Friday, July 29, 2011

Kudapan Sehat dalam Bento


Di rumah kami, cemilan seperti biskuit, coklat, keripik kentang atau permen tak selalu tersedia. Sebagai gantinya, saya hampir selalu menyediakan beberapa macam sayuran dan buah-buahan di rumah. Sayur yang hampir selalu ada di rumah misalnya adalah wortel, mentimun, dan tomat. Buahnya apel dan pisang. Sayur dan buah lainnya saya beli tergantung musim dan diskon. Saat cukini, terong atau paprika murah, itulah yang saya beli. Begitupun dengan jenis sayur dan buah lainnya.


Kembali ke soal cemilan, untuk membiasakan makan makanan sehat pada anak-anak, saat mereka ingin cemilan, saya potongkan wortel, mentimun, tomat, apel atau pisang. Tergantung mereka sedang ingin apa. Biasanya saat ingin ngemil, mereka langsung makan apa saja, termasuk buah dan sayur tersebut. Alhamdulillah sebab dibiasakan sejak dini, anak saya tak susah memakannya. Si Embak bahkan sudah mulai suka daun-daun salat mentah. Sedangkan si Adik juga sudah mau mencoba berjenis sayuran dan buah. Bahkan buah zaitun yang tak semua orang dewasa suka, dimakannya juga.

Kali ini saya ingin membuat bento sayuran dan buah buat diri sendiri. Porsi sebanyak ini biasanya cukup mengganjal buat makan malam. Di siang atau sore hari biasanya saya makan bersama nasi dan lauk, atau dicemil sebagai makanan selingan.

Agar terlihat menarik, saya bermain-main dengan warna, cara memotong dan penataan saja. Sangat sederhana, mudah serta menyehatkan.


No comments:

Post a Comment

matched content: