Tuesday, October 18, 2011

Aneka Kreasi Onigiri (2)

Setelah mencoba dan mencampur nasi untuk dijadikan onigiri, kali ini saya akan menampilkan kreasi onigiri berbentuk bola-bola. Selain nasi, dibutuhkan nori, rumput laut kering berbentuk lembaran yang digunakan sebagai pembungkus sushi. Agar lebih jelas, ditampilkan proses membuat onigiri satu ini dalam foto.




- Pertama, susun potongan nori diatas sebuah plastik. Saya gunakan frischhaltefolie. Bisa juga menggunakan plastik bungkus biasa. Nori dipotong ukuran kira-kira 10x10 cm. Bagian kasar nori berada diatas, menghadap kamera.
- Tambahkan nasi Jepang atau nasi sushi. Saya menggunakan beras Italia yang disini juga dijual sebagai beras sushi. Hangatkan dulu nasi bila sudah dingin. Sebab jika tak hangat, nasi tak bisa menempel satu sama lain.
- Pertemukan ujung-ujung plastik, dan bentuk onigiri hingga menyerupai bola. Sambil dipadatkan dengan tangan.
- Di gambar pojok kanan bawah, saya membuat sayatan langsung ketika onigiri masih dalam plastik untuk kemudian memberi hiasan.

Bola-bola onigiri berbungkus nori, tanpa disayat bisa dijadikan karakter muka. Tinggal menambahkan mata, mulut dan hidung. Saya gunakan keju untuk mata, dibentuk dnegan menggunakan sedotan besar. Mulutnya dari potongan wortel. Jika ada sayatan, bisa dihias sesuai selera. Saya cuma menggunakan potongan wortel dan mentimun. Satu ide lagi untuk menghias bola-bola onigiri bisa dilihat di bento ini.

Sama sekali tidak susah, bukan? Selamat mencoba!

6 comments:

  1. kalo pake beras biasa (bukan beras jepang), bisa ga' sist...????

    *salam kenal... ^^

    ReplyDelete
  2. Kalau beras biasa coba pilih yang butirannya bulat, Mbak. Kalau beras Thailand biasanya tak terlalu lengket satu sama lain. Sehingga susah dibentuk bulat2. Selamat mencoba.

    ReplyDelete
  3. kl beras indo yang bulet-bulet gitu bisa pake beras menthik mbak... selamat mencoba..

    ReplyDelete
  4. seru banget liat blog ini, jadi semangat nyoba buat aku yang lagi belajar bikin..salam kenal ya mbak-mbak...

    ReplyDelete
  5. terimakasih atas info artikel ini :)
    http://www.ilmci.com

    ReplyDelete

Terimakasih sudah mampir ke blog kami. Jika teman ingin mengutarakan pendapat, pertanyaan saran, kritik silahkan jangan malu-malu untuk menulisnya di sini.

Salam Bento Mania