih yang menyengat, maka untuk menetralisir wangi tersebut dimulut, bisa disajikan bersama timun ini. Timun selain menetralisir bau juga bisa menambah rasa segar si mpek-mpek. Timun bisa dibelah menjadi empat kemudian diiris tipis.

3 comments:

matched content: