Wednesday, February 6, 2013

Wisata Kuliner di Siprus : Turkish Meze

Meze saya kenal pertama kali di sebuah restoran Timur Tengah. Hidangan pembuka yang terdiri dari berbagai jenis. Umumnya veggies. Dan bisa dipesan sesuai keinginan. Di restoran tersebut orang bisa memesan meze 4 macam, 8 macam atau 12 macam. Kacang rebus, potongan acar bit, pasta chickpea dll disajikan dalam wadah keramik kecil. Tak hanya sebagai makanan pembuka, meze dimakan orang sebagai cemilan, teman minum, atau bahkan makanan utama jika porsinya besar.


Jenis hidangan pembuka ini ternyata dikenal luas tak hanya di Timur Tengah. Melainkan juga di negara-negara Eropa Selatan, Balkan, Yunani, Turki dan Siprus. Sebutannya berbeda-beda. Mezes atau mezedes dalam bahasa yunani, mezze dalam bahasa arab, mese sebutan orang bulgaria, dan mesa dalam bahasa serbia. Dalam bahasa turki sebutannya meze.

Di Siprus selatan, ada dua macam meze yang biasa tersedia di restoran. Meze daging dan meze ikan. Di Siprus utara, namanya dikenal sebagai turkish meze. Inilah yang kami cicipi di sebuah rumah makan di kota tua Famagusta. Di Republik Turki Siprus Utara.

Terus terang kami tak tahu cara memesan meze di sana. Kami tak bertanya pula ke pramusajinya. Kami lihat meze terdiri dari beberapa macam makanan. Mungkin orang bisa milih beberapa. Kami hanya bilang meze tiga porsi.

Baru setelah makanannya keluar, kami terkaget-kaget. Porsinya besar dan hampir semuanya berupa sayuran. Gubrakkkk... Baru kali ini di restorankami pesan sayuran sebanyak ini.

Satu porsi turkish meze-nya disajikan dalam satu piring bundar lebar. Berisi 10 macam makanan. Tak semua saya ingat isinya. Kacang almond rebus, potongan seledri rebus, kacang kapri tumis, paprika super pedas, potongan acar bit merah, buah zaitun, keju putih, dan keju segar.

Tak biasa makan sayur sebanyak ini, belum setengah kami sudah mulai merasa kenyang. Aduhh... pokoknya kalau nggak ngerti, sebelum pesan makanan sebaiknya tanya dulu, deh!




1 comment:

  1. nice..
    kayanya klo saya ngga sanggup makan sayur sebanyak itu hehehe:D

    ReplyDelete

matched content: