Tuesday, May 11, 2010

Memasak Nasi A La Jepang

Cara menanak nasi Jepang
Nasi Jepang
Beras Jepang atau disini banyak yang menyebut sebagai beras sushi, sangat mahal harganya. Biasanya dijual dalam kemasan 1 kilo, 4,5 atau 5 kilo atau kantung besar 22 hingga 25 kilo.

Kami tentu saja, tak pernah membeli kemasan besar. Selalu beli pak kecil 1 kilo saja. Itu pun pilih yang paling murah. Sekitar 2 sampai 3 euro per kilogram. Tak sedikit beras Jepang berharga 6 euro atau lebih setiap kilonya. Dengan harga sedemikian tinggi, mungkin rasanya juga berbanding lurus dengan harga, yah? Entahlah.

Seorang teman pernah mengatakan, pakai beras susu (milk rice) juga bisa untuk sushi. Toh, butiran berasnya mirip. Hanya ukuran butiran beras susu lebih kecil. Saya belum pernah mencobanya.

Ketika suatu ketika saya baca bahwa beras Italia sangat mirip dengan sifat-sifat beras Jepang, saya senang. Katanya yang berjenis Vialone. Di toko Turki, harga beras Italia jauh lebih terjangkau. Biasanya kami beli termurah 5 euro isi 5 kilo. Kalau lagi diskon, bahkan bisa mencapai 4 euro per lima kilo. Alias 80 sen sekilo. Sangat jauh lebih murah.

Namun memasak beras ini ternyata tak semudah saya kira. Jika sebelumnya saya hampir tak menemukan kesulitan memasak beras sushi dengan ilmu kira-kira, beberapa kali percobaan pertama memasak beras Italia selalu gagal. Jika tak terlalu lembek, pasti kurang air.

Minggu lalu saya baca kembali petunjuk Makiko Itoh. Dimuat dalam blog beliau justhungry. Mengenai cara memasak beras Jepang dengan benar. Mengikuti langkah-langkahnya dengan seksama, ternyata berhasil. Takaran airnya pas. Nasinya pun terasa enak.

Agar lebih jelas, saya paparkan kembali langkah-langkah memasak beras Italia alias beras Jepang imitasi ini. :)

Bahan :
2 cup beras Italia
2, 25 cup air

Proses :

1. Cuci beras : masukkan air, aduk-aduk dengan tangan, ganti air dua kali.
2. Setelah air kedua dibuang, bersihlah beras dengan gerakan memoles (kalau bahasa jawanya dikosek).
3. Cuci kembali beras seperti langkah 1, hinggah air cucian nyaris bening.
4. Tiriskan beras dalam satu saringan. Diamkan minimal setangah jam. Biasanya saya diamkan setengah hingga satu jam.
5. Masukkan beras dalam rice cooker bersama air. jangan langsung dimasak. Melainkan diamkan lagi agar beras menyerap air. Proses ini biasanya memakan waktu 1 hingga 2 jam.
6. Masak beras hingga matang.

Kemarin saya tambahkan wijen hitam sangrai dan potongan nori. Tanpa lauk saja, nasi ini sudah enak dimakan. Itadakimasu!!!

No comments:

Post a Comment

matched content: