Thursday, July 2, 2015

Sajian Praktis Berbahan Sayuran Untuk Berbuka Puasa

Seporsi Sayuran

" Sudahkah mengkonsumsi satu cup sayuran hari ini? "

Asupan serat terbesar diperoleh dari sayuran, dengan mengkonsumsinya satu porsi sayuran akan memberi manfaat yang baik bagi organ perncernaan tubuh. Khusus di bulan puasa ini, kegiatan di dapur maupun selera untuk makan tentunya mengalami perubahan dari hari-hari biasa. Tubuh mendapat asupan makanan dan minuman hanya di kala sahur dan berbuka. Oleh karenanya, menyisipkan jenis masakan yang mengandung sayuran sangat perlu dilakukan.

Tulisan dbento kali ini tentang sajian praktis menyiapkan masakan berbahan sayuran untuk berbuka puasa. Tentunya, memasak di dapur yang praktis tidak membutuhkan alat dan bahan yang sulit dijumpai di dapur standar. Peralatan di dapur yang dibutuhkan hanyalah pisau dan wajan, selain itu bahan yang dibutuhkan juga mudah diperoleh di warung dekat rumah. Yuk, kita intip menu berbuka berbahan sayuran yang saya menyebutnya : "Orak Arik Sayuran", beberapa teman menyebutnya "Ca Sayuran" atau "Cap Jay".


Bahan Bumbu Orak Arik


Bahan Orak Arik

Bahan yang dibutuhkan :
  • 3 siung bawang merah iris tipis
  • 5 siung bawah putih geprek dan iris
  • 1 butir telur kocok lepas
  • bakso sesuai selera *semakin banyak, semakin sedap
  • 1/2 sdt garam dan merica (sesuai selera)
  • 1 sdt mentega
  • 1 sdm minyak untuk menumis
  • bawang merah goreng
Selain bakso, bisa ditambahkan pula daging ayam bagian dada, rolade, dan sosis.

Bahan Sayuran : (sesuai selera)
  1. wortel
  2. tomat
  3. sawi hijau
  4. kol putih
  5. daun bawang dan sledri (bisa ditambahkan)
  6. sawi putih (bisa ditambahkan)
  7. brokoli (bisa ditambahkan)
  8. kapri (bisa ditambahkan)
  9. bokcoy (bisa ditambahkan)
  10. kubis (bisa ditambahkan)
Nah, kalau ada 10 sayuran  yang dipakai, inilah "cap jay"

Cara memasak Orak Arik :

Tumis Bumbu

Rebus bakso dalam keadaan utuh agar menghasilkan kaldu sapi untuk kuah cap jay. Kalau manda, air rebusan bakso yang pertama mendidih saya buang. Kemudian diganti air dan rebus lagi sampai menghasilkan kaldu bakso. Cirinya, warna air rebusan bakso sudah berubah agak keruh. Bakso yang sudah diiris, dipotong menyesuaikan selera.

Siapkan wajan dan masukkan minyak goreng, tunggu sampai panas dan tumis bawang merah dan bawang putih sampai harum dan kecoklatan. Masukkan separuh kuah rebusan bakso ke dalam tumisan bawang merah dan bawang putih tersebut.

Wortel dan Kol Putih

Setelah kuah mendidih, tambahkan garam dan merica bubuk. Lalu sayuran yang dimasukkan berdasarkan urutan cepat matangnya. Kali ini saya masukkan wortel terlebih dahulu, kemudian menyusul kol putih.

Telur

Sudah mulai agak matang, sisa kuah bakso dicampurkan  ke dalam telur yang sudah kita kocok lepas tadi dengan menambahkan sejumput garam. Dalam keadaan kuah mendidih, kita tuang kocokan telur ke dalamnya dengan api tetap menyala agak besar.

Kenapa justru nyala apinya besar?

Agar telur yang dimasukkan segera bisa matang ketika bercampur dengan kuah. Kebanyakan orang tidak suka orak arik karena amis. Padahal kalau tahu cara memasukkan telurnya, hasil masakannya lebih gurih orak arik karena kuahnya mengandung telur.

Masukkan Sisa Sayuran

Setelah telur menggumpal kecil-kecil dan kuah menyusut, masukkan sayuran berikutnya yang mudah matang. Manda masukkan tomat dan sawi hijau ke dalam orak arik sayuran. Masukkan sebagian bawang merah gorengnya agar masakan lebih sedap.

Jangan Terlalu Masak

Memasak sayuran jenis orak arik atau ca sayuran, sayurannya cukup matang saja. Biasanya ditandai dengan mulai empuk dan kisut, jangan sampai terlalu matang ya. Kalau manda membuat orak arik ini, kuah yang dipakai tidak terlalu banyak sehingga telur bisa menggumpal cantik dan nyuuss gurihnya terasa.

Orak Arik Sayuran

Karena memasaknya untuk menu buka puasa, manda masih menaruhnya di atas wajan sampai waktu tanda berbuka terdengar. Sebelum disajikan di piring, kita tes rasa dulu apakah kurang garam atau keasinan. Sedikit berbagi tips sederhana mengatasi hasil tes rasa masakan.

  • Kalau kurang asin, mudah saja ditambah garam.
  • Kalau keasinan, tambahkan air mulai dari sedikit.
Nah, pelengkapnya adalah cabe rawit hijau dan bawang merah goreng. Taraaaa... setelah meminum teh hangat manis, kita santap dulu satu cup sayuran dan bersiap sholat maghrib dulu.

Selamat mencoba *_*

2 comments:

matched content: