Monday, July 4, 2011

Comro Jerman sebagai buah tangan


Setelah sekian lama kepingin comro, akhirnya terealisasi juga membuatnya. Maklum disini segala sesuatu harus dikerjakan sendiri, apalagi sajian eksotik seperti comro alias oncom dijero (bahasa Sunda: oncom di dalam) sangat susah dibuat, karena keterbatasan bahan terutama oncom.

Berkat tips mbok Piti yang tinggal di Villach, Austria, bahan-bahan bisa diadaptasikan dengan yang ada di sini seperti oncom, bisa diganti dengan soja schnetzel/ soja granulat (imitation bacon) yang biasanya digunakan oleh para vegetarian sebagai pengganti daging.

Resepnya sudah diposting oleh teh intan yang asal muasalnya dari mbok piti juga. Resep ini saya modifikasi sedikit misalnya bawang merah saya ganti dengan bawang bombay. Selain itu saya tidak menggunakan santan tapi cukup menggunakan kelapa kering (kokosraspeln/coconut flakes) saja dan jumlah oncomnya dikurangi sekitar setengahnya, bagi saya lebih pas dengan jumlah bahan adonan kulitnya. Satu resep jadi sekitar 20 buah berukuran kecil.

Rasanya sudah mirip comro (combro) banget dan enak. Saya bawa sebagai buah tangan untuk berkunjung, walhasil banyak yang suka, mungkin banyak yang pada kangen dengan sajian ini. Kalau mau coba silahkan resepnya ditengok di sini. Selamat mencoba.

No comments:

Post a Comment

matched content: