Friday, June 5, 2015

Variasi Menyajikan Sarapan dengan Roti Tawar Goreng

Roti Tawar Goreng Sosis

Pagi-pagi saatnya aktivitas dimulai dan serba butuh ketangkasan dalam mengelola waktu di pagi hari. Ibu-ibu, emak-emak, bunda-bunda, mama-mama, mami-mami, umi-umi, paling sedih kalau melihat roti tawar yang expirednya 5 - 7 hari, sampai hari ketiga masih setumpuk dan bosan mau dicemil yang itu-itu aja.

Apa saja menu yang bisa dibuat dari roti tawar?


Selama ini roti tawar di keluarga kami adalah alternatif ketika nasi untuk sarapan habis di malam hari, atau tidak sempat membuat sarapan, atau kelaparan di malam hari, hihihihi. Roti tawar sendiri sangat mudah diolah dan kebanyakan sesuai dengan lidah keluarga. Varian yang bisa dibuat dari roti tawar
, yaitu :
  1. Roti tawar isi coklat, meses, dan selai.
  2. Sandwich, roti tawar diberi mayones, saos, dan isian telur ceplok.
  3. Burger roti tawar, hampir mirip sandwich, hanya pilihan isiannya menyerupai isian burger, bisa daging asap,kornet, keju, selada, timun dan bawang bombay.
  4. Roti bakar, roti tawar mentega ditaburi meses dan keju lalu dipanggang.
  5. Roti manis, roti tawar mentega dan gula pasir.
  6. Puding roti tawar. Agar-agar bimasak tambahkan gula dan tata roti tawar diloyang lalu dinginkan.
  7. Roti tawar goreng sosis.

 

Roti Tawar Goreng Sosis


Kali ini dapur manda akan berbagi betapa mudahnya mengolah roti tawar menjadi varian baru yang cukup mengenyangkan, tidak eneg, praktis dan mudah membuatnya. Beberapa bahan yang diperlukan, diantaranya :
  • Roti tawar putih, buang pinggirannya kalau kebetulan membeli yang berpinggiran.
  • Sosis
  • Susu segar freshmilk, bisa susu UHT yang plain ya.
  • Telur.
  • Minyak untuk menggoreng.


Cara Membuat Roti Tawar Goreng


sosis

Buka bungkus sosis dan beri guratan di badan sosis, agar lebih mengembang dan matang bagian dalamnya. Panaskan api dan tambahkan minyak goreng secukupnya. Goreng sosis sambil dibolak-balik, ketika warnanya sudah berubah dan mulai merekah guratannya, pertanda sosis sudah matang. Tiriskan.

Roti Tawar dan Fresh Milk

Siapkan roti tawar putih tanpa pinggiran, lalu tambahkan susu di atasnya. Cara membasahi roti tawar dengan susu agar roti tawar tidak sobek saat digulung atau dililitkan ke sosis.

Celup Roti Tawar dengan Susu

Pastikan seluruh badan roti tawar di kedua sisinya basah oleh susu segar. Karena kalau masih ada bagian yang kering, akan sulit menempeldan robek saat digulung.

Telur Kocok

Setelah roti tawar tercelup sempurna ke dalam susu, siapkan 2 butir telur ayam dan kocok serta tambahkan sejumput garam. Rasa gurih dari susu bercampur dengan rasa manis dari roti tawar, pas banget dilidah.

Sosis Gulung Roti Tawar

Ambil sosis yang telah digoreng dan ditiriskan, letakkan di bagian pinggir dari roti tawar yang sudah basah oleh susu, lalu gulung perlahan,. Dengan sosis ukuran sedang, makan roti tawar akan sempurna menggulung di badan sosis dan ujung roti tawar akan bertemu di ujungnya.

Celupan Roti Tawar Sosis

Setelah digulung, celupkan sosis gulung roti tawar ke dalam kocokan telur. Balurkan ke seluruh permukaan dan pastikan roti tawar menempel di kedua sisinya, agar saat digoreng tidak lepas antara sosis dan roti tawarnya.

Siap Digoreng

Setelah semua sosis gulung roti tawar dibaluri dengan kocokan telur ayam, siapkan minyak untuk menggoreng. Dan goreng dengan api sedang dan jangan lupa membolak-balik karena telur mudah sekali matang. Takutnya gosong.

Roti Tawar Goreng Sosis

Saat digoreng, telur akan mengembang seperti biasa, tidak usah kawatir. Cukup bolak-balik 2 kali untuk memastikan kedua sisi matang ya.

Roti Tawar Goreng Sosis Matang

Taraaaa.. Roti tawar goreng sosis sudah matang. Bagaimana? Mudah bukan membuatnya. Kalau tadi pagi saya membuat roti tawar goreng sosis ini hanya memakan waktu 30 menit, itupun disambi membuat puding roti tawar *maklum roti tawarnya nggak laku minggu ini*

Karena cara mengolah roti tawar goreng sosis ini dengan digoreng, maka pastikan minyaknya terserap di tissue dapur yaa. Ditiriskan saja belum cukup untuk membuat minyaknya tidak menempel pada gorengan. Dengan melipat dan menekan gorengan dengan menggunakan tissue dapur (agak tebal), maka minyaknya terserap di tissue.

Nyam Nyam

Cara penyajian akhir ini yang penting. Kalau roti tawar goreng sosis hanya diletakkan begitu saja, maka akan tampak seperti biasa *malah dikira risoles atau roti goreng* Tapi kemudian dipotong-potong, maka akan terlihat lebih lucu dan cantik ketika dilahap oleh seluruh anggota keluarga.

Perpaduan mayones dan saos sambal pas sekali menemani sarapan roti tawar goreng sosis ini dan dibawa bekal juga pas. Lho, bekalnya kok cuma sedikit? Iya, ini sisa dari sarapan yang dibawa untuk cemilan panda. hihihihihihi.

Sarapan dan Bekal Ala Manda

Selamat mencoba ya....

6 comments:

  1. saya juga kadang bikin roti goreng sosis untuk bekal anak mba..tapi ga pake susu..digulung aja pake mentega dan rotinya dipipihkan...:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah menarik mak kania, bisa bisa dicoba ni...

      Delete
  2. Mak, ada variasi roti tawar tanpa sosis atau makanan instan? Kalo ini nggak berani dikasih ke bayi :P Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah bayi belum boleh roti tawar lho kan ada raginya..

      Delete
  3. wah wajib dicoba nih buat bekel Marwah

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayukkk mak silahkan dicoba ya.. salam buat Marwah..

      Delete

matched content: