Friday, November 7, 2014

Bakwan Kentang Ala Jerman

Di Jerman, orang juga mengenal bakwan, lho. Bahannya juga dari aneka sayuran. Kalau yang bahannya seperti bakwan kita itu di sini namanya Gemuesebratling. Ada juga bakwan yang bahan utamanya kentang. Sebutannya Reibekuchen atau Kartoffelpuffer.


Kalau sedang ada pasar malam, festival di kota/desa atau pasar sayuran, biasanya ada yang menjualnya di kios. Harganya per biji satu euro atau sekitar Rp. 15.000,-. Mahal sekali yah. Apalagi makan satu tidak kenyang. Beli tiga baru mengganjal perut. Kalau beli di sana, Reibekuchen tersebut berdiameter kira-kira 15 cm.

Di supermarket tersedia Reibekuchen sudah matang. Tinggal menghangatkan di microwave atau oven. Yang mentah dalam bentuk adonan juga ada. Biasanya dijual dalam ember mini berisi sekira 1 kg adonan. Kita tinggal goreng.

Resep Reibekuchen ini sebenarnya mudah sekali. Lagi pula harga kentang termasuk murah di Jerman. Kentang setengah kilo bisa jadi sekitar 6-7 biji.

Ini dia resepnya:

Bahan:
- 1/2 kg kentang, dikupas lalu digobet (diparut kasar pakai parut keju ukuran besar).
- 1 bawang bombay ukuran sedang rajang halus. Bisa juga pakai daun bawang.
-  2 telur
- 40 gr terigu
- Merica, garam
- Minyak untuk menggoreng

Proses:
1. Setelah kentang digobet, masukkan dalam serbet bersih, lalu peras, hingga keluar airnya.
2. Campurkan rajangan bawang, terigu, telur, garam, dan merica.
3. Goreng. Ia bisa digoreng dnegan sedikit atau banyak minyak, sesuai selera. Saya kadang menggorengnya hingga matang, tapi warnanya tak begitu coklat. Setelahnya disimpan dalam kulkas. Kalau mau makan, saya panggang sebentar di oven. 

2 comments:

matched content: