Tuesday, January 27, 2015

Resep Cumi Saos Hitam


Memasak itu gampang-gampang susah. Gampang kalau ada bahannya dan jadi susah kalau tidak ada niat. Kali ini ketika melihat talenan sedang nganggur, saya rasanya ingin memanfaatkan untuk olah-olah jadi masakan cantik berbahan dasar cumi. Cumi saos hitam dalam resep ini dijamin gurih dan mudah banget cara membuatnya.


Talenan atau orang jawa biasa menyebutnya telenan, memberi kesan rapi saat kita mengiris bahan-bahan yang hendak dimasak. Selain memudahkan kita menyiapkan bahan memasak, juga memberi keamanan pada jari saat mengiris. 

Dulu biasanya terbuat dari kayu. Kini, mulai bermunculan talenan dengan warna-warna yang cantik dan menambah fungsi dari sebuah talenan, yaitu sebagai background warna untuk bahan-bahan masakan yang akan difoto. Bahan makanan di atasnya jadi terlihat lebih cantik penampilannya. Jika ingin melengkapi dapur kita dengan sebuah talenan atau telenan, kita bisa membeli talenan yang unik di toko biasa maupun secara online. 


Sumber: Tokopedia
Nah, sahabat dbento sudah tahu ya kira-kira fungsi tambahan dari sebuah talenan untuk membuat kontras foto bahan memasak di gambar paling atas. Sekarang kita siapkan bahan-bahan masakan cumi ini. Untuk di iris : bawang merah dan jahe, cuci cumi tapi jangan sampai tintanya pecah dan ukuran cumi pilih yang sedang yaa!

Ada TIPS untuk membuat cumi tidak amis saat dimasak, saat mencuci, cumi dibaluri dengan jeruk nipis dan diamkan sembari kita mengiris bahan-bahan untuk memasak cumi saos hitamnya. Setelah bahan selesai diiris, cuci kembali cumi dengan air bersih dan siap untuk dimasak tanpa bau amis.

Bahan :

- 4 siung bawang merah (lebih banyak juga enak)
- 1 ruas jari jahe dimemarkan
- 2 buah tomat diiris (jangan terlalu tipis)
- Jeruk nipis 1 sdt (diambil airnya)
- 1 sdm minyak goreng untuk menumis
- 1 sdt garam
- Gula jawa sesuai selera

Dalam pembuatan cumi saos hitam ini, yang utama adalah bahan cumi ukuran sedang, dibersihkan, namun bagian tintanya jangan sampai pecah. Lalu dimasukkan kembali ke tubuh cumi. Sematkan lidi atau tusuk gigi agar tidak terburai.

Cara memasak :
  1. Masukkan 1 sdm minyak dan tumis bawang merah dan jahe hingga baunya wangi dan kecoklatan.
  2. Masukkan cumi dan tambahkan 150 ml air dan tambahkan gula jawa, garam, tomat, air jeruk.
  3. Tutup dan masak dengan api kecil sampai kuah berubah hitam karena tinta di dalam cumi akan keluar saat proses memasak.
  4. Cicipi rasanya, sesuaikan selera. Dan hidangkan dengan terlebih dahulu melepas sematan lidi pada cumi.
Selamat mencoba yaa, sahabat Bento Mania!

2 comments:

  1. waduh, aku gak bisa ngolah cumi, lihat cumi ini kok pingin baget. Talenannya keren, warna warni...dari tokopedia y

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mb astin.. selamat mencoba yaa.. resepnya mudah banget untuk dicoba.. semoga manfaat..

      Delete

matched content: